Dan beruntungnya, kelas gue keluar duluan di banding kelas Jisoo. Gue keluar sekolah, mobil Pak Usman udah terparkir dengan rapih di depan sekolah, "Sore, Mbak," sapa Pak Usman pas gue nyamperin mobil. Pak Usman emang biasa nunggu di luar mobil buat ngebukain pintu mobil. Menurut gue berlebihan sih. Tapi kebiasaan beliau katanya. Ya, gue juga gak enak buat nolak.

"Sore, Pak," gue masuk ke dalam mobil setelah pintu mobil di buka lebar buat gue.

"Mbak Jisoo belum keluar, Mbak?"

Gue menggeleng, "Belum kayaknya, Pak. Di tunggu aja," Pak Usman mengangguk patuh. Gue gak setega Jisoo buat ninggalin adek gue karena balas dendam. Lagian, cuaca juga mendung. Kasian kalau di tinggal. Kehujanan di jalan, pulang-pulang kayak tikus got basah kuyup.

Gue buka ponsel dan ngebuka WA. Hari ini rasanya sepi. Gak di hubungin sama Willis seharian. Tadi doang ketemu di kantin. Dan seperti biasa, sikap dia rada cuek ke gue. Gue pasang headset yang selalu gue simpen di kantung kulit jok belakang Pak Usman. Pasang lagunya Rain dari Taeyeon. Gue suka banget. Itu lagu udah berapa tahun, tapi masih ada di playlist.

Lumayan lama Jisoo keluar. Ada setengah jam, sampai gerbang sekolah sepi. Dan gue gak sadar, kalau pintu mobil di buka. Gue baru sadar ketika ada yang nyolek lengan gue. Terpaksa lepas headset dan noleh buat liat siapa yang nyolek.

Betapa kagetnya gue, ternyata yang nyolek itu Willis, "Wil? Kenapa?"

Willis nunjuk Jisoo yang udah di sebelah gue, "Maaf, tadi nahan Jasmine. Dia ada praktikum dadakan di lab. Dan kebetulan, aku yang jadi pembimbingnya," gue cuma mengangguk dan ber-oh ria.

"Sama siapa aja?"

Willis senyum dan ngusap puncak kepala gue, "Sela sama Kris," gue mengangguk ngerti. Percuma kalau gue minta Willis menjauh dari Sela. Toh, ada aja momen yang buat Sela sama Willis harus berdekatan.

"Mbak? Pulang sekarang?" tanya Pak Usman yang udah siap di bangku kemudi.

Gue mengangguk dan natap Willis, "Aku pulang dulu, ya. Nanti malem, kalau kamu sempet, hubungin aku," Willis mengangguk.

Jisoo lambai-lambai ke Willis, "Dah, Kak! Makasih tadi udah jadi pembimbing Jisoo sama Rose," Willis mengangguk lagi, dan pintu sebelah gue pun di tutup.

"Gimana Willis sama Sela, Jis?" gue nanya ke Jisoo masih ngeliatin ponsel di tangan gue.

Jisoo juga ngelakuin hal yang sama. Dia ngeliatin ponselnya tanpa natap gue, "Ya gitu. Biasa aja kok, kak. Walau Sela-nya mepetin kak Willis terus, tapi kak Willis berusaha menghindar. Ya tapi tetep aja, namanya mereka satu project, satu jurusan, satu kelas, si Sela Sela dory stoberi itu keliatan banget ngedeketinnya. Caper. Gak bisa sedikit, minta tolong kak Willis. Padahal, minta tolong sama praktikannya bisa loh. Gak susah kok apa yang dia mintain tolong,"

"Hmm.." gue cuma bales kayak gitu. Kasian Jisoo, udah laporan panjang lebar, gue jawab cuma gitu.

"Lo cemburu, kak?"

Gue menghela nafas, "Menurut lo?"

"Cemburu,"

"Ya itu lo tau. Ngapain nanya, kutik badak!" gue udah emosi sama Jisoo. Sengaja banget nanyain itu biar gue ngaku.

"Lo? Cemburu? Astaga! Demi dewa Krisna yang kulitnya udah gak biru lagi, masa lo cemburu sih?" gue diem tanpa nanggapin Jisoo, "Nih ya, gue kasih tau. Kak Willis itu udah taken sama lo. Kalau dia gak ada rasa sama lo, dia pasti mutusin lo dari dulu. Lo tau kan, si Sela keramat itu deketin kak Willis udah dari kapan? Dari jaman baheula. Terus? Lo fikir kak Willis tergoda sama dia? Kaga. Sama sekali kaga."

"Sok tau lo. Kayak mama loren aja,"

"Tau lah. Gini-gini, adek lo yang cantiknya kayak Song Hye Kyo, bisa baca ekspresi loh!"

Gue matiin layar ponsel dan duduk menghadap Jisoo, "Jadi, adek gue yang mirip sama Song Hye Kyo, apa yang lo baca dari ekspresinya Willis?"

Jisoo ikut matiin layar ponselnya dan berhadapan sama gue, "Gini loh, kakakku yang cantiknya kayak Nuraeni pacarnya Ikbal, kak Willis yang mirip banget sama Sehun EXO itu sayang sama lo. Lo-nya aja yang kampret selalu negatif thinking dengan bilang, Willis bakal kepicut sama Sela. Willis bakal milih Sela, bla bla bla. Itu kagak! Buka mata lo, buka hati lo, jangan pikiran lo di butain sama tai ayam yang encer. Dia itu sayang sama lo dengan caranya sendiri!"

Emang gue tau, Willis punya caranya sendiri. Tapi wajar kan kalau rasa cemburu sama takut itu ada? Gue gak mau munafik.

Sampai rumah, gue terus mendekam di dalam kamar. Nyari kesibukan sendiri tepatnya. Semakin deket sama ujian nasional, semakin sibuk para siswa siswi di sekolah gue. Tempat bimbel pun laris manis. Papi nyewa jasa les privat. Jadi, gurunya yang ke rumah. Papi ngomongnya sih, biar gue sama Jisoo gak capek, abis sekolah langsung berangkat lagi buat les. Makasih banyak buat Papi. Tapi hari ini bukan hari les gue.

Malamnya, di meja makan terasa sunyi banget. Beda dari biasanya. Gue melirik masing-masing yang ada di meja makan. Mulai dari kak Tata yang keliatan murung. Papi yang mukanya tegas. Dan Mami yang mukanya terkesan 'terserah'. Jisoo sama gue saling beradu pandang. Saling nanya lewat telepati, 'ada apa?'.

Selesai makan, Papi lap sudut-sudut bibirnya pakai kain yang udah di sediakan, "Jadi.. Papi mau ngomong sesuatu sama kalian semua,"

Gue letakkin sendok dan garpu, "Ngomong apa, Pi? Kayaknya penting,"

Papi mengangguk. Gue ngeliat kak Tata yang masih nunduk suram. Setelahnya, gue cuma bisa menganga terkejut sama apa yang Papi sampaikan,

"Papi mutusin buat balik ke Kalimantan,"

something new ✔Where stories live. Discover now