2020 PELUK KEOLA

49.6K 838 108
                                    

Hai guys!!
Aduh udah lama banget ga sih gak mampir lapak ini. Sampe bedebu loh 🤭
Udah sejak berapa tahun yang lalu yaaa cerita ini gabernyawa lagi hihihi.

Btw, aku kesini bukan sekedar iseng kok.
Ada sesuatu yang akan aku sampaikan sama kalian semua.
Duh! Seneng banget deh.

Siapa nih yang masih sering tanya dan ngarepin cerita Keola dan Claretta hadir dalam buku? Hayoo ngaku!!

Wkwkwkwk Yap!! Akhirnya setelah 3 Tahun, Mommy In 17 dibukukan kembali!! Yeay!

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ini, ada beberapa hal yang mau aku sampaikan ke kalian semua.
Jadi tolong disimak yaa :) biar gaada lagi yang salah paham atau berpikiran buruk ttg hal ini.

Jadi, sebelum MI17 naik cetak tahun ini. Beberapa tahun yang lalu, MI17 emang udah pernah jadi buku. Mungkin sampai sekarang, masih ada beberapa readers yang punya novel MI17 terdahulu wkwkwkw. Bagi yang udah punya, pasti kalian taulah sejelek apa sih novel itu. Bahkan mungkin gak sedikit yang kecewa.

Mengingat lagi masa kelam itu, mari aku ceritakan sedikit bagaimana hal itu bermula :).

Jadi, beberapa tahun yang lalu aku bener-bener masih kaya yang gatau apa-apa tentang dunia pernovelan, perbukuan, percetakan, atau apalah itu. Aku jujur aja cuma pembuat cerita asal-asalan yang kebetulan ceritanya berhasil menarik minat kalian.

Nah karena itu, Mommy In 17 pernah nangkring di rank 1 untuk kategori TeenFiction wattpad pada zamannya. Nah pada zaman itu tuh, kayanya banyak banget penerbit yang langsung ngincer novel-novel yang udah jelas banyak pembacanya. Kayanya zaman sekarang juga si kaya begitu. Aku masih inget banget tuh, dulu MI17 bener-bener bersebelahan sama novel-novel yang terkenal kaya Dear Nathan, Mariposa, True Stalker dan novel-novel lain yang kayanya hampir semuanya udah dijadiin film :').  Wkwkwkkw gatau juga si kalau ada yang engga. Tapi seingetku emang banyak yang udah dijadiin film.
Aku gak maksud pamer, tapi beneran kok. Seriusan deh, gaboong! Aku punya Screenshootnya kok. Bener-bener waktu itu masa kejayaan MI17 banget dah wkwkwkwk.

Sayangnya nih, MI17 kayanya kurang beruntung di banding novel-novel lainnya. Disaat novel-novel lainnya dapet penerbit yang bagus. Eh, MI17 malah dapet penerbit yang, duh... kalau sekarang ke inget kaya sedih banget dah :'). Yang udah beli MI17 jaman dulu, pasti tau banget maksud aku.

Ya, mungkin salah aku juga sih. Soalnya saat itu aku gatau penerbit seperti apa yang bagus dan engga. Yang dipikiranku dulu cuma satu. Karya aku jadi buku. Karya aku bakal ada hasilnya. Kalian kebayang ga sih, anak kelas 1 SMA yang gak pinter apa-apa, terus iseng bikin novel abis itu ceritanya laris, terus ada penerbit yang menawarkan naik cetak secara gratis. Kebayang ga perasaanku dulu kaya apa? Seneng banget!! Asli dah gaboong. Apalagi saat itu aku bener-bener sendirian. Orang tuaku, keluargaku, saudaraku gaada yang tau kalau aku bikin cerita. Mereka aja kaget waktu aku kasih buku pertamaku itu. Mommy aku aja sampe nangis tau aku bikin novel.

Jadi, karena pikiranku yang cetek itu, tanpa pikir panjang aku langsung mengiyakan penawaran penerbit tersebut :). Dan setelahnya seperti yang kalian duga. Kacau!
Semuanya kacau. Dari cover yang gajelas, isi banyak yang dikurangi/dihilangkan, typo yang gak diperbaiki, royalti yang gapernah dikirim, buku yang dipesan salah kirim, bahkan sampai ada yang gak dikirim bukunya.

Hasilnya apa? Semuanya tumpah ke aku. Semuanya menyalahkan aku. Para readers yang udah ikut Pre-order semuanya komplain ke aku. Dan tentu aja, aku harus ganti rugi ke mereka semua yang dirugikan :'). Aku bahkan harus kirim ulang buku yang gak pernah sampai ke mereka, padahal mereka udah bayar. Dan itu gak sedikit gais. Seriusan deh. Hampir ada 60 buku lebih. Apalagi abis itu penerbitnya susah banget dihubungin. Foto profil WA nya aja udah berubah jadi foto bawang merah dalam karung :(. Merasa ditipu? Jelas. Sangat. Sedih luwar biyasah. Aku gatau harus apa. Aku bingung. Dan uang aku pun lama kelamaan gak akan cukup untuk ganti rugi semua komplain yang datang bertubi-tubi.

Untungnya, waktu itu aku gak sendiri :'). Allah masih sayang sama aku. Aku di pertemukan sama penulis baik hati kaya kak "Atyampela" yang kebetulan juga jadi korban penerbit tersebut. Mungkin kalian ada yang gak asing sama penulis novel Quandary itu. Dia ngasih saran ke aku kalau lebih baik aku tarik naskah aku dari penerbit tersebut biar gaada lagi masalah yang datang. Dan aku lakuin apa yang dia saranin. Dia bahkan bantu dan kasih tau aku gimana cara tulis surat permohonan penarikan naskah. Baik banget! Asli. Kak Asty i lop yu dah pokoknya 💜.

Oke, setelah itu aku kirim surat tersebut ke penerbit. Dan penerbit udah menyetujuinya. Jadi sejak saat itu, mereka udah gak bisa cetak novelku lagi. Itulah kenapa, kalau kalian tanya apa Novel MI17 masih ada, aku selalu jawab Novel MI17 udah gak cetak. Ini alesannya :').

Jadi aku harap, untuk kalian semua. Para readersku tersayang. Yang entah peduli atau engga sama ceritaku diatas. Semoga kalian bisa memahami posisiku dulu ya :). Maaf kalau dulu aku sempat buat kalian yang udah mengapresiasi karya aku jadi kecewa :'). Kalau aku tau bakal seperti itu ceritanya, aku gak akan pernah mau kirim naskah aku ke penerbit itu. Sekali lagi, maaf untuk kalian yang merasa dirugikan.

TAPI!!!
hehehehe belum selesai.
Tahun udah berganti :)
Aku semakin dewasa dan aku sedikit demi sedikit mulai tau masalah penerbitan seperti itu.
Dan, aku memberanikan diri untuk kembali mengangkat ceritaku ini "Mommy In 17" menjadi sebuah buku hehehehehe.

Dan tentunya dengan catatan, tidak pada penerbit yang salah. Meskipun, penerbit ini engga seterkenal penerbit-penerbit diluar sana. Tapi aku bisa jamin, ini adalah penerbit yang bagus.

EllunarPublisher.
Yap, itu adalah penerbit yang juga menerbitkan sequel MI17, Real Love.
Kalian bisa cek di website, atau instagram mereka kok untuk memastikan ellunar bukan penerbit yang asal-asalan.

Mommy In 17 aku kembali hadirkan dalam bentuk buku yang akan terbit pada bulan Maret 2020.
Dan yang pastinya, bakal sedikit berbeda dengan Mommy In 17 yang sudah kalian baca di Wattpad.
Di dalam buku itu, aku menambahkan prolog, dan sedikit merubah kalimat, kata-kata, bahkan ending Mommy In 17. Jadi kalian gak perlu cemas untuk beli buku itu, karena ceritanya akan sedikit berbeda dengan yang di Wattpad.

Mommy in 17 versi Wattpad gak akan aku hapus atau aku unpublish. Aku akan biarkan cerita ini disini agar kalian yang gak beli MI17 versi cetak, tetap bisa menikmati cerita ini.

Hehehe, udah deh. Sekian aja dari aku.
Aku cuma mau ngasih tau dan menjelaskan tentang hal ini sama kalian.
Terimakasih untuk kalian semua yang udah menyempatkan waktunya untuk baca sampai akhir :)

Untuk informasi lebih lanjut, akan aku share secepatnya yaa!
Yang berminat memiliki MI17 versi cetak, silahkan staytune di lapak ini yahh.

Salam sayang,
Author Zantiks :v

28 Januari 2020

Mommy in 17 [TERBIT]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang