Beyond The Purple Sky [RAWS F...

By Ragen_Zhang

970 356 506

Tataplah langit bersaput nuansa ungu magenta nan indah di atas sana. Langit ungu itu... Utusan Takdir jelita... More

Hello, From The Other Side
Langit Ungu Pemanggil Badai
Resign Tak Sampai
Prahara
Slapped By Reality
Harapan Rahasia Sang Angin
Penjara Angin
[BURNT] Sedarah, Tapi Tak Sama
[Burnt] Panik
Bayu
Rencana Aira
What They Thought When They Talked About Death
Pembuktian Rashi
Menembus Badai
[Crossover For Intermezzo] Interview yang Whew
Curahan Hati Aira
Day 30: Record The Magical Moments

MISI BAGI KURONINJA ALLIANCE - Persekutuan Para Ninja Penjelajah Semesta

97 26 74
By Ragen_Zhang

KAMI NINJA KARENA KAMI SUKA PAKAI BAJU HITAM-HITAM

Sebelum melihat daftar tema yang akan digunakan sebagai writing prompts dalam RAWS Festival 2019 sepanjang bulan November ini, izinkan kami sekali lagi memperkenalkan diri. Kami yang tergabung dalam Kuroninja Alliance adalah Arashe Halim, Castortwelvy, El Skye, Ragen Zhang, dan Rifqa.

Nama kelompok asli kami sebenarnya adalah tim "Suka Pakai Baju Hitam-Hitam". Tapi karena panjang banget, kami pun membuat secret code name: Kuroninja. Ini karena citra ninja yang paling dikenal selama ini adalah pakaian hitam-hitamnya. Meskipun... sebenarnya ninja yang asli pada zamannya tidak pernah memakai pakaian hitam-hitam... Lho? 

Yap. Tugas utama ninja bersifat spionase seperti menyamar, menyusup, dan mengumpulkan informasi. Warna hitam justru lebih mencolok, karena itu biasanya mereka menggunakan baju seperti warga biasa. Citra ninja yang bertopeng, berpakaian hitam-hitam dan bersenjatakan shuriken itu didapat dari seni pertunjukan sandiwara dan seni sastra yang muncul di akhir abad 18 (suaramerdeka.com)

TAPI TIDAK APA-APA. Toh dalam kehidupan nyata kami berlima juga bukan ninja sungguhan. Kami menjadi ninja hanya dalam tulisan. Karena itu image yang kami pakai adalah image ninja dalam pertunjukan sandiwara dan seni sastra. Masih nyambung, toh? HAHAHAH (cold sweating).

Ingat, nama kode ini adalah RAHASIA. Kalian yang sudah terlanjur mengetahui rahasia ini harus ikut menjaga rahasia ini kalau tidak mau disambar seribu satu topan badai shuriken di siang bolong. Kalian juga harus memberi tahu teman kalian bahwa rahasia ini tidak boleh disebarluaskan. Lebih banyak orang yang tahu, lebih bagus, karena itu berarti akan ada lebih banyak orang yang menjaga rahasia ini bersama-sama. Paham? 

***

FILOSOFI KURONINJA

Buat yang belum tahu, Kuroninja itu berasal dari dua kata bahasa Jepang. Kuro artinya Hitam, sedangkan Ninja ya ninja. Ninja sendiri bukan dari singkatan "ingin dimanja", ya. BUKAN.

Kanji ninja terdiri dari dua kanji: "nin" dan "sha". "Sha" berarti orang. Ini jelas ya. Karena di mana-mana yang bisa jadi ninja itu ya... orang, bukan perkutut apalagi perkedel.

Sedangkan kanji Kanji "nin" berarti daya tahan, perlindungan secara mental dan fisik (Ultima Next Generation Magazine). 

Sekilas, "menulis" adalah aktivitas yang "ringan" dan seolah tak membutuhkan banyak tenaga. Kata siapa? Agar bisa kuat berjam-jam duduk diam dan berkonsentrasi untuk menuangkan imajinasi secara terstruktur dalam kalimat-kalimat yang estetis itu jelas butuh stamina tinggi. Belum kalau harus riset dengan baca setumpuk buku atau mewawancarai para ahli dan studi lapangan. Belum kalau harus deg-degan menunggu feedback dan menjalani proses revisi. Belum kalau ditagih dan dikejar-kejar kapan update oleh para pembaca. Belum kalau ditodong sama orang-orang sekitar yang dengan kampretnya ngomong, "Beli buku terus, kapan bikin bukunya?"

Sungguh, menulis itu butuh nin alias perlindungan mental dan fisik  yang kuat! 

Arti lain dari "nin" adalah intai, rahasia, atau samar (Ultima Next Generation Magazine). Sering kali saat menulis, ide-ide dalam benak ini sudah begitu meletup-letup dan menggedor-gedor minta dibebaskan dari kungkungan batok kepala. Namun, begitu sudah mulai dituangkan, tiba-tiba semua ide itu menjadi samar... menyembunyikan sebagian besar dirinya dalam tabir rahasia semesta. DASAR IDE TSUNDERE! BIKIN SUSAH AJA! 

Jika dilihat dari karakter huruf kanjinya, "nin" terdiri dari dua bagian. Bagian atasnya adalah "yaiba" yang berarti bilah "pisau atau pedang". Sedangkan bagian bawahnya adalah kanji "kokoro" yang berarti "hati". Karena itu "nin" bisa diartikan sebagai "hati di bawah pedang".

Apa artinya?

Artinya adalah....

.

.

.

.

.

...adalah... SATE HATI. 

Yak, sebelum mengolah hati menjadi masakan, hatinya harus diletakkan di bawah pisau dulu alias dipotong-potong dulu, kan.

BUKAN!

Kanji "ninini juga bisa dibaca menjadi "shinobu" yang berarti "kesabaran". Memiliki "nin" berarti tetap sabar dan tenang bahkan ketika ada orang yang menyerang kita dengan pedang, dan nyaris membunuh kita dengan menikamkan pedangnya ke arah jantung kita (nichibei.org).

...

...

...

...

YA ALLAH YA GUSTI YA KAMISAMA! Kalau diserang orang pakai pedang ya lari dong, kedong-dong! Lari ke pos polisi, teriak cari bantuan. Sabar dari Hong Kong? Susah amat yak jadi ninja.

Masih dari situs nichibei.org,  konsep "nin" ini juga bisa dimaknai dalam situasi yang berbeda, misalnya ketika seseorang mengata-ngatai atau mengkritisimu dengan kejam, tapi kamu masih bisa tetap sabar.

...

...

...

...


Jadi apa sih sebenarnya maksud dan tujuan dari postingan di atas? Ya... buat menguji kesabaran kalian yang baca aja.

Udah dulu deh crispy mode-nya. Langsung saja kita lihat daftar tema yang akan menjadi misi bagi kami, para Kuroninja, selama 30 hari ke depan di bulan November.


DAFTAR TEMA RAWS FESTIVAL NOVEMBER 2019


1 November: Lelaki 25 tahun

2 November: Gang sempit

3 November: Pemberontakan

4 November: Tidak berdaya

5 November: Perempuan 18 tahun

6 November: Hutan kota

7 November: Aqil balig

8 November: Sepi di tengah keramaian

9 November: Anak lelaki 7 tahun

10 November: Taman bermain

11 November: Kematian

12 November: Bangga memiliki sesuatu

13 November: Anak perempuan 11 tahun

14 November: Tempat asing

15 November: Cinta pertama

16 November: Emosi yang namanya tidak ada dalam kamus. dan kuis trivia (beda part, 10 pertanyaan)

17 November: Seorang ibu

18 November: Rumah sakit

19 November: Pertemuan yang terlambat

20 November: Kecewa

21 November: Mahasiswa

22 November: Di persimpangan jalan

23 November: Percobaan pertama

24 November: Berapi-api

25 November: Tulang punggung keluarga

26 November: Masa lampau

27 November: Mengalahkan diri sendiri

28 November: Merdeka

29 November: Pasangan Kembar

30 November: Kebahagiaan meluap

***

FESTIVAL FOR ALL OF YOU

RAWS Festival ini tidak hanya festival bagi penulis, tapi juga pembaca. Selain bagi anggota RAWS, pembaca dari luar komunitas juga dipersilakan untuk berpartisipasi. Yang namanya karya tulis, pasti butuh pembaca. Apresiasi, kritik, dan saran adalah darah dan udara bagi para penulis. Sebagai penulis peserta RAWS Festival, tiap orang dari kami bisa menominasikan pembaca favorit yaitu pembaca yang paling aktif dan paling suportif untuk mendapatkan hadiah dan penghargaan menarik dari RAWS Community. Sebagai pembaca, kalian pun bisa menominasikan penulis RAWS Festival paling favorit. Jadi terus dukung tulisan-tulisan Kuroninja Alliance, dan tim-tim lain, yah.

Seperti kata Rifqa di grup waktu diskusi untuk menentukan identitas dan logo grup Kuro Ninja: Filosofi ninja adalah meraih hasil maksimal dengan tenaga minimum. Muslihat dan taktik lebih sering dilakukan daripada konfrontasi langsung (id.wikipedia). Dalam RAWS Festival ini kami akan berusaha terus menuangkan banyak ide dengan jumlah kata yang minimum. 

Karena aku adalah ninja yang baik hati, tidak sombong, dan suka tidur siang, di sini aku juga mau mempromosikan karya-karya dari para anggota timku:

ENTER YOUR IDEAS HERE oleh: @rifqafaa

Si Piyik menemukan sebuah buku tebal

Sampulnya bertuliskan 'Enter Your Ideas Here'

Seseorang membisiki kepala kecilnya. "Masukkan ide-idemu di sini."

Tapi Si Piyik bergeming menatap kertas yang kosong, seperti kepalanya.

Apa yang harus ia tulis?


***

VARIANSI X oleh:  @arashehalim 

TEASER: 

Untuk sederhananya, varian adalah bentuk berbeda dari sesuatu. Sedangkan X adalah kesatuan yang tidak (belum) diketahui.

Jadi, Varian(si)X itu bentuk lain (berbeda) dari si X, sesuatu yang belum di ketahui.

Varian(si)X. Tulisan versiku dari beragam versi yang ada. 

*** 

VOYAGE DE L'HISTORIE oleh: @Elskyee__

TEASER:

Setiap cerita yang ditulis adalah sebuah petualangan meskipun hanya 50, 100, atau 300 kata.

Judul ini terinspirasi dari Le Voyage Dans La Lune atau A Trip To The Moon, sebuah film bisu asal Prancis yang dibuat di tahun 1902, yang merupakan  film sains-fiksi pertama di dunia. 

Dalam tulisan ini, aku membayangkan selama 30 hari para ninja berpetualang untuk melawan semua hambatan ide dengan shuriken agar bisa menulis cerita.

***

SURFIVEALL oleh: 

TEASER:

Judul work yang aku tulis ini bernama 'SurFiveall" plesetan dari "Survival" yang artinya bertahan hidup.

Of course you know kenapa aku namain itu, kan? Ya, karena aku lagi bertahan hidup selama 30 hari di bulan November ini. Bertahan dari keberlangsungan event yang tentu saja gesekan sama dunia nyata. Aku harus bisa berjuang sampai akhir layaknya ninja. Dengan begitu aku akan benar-benar bertahan hidup. 

Five adalah 5 untuk lima orang dalam kelompok kami. SurviveAll lima orang yang tengah bertahan hidup.


DUKUNG #KURONINJA terus, yah, Good Readers!

Kami akan terus berjuang untuk konsisten dalam festival ini selama bulan November karena menulis adalah jalan ninja kami!


SUMBER REFERENSI SOAL NINJA: 

Cornell. Ninja, The Power of Darkness. Ultima Next Generation Magazine.

Sukmono, Pandu Nugroho. 14 Juli 2018. Ninja Asli Tak Berpakaian Hitam. Suara Merdeka. (Online), (www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/103833/ninja-asli-tak-berpakaian-hitam), diakses 30 Oktober 2019.

Nichi Bei. 22 April 2010. The Heart of Kanji: The Patient Heart of a Ninja. (Online), (www.nichibei.org/2010/04/the-heart-of-kanji-the-patient-heart-of-a-ninja/), diakses 30 Oktober 2019.

Continue Reading

You'll Also Like

26.6K 2.1K 22
yang ada saja belum tentu dianggap,, apalagi aku yang hanya orang baru?
842K 9.9K 63
cerita singkat
427K 27.2K 32
"Ugh ini dimana?" Dirinya langsung saja terduduk dan meneliti sekitar. "Ini bukan lumah Oliv" "Ini kamal bukan milik Oliv bukan lumah Oliv sama mama...
136K 1.1K 16
homopohobia jauh jauh 🥱 Arthur update jika lagi mood 😋 setiap cerita akan mempunyai alur yang berbeda beda, sesuai dengan alur ceritanya masing mas...