3 Cara untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Anda

36 1 0

Pernahkah Anda menderita kasus jerawat parah  yang meninggalkan bekas luka yang tidak sedap dipandang? Lama setelah jerawat hilang dan kemerahan dan iritasi hilang, beberapa dari kita membawa pengingat yang tidak diinginkan

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Pernahkah Anda menderita kasus jerawat parah yang meninggalkan bekas luka yang tidak sedap dipandang? Lama setelah jerawat hilang dan kemerahan dan iritasi hilang, beberapa dari kita membawa pengingat yang tidak diinginkan.

Apakah bekas luka terangkat atau cekung, ada beberapa cara yang baik untuk menutupi atau menguranginya, kata dokter kulit Amy Kassouf, MD .

"Saya selalu kagum pada seberapa banyak penyembuhan yang dapat dilakukan kulit setelah Anda dapat mengendalikan peradangan," kata Dr. Kassouf. "Pasien saya mungkin patah semangat, tetapi saya tidak."

Cara menghilangkan bekas jerawat Anda

Jerawat adalah kondisi kulit umum yang mempengaruhi sekitar 80 persen dari mereka yang berusia antara 11 dan 30 di beberapa titik. Ini mungkin tampak seperti iritasi yang tidak akan pernah hilang, tetapi ternyata tidak. Dan kemudian Anda dapat menangani bekas luka yang tersisa.

Seorang dokter kulit pertama-tama akan fokus untuk mengendalikan jerawat Anda; semakin sedikit jerawat yang Anda miliki, semakin sedikit bekas luka yang Anda dapatkan.

Ketika dokter Anda memusatkan perhatian pada bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat Anda, ia biasanya akan mengeksplorasi tiga pilihan perawatan utama .

1. Perawatan laser. 

Laser khusus pembuluh darah menargetkan pembuluh darah dan dapat membantu meringankan bekas luka yang rata atau berwarna merah muda atau ungu, dan membantu meratakan bekas luka yang terangkat. Dokter sering menggunakan laser ablatif fraksional atau karbon dioksida untuk mengobati bekas jerawat.

Setelah itu, kulit bengkak dan merah, dan mungkin berdarah, hingga lima hari, kata Dr. Kassouf. Juga, Anda mungkin membutuhkan antara tiga dan lima sesi perawatan.

Dokter menggunakan laser untuk mengobati jenis jaringan parut lainnya - termasuk yang berasal dari luka bakar, kanker kulit dan pengangkatan tato.

2. Kulit kimia.

 Dokter kulit Anda mungkin menerapkan solusi kimia pada kulit. Ini menyebabkannya "melepuh" dan akhirnya terkelupas, menciptakan kulit baru yang diregenerasi yang biasanya lebih halus daripada kulit lama.

Mengupas biasanya menyebabkan kemerahan, dan terkadang luka bengkak dan dingin, hingga tujuh hari, kata Dr. Kassouf. Perawatan ini juga lebih murah karena Anda biasanya hanya membutuhkan satu sesi perawatan.

"Laser lebih presisi, jadi jika pengelupasan kimia tidak berfungsi, orang sering mencoba laser," katanya.

3. Microneedling.

Juga dikenal sebagai terapi induksi kolagen, microneedling menggunakan roller jarum halus atau perangkat pena untuk membuat lubang kecil di lapisan atas kulit. Prosedur ini merangsang produksi kolagen, yang membantu meningkatkan garis-garis halus dan tekstur kulit.

Kemerahan terjadi setelahnya, biasanya berlangsung beberapa hari.

Kebanyakan orang memerlukan empat hingga enam perawatan microneedling untuk hasil terbaik, kata Dr. Kassouf.

Dokter Anda dapat menggunakan lebih dari satu jenis perawatan, tergantung pada kebutuhan Anda. Misalnya, ia dapat mengobati beberapa bekas luka dengan laser dan yang lainnya dengan microneedling.

Ketika Anda memiliki kulit yang rusak, tidak ada perawatan yang akan membuatnya terlihat sempurna lagi, kata Dr. Kassouf. Tetapi, tergantung pada tingkat keparahannya, bekas luka jerawat dapat berkurang sebanyak dua pertiga setelah perawatan, katanya.

Tidak ada kata terlambat untuk mengobati bekas luka itu

Pasien remaja mungkin harus menunggu sampai usia 20-an sebelum menjalani perawatan untuk memastikan ada sedikit risiko jerawat yang akan muncul.

Sementara jerawat terutama mempengaruhi remaja ketika hormon mereka berubah, banyak orang dewasa mengembangkan jerawat dan jaringan parut dapat terjadi, kata Dr. Kassouf. Kadang-kadang ketika orang dewasa menurunkan berat badan atau kehilangan elastisitas di kulit mereka seiring bertambahnya usia, bekas luka dari tahun-tahun sebelumnya menjadi lebih jelas.

Untuk orang dewasa lain, mereka hanya menemukan bahwa waktu akhirnya tepat untuk merawat diri mereka sendiri, katanya.

"Saya memiliki 60 tahun yang mengatakan dia telah menangani bekas luka ini seumur hidupnya dan ingin melakukan sesuatu tentang hal itu. Saya telah melihat hasil yang indah dengan orang dewasa, "katanya.

BebasJerawatTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang