Tingkat Kesopanan

2.7K 57 2
                                    

Tingkat kesopanan dalam berbahasa adalah hal yang penting dalam bahasa Korea, karena orang Korea membedakan bagaimana cara berbicara kepada teman, orangtua dan berbagai macam strata di dalam masyarakat. Jadi, kemampuan untuk menggunakan bahasa yang tepat dalam bahasa Korea akan sangat membantu.

Di dalam program ini kita akan menjelaskan salah satu bentuk bahasa Korea yang paling aman untuk digunakan, semua orang akan baik-baik saja jika kita menggunakan bentuk yang satu ini.

Berikut adalah beberapa bentuk kalimat dengan kata “Saya makan nasi di rumah” ini adalah kata-kata yang sama seperti di bab sebelumnya.

Bentuk dasar : 저는 밥을 먹다Formal & Sopan: 저는 밥을 먹습니다Kasual & Sopan: 저는 밥을 먹어요Kasual tidak sopan: 저는 밥을 먹어

Jika digunakan untuk mempersilahkan orang lain makan: 드세요

Untuk 4 kalimat yang pertama kita lihat bahwa perubahan hanya terdapat di ujung kalimat saja dan perubahan terjadi dengan mengubah kata 다 menjadi berbagai macam bentuk lainnya. Tetapi di dalam program ini kita akan belajar bentuk 3 dan 4 saja, bentuk 3&4 kita sering sebut sebagai bentuk 아/어 dan ini adalah bentuk yang sangat berguna dan bahasa Korea akan sangat mudah saat kita sudah mengerti bentuk ini.

Jadi untuk bentuk 3 dan 4 kita lihat perbedaan antara sopan dan tidak sopan ada dengan membuang 요 diujung kalimat yang ada.

Kalimat Bentuk Banmal [반말]

Pengertian Banmal [반말]

Banmal [반말], atau terkadang disebut 해채 [hæchæ], adalah bentuk Bahasa Korea yang digunakan dalam situasi keakraban di antara teman sebaya atau orang-orang yang lebih muda.Bahasa Banmal biasanya sering dipakai dalam kehidupan pergaulan sehari-hari. Banmal tidak umum digunakan ketika dalam pertemuan pertama, biasanya teman meminta izin terlebih dahulu untuk menggunakan Banmal setelah mengenal satu sama lain. Terhadap teman sekelas yang lebih muda (후배) atau anak-anak, Banmal umum dan dapat diterima untuk digunakan tanpa meminta izin terlebih dahulu.

Perlu dicatat bahwa penggunaan Banmal terhadap senior atau orang yang lebih tua atau tinggi jabatannya tanpa izin, dianggap tidak sopan.Bahasa Banmal [반말] hanya digunakan dengan orang yang sebaya usianya, dengan orang yang lebih muda, atau (jika dengan orang yang lebih tua) harus seijin orang tersebut.

Jika tidak tahu usia atau status orang yang diajak bicara, lebih baik tidak menggunakan Banmal [반말]. Namun jika tahu orang tersebut usianya lebih muda, boleh menggunakan Banmal [반말], tapi untuk kenyamanan lebih baik minta ijin terlebih dahulu untuk menggunakan Banmal [반말].

Perbedaan 반말 (bentuk rendah) dengan 존댓말 (bentuk sopan) biasanya hanya berbeda dalam penggunaan '요' di akhir kalimat.Namun, beberapa 반말memiliki perbedaan struktur sedikit dari bentuk 존댓말 nya.

Namun, beberapa 반말memiliki perbedaan struktur sedikit dari bentuk 존댓말 nya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Belajar Bahasa KoreaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang