🌸 Vingt Et Un

5.7K 1.3K 106
                                    

Kalo mau bahas masa laluㅡmasa di mana kamu baru jadi anak SMP kelas tiga dan Sowon menginjak semester tiga kuliahㅡada hari di mana kamu dan Sowon merasa terguncang karena satu fakta. Bahwa Ibu punya orang lain, selain Ayah, untuk dicintai. Fakta ini diperkuat sama Ibu yang selalu pulang diantar sama orang itu, pacar Ibu.

Nggak ada pertengkaran, nggak ada suara dengan nada tinggi, sunyi. Entah mereka yang terlalu apik berlakon, atau justru kamu yang terlalu lugu karena nggak bisa baca situasi. Sowon sendiri tau, Ayah sama Ibu nggak sama kayak dulu. Suasana di antara keduanya dingin, canggung, mereka berjarak. Dan ketika kabar tentang adanya orang lain di hubungan orang tua kalian mengguncang kamu, Sowon justru terlihat baik-baik aja.

'Aku tau dari Ayah,' katanya waktu kamu nanya kenapa Sowon nggak kaget.

Sowon itu ibarat cinta pertamanya Ayah, vice versa. Sowon bahkan nggak bisa mutusin sesuatu tanpa pendapat Ayah, seenggaknya itu yang terjadi sampe akhirnya dia masuk SMA. Pun Sowon itu anak Sulung, makanya nggak heran ketika dia tau lebih dulu dibanding kamu yang rentang umurnya masih terbilang muda. Kamu marah, jelas. Kamu juga anggota keluarga, kamu punya hak untuk tau.

Sejak kamu kelas empat SD, Ibu selalu nekanin kata 'mandiri'. Kamu harus bisa apa-apa sendiri, jangan selalu bergantung sama orang, termasuk Ibu. Inilah yang nyebabin kamu punya satu dinding tinggi, kamu berlindung di balik dinding yang kamu namai 'kemandirian'. Karena Ibu pernah marah, ketika kamu cerita dengan awalan, 'Aku lupa bawa uang jajan, jadi aku dipinjemin uang sama temenku...'

Ibu bilang kita gak boleh nyusahin orang, kita bisa aja jadi bergantung sama orang itu. Dan kamu mulai nerapin prinsip itu, karena secara nggak sadar kamu mulai berjarak sama orang lain karena sikap 'mandiri'-mu yang kebentuk tanpa kamu tau. Pun setelah kamu deket sama Baekhyun dan jadi pacarnya, kamu tetep bertahan sama prinsip 'jangan ngerepotin orang lain'-mu itu. Nggak ada yang bisa nentang, kamu keras sama prinsip tersebut. Seenggaknya hal itu bikin kamu tenang karena merasa nggak merepotkan orang lain.

Tapi seiring kamu beranjak dewasa, masih dengan Ibu dan pacarnya yang selalu ngajak beliau nikah dan ninggalin Ayahㅡjelas kamu tau dari Sowon yang nggak sengaja denger percakapan orang tua kalianㅡkamu jadi paham kenapa Ibu minta kamu untuk jadi mandiri. Karena suatu saat bisa aja Ibu beneran ninggalin kalian. Kemungkinan itu pasti ada, dan kamu tau itu mungkin terjadi entah kapan.

Kamu cuma nggak mau aja ketika nanti mereka milih jalan sendiri-sendiri, mereka nyisain pilihan untuk kamu dan Sowonㅡpilihan paling tolol menurut sudut pandang anak yang cinta mati sama presensi kedua orang tuanya.

'Ikut Ibu atau Ayah?'

Karena kalo pilihan ini ditujukan untuk kamu, maka kamu bakal jawab, 'Aku cuma mau sama Mbak Sowon, nggak sama kalian.'

Baekhyun tau cerita ini. Baekhyun ngerti kamu sempet punya trust issues, nggak gampang percaya sama orang, apalagi soal cinta dan tetek bengeknya. Karena 'yang menikah aja bisa punya orang lain dan cerai, gimana sama yang cuma pacaran?'.

Tapi nyatanya Baekhyun juga yang jadi obat, Baekhyun yang berusaha matahin stigma yang kamu buat sendiri, jadi kamu nggak tau bakal gimana kalo suatu saat Baekhyun nggak sengajaㅡatau bahkan sengajaㅡmatahin kepercayaan yang kamu kasih.

Setiap orang emang punya kesempatan kedua, ketiga, bahkan ratusan kesempatan lain.

Tapi untuk kamu, seseorang itu cuma punya satu kesempatan. Nggak lebih.

🌸

Hari di mana Baekhyun jalan sama Nesa, kamu pergi sama Sowon.

Sisters days out, katanya.

Tapi lebih mirip sama healing time. Kamu bener-bener berterima kasih sama Sowon yang nggak nyinggung soal kamu dan Baekhyun sama sekali. Si Sulung cuma ngajak kamu keluar, jajan, nemenin dia beli lip-cream baru, alat tulis kantor, sampe nyobain gelato. Hari itu kamu bahkan nggak inget kalo pacarmu lagi sama orang lain.

Nggak sama sekali sampe ada satu panggilan masuk di penghujung hari.

"Halo?"

"Ya..."

Ada hela napas panjang di ujung sana, yang entah kenapa turut bikin dadamu kerasa berat.

"Gue gak tau kalo dia jalan sama Nesa..." suara itu melemah di ujung kalimat. "Lo hari ini ngapain aja?"

Kamu ketawa pelan, ngalihin rasa sakit tadi. Orang ini, kenapa baik banget. Kamu kadang mikir, orang kayak gini tuh pernah disakitin nggak sih?

"Santai, Jun," balasmu singkat, kepalamu menengadah natap langit-langit ruang tamu sambil ngereka ulang kegiatanmu seharian. "Makan, jalan sama Mbak Sowon, lo tau gak sih dia beli ATK sekantong plastik penuh? Gue nggak paham dia mau buka foto kopian apa gimana..."

Jun jadi ikut ketawa, cowok itu sampe ngejauhin ponselnya karena takut kamu kaget denger dia ketawa ngakak. Iya, itu Jun. Yang selalu nelepon kalo Baekhyun berulah, mastiin kamu nggak kenapa-napa. Karena selain Pinky, Jun juga ngerasa punya andil untuk mastiin kamu aman. Ya soalnya that's what friends are for, right?

"Malah ngoleksi ATK sih anjir, berarti kalo pulpen gue tintanya abis boleh lah beli di Mbak Sowon."

"Beli deh, satu pulpen seratus lima puluh ribu."

"Bangkrut dong gue, bodoh," gerutu Jun yang bikin kamu ketawa geli. Tapi pernyataan Jun selanjutnya bikin kamu jadi diem dan mikir. "By the way, apapun yang terjadi hari ini, jangan dipikirin pake emosi ya. Harus bisa mikir pake kepala dingin, karena pasti ada alesan di setiap perbuatan. Yang perlu lo lakuin, kontrol emosi dan dengerin penjelasannya Baekhyun. Mau nggak mau harus ada yang dewasa di antara kalian. Ya? Gue tau lo ngerti dan lo dewasa, temen gue pasti dewasa kalo ngadepin masalah."

Matamu jadi berkaca-kaca denger pujian Jun dan kalimat-kalimat yang terangkai barusan. Iya. Harus ada yang jadi dewasa. Karena kalo pake emosi, nggak akan ketemu jalan keluarnya.

"Oke," jawabmu pelan. "Makasih banyak Jun, maaf jadi ngerepotin."

"Ngaco lo ah. Gue gak bisa bantu banyak, apalagi nyemplung di hubungan lo sama Baekhyun. Bukan ranah gue, Uyon, apalagi Pinky. Jadi cuma bisa bantu sedikit doang..."

"Tetep aja, makasih yaa... Lo baik banget, ntar pas ngampus gue jajanin takoyaki seribuan."

"Gue murah banget, men..."

Sisa hari itu kamu habisin sama Jun yang beralih bahas kucing serta puluhan hal random lainnya. Dan sebelum panggilan itu diputus, karena kamu udah ngantuk abis, Jun ngingetin kamu.

"Jangan lupa ya, diobrolin."

Iya, Jun. Nanti diobrolin.

Nggak kamu jawab karena kamu udah keburu tidur. Tapi kamu inget, kamu harus ngobrol sama Baekhyun tentang ini.

🌸

Reminder :

"Selalu liat dari dua sisi, jangan cuma nilai sesuatu dari satu sisi."

Aku udah bilang ya ini slowburn, jadi jangan tanya kok alurnya lambat dan bertele-tele, karena konsepnya slowburn dan partnya banyak. Tapi nggak menutup kemungkinan juga cerita ini alurnya cepet wkwkwk, tergantung kondisinya nanti.

Husband Series - Februari 2019

-muffinpororo

[Husband Series] | Byun BaekhyunTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang