Jangan anggap remeh

393 57 3
                                    

Di bulan ke empat kehamilannya, Shuhua beneran suka kesel sendiri kalau anaknya suka rewel tengah malem kayak begini. Guanlin bisa merasakan Shuhua yang gelisah di sampingnya. Udah tengah malam tapi Shuhua malah belum tidur, pas Guanlin noleh dia bisa ngeliat Shuhua yang meringis dengan keringat dingin yang udah membasahi badannya.


"Sha? Kenapa?" panik Guanlin.

"Adek gerak terus, perut aku nyeri" keluh Shuhua sambil mengulurkan tangannya buat meraih lengan Guanlin.

"Ke rumah sakit? Ayo bangun sayang" begitu Guanlin membantu Shuhua buat bangun Shuhua malah nolak mengingat kondisi Guanlin baru habis lembur dan dinas ke luar kota. Dia gak mau Guanlin sakit.

"Kamu tiduran aja lagi Lin, udah sering kok kayak gini. Aku mesti rileks aja, ini udah mendingan kok" bohong Shuhua meyakinkan suaminya itu. Padahal perutnya beneran masih senyeri itu bahkan dia sesekali memejamkan matanya ketika keram perutnya semakin keras.

"Bener?" tanya Guanlin lagi, "Iya"


Dan setelah Guanlin kembali tertidur, Shuhua menenangkan anaknya dengan sesekali mengelus lembut perutnya.


"Adek gak boleh rewel ya, kasihan itu papa. Papa capek juga ngurusin kerjaannya sama ngurusin adek, adek harus nurut ya sayang sama mama" gumam Shuhua.

Guanlin belum sepenuhnya tertidur. Dia bisa ngerasain gimana air matanya merembes di sela-sela bulu matanya. Guanlin bodoh. Pantesnya dia lebih peka kalau Shuhua tadi bohong karena Shuhua kasihan sama dia.


'Lemah banget lo, Guanlin' batin Guanlin memaki dirinya sendiri.

***

Sebentar lagi liburan semester udah usai. Setelah nganter mama dan papanya ke bandara buat balik dinas, pulangnya Shuhua dikagetkan dengan kehadiran Yeji dan Ryujin main ke rumahnya dan bawain banyak banget peralatan bayi. Dan mereka juga katanya mau design kamar bayi di sana, padahal sebelumnya geng Guanlin udah minta design duluan.


"Eh Ji lo udah bayar ukt?" tanya Ryujin yang bikin Yeji nepuk jidatnya pelan. "Anjir lupa gue. Kapan terakhir?" tanya Yeji balik.

"Besok sih, transfer aja lah. Kasian kalau lupa gak bisa krsan" suruh Ryujin.


Shuhua yang mendengar itu langsung keinget Guanlin. Guanlin udah bayar belum ya? Batin Shuhua. Dia pun mengotak-atik hpnya buat buka web kampus dari akun Guanlin yang dia masih inget kata sandinya. Dan ketika membuka pembayaran ukt, ternyata Guanlin belum membayar uktnya semester itu.

"Kalau transfer caranya gimana?" celetuk Shuhua. "Lo cuti bayar ukt juga?" tanya Yeji "Bayarin Guanlin" jawab Shuhua.


Senyumnya mengembang ketika tulisan ukt Guanlin sudah berubah menjadi warna hijau. Rencananya kalau gini pengeluaran mereka itu gak banyak-banyak banget. Biar pun Guanlin terus ngasih Shuhua uang bulanan tapi Shuhua tahu kalau Guanlin itu lebih butuh kebanding dia.


Shuhua bangga sama Guanlin. Meskipun nominal gajinya dibedain dari pegawai yang lain tapi dia tetap bersikukuh buat belajar mandiri dan gak minta uang ke orang tuanya. Entah untuk beli susu hamil Shuhua, biaya ke dokter, bayar kuliah, bayar kebutuhan kampus, sama nongkrong-nongkrong.

Shuhua tahu Guanlin itu bisa.

***

Beautiful [Lai Guanlin x Yeh Shuhua] x MillenialsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang