Cara Membaca Hangul

7.3K 158 4
                                    

Tahukah kamu bahwa belajar membaca huruf Korea lebih mudah dibanding belajar menulis huruf Korea. Alasannya karena huruf Korea banyak yang memiliki bunyi hampir sama. Sehingga menyulitkan kita ketika ingin menulis huruf Korea dari apa yang kita dengar. Apalagi jika kita belum mengenal dan paham bunyi pelafalan bachim. Saya yakin belajar membaca huruf Korea jika kita serius dan rajin dalam menjalaninya, maka paling lama dalam waktu satu minggupun kita sudah bisa membaca tulisan Korea dengan benar.

Jika kita mendengar kosakata “cheoneun” (saya) maka jika kita tidak tahu cara penulisannya yang benar, mungkin kosakata tersebut akan kita tulis : 저는, 처는, 쩌는, 조는, 초는, dan 쪼는.

Apakah tulisan tersebut salah? Ya jelas salah besar! Hanya satu tulisan saja yang benar.

Mungkin jika kita melihat tulisan latin “cheoneun”, kita akan hanya menganggap seperti ini saja 저는 dan 처는. Karena jelas dalam kosakata “cheoneun” jika dipisah “ch–eo-n-eu-n” dan disitu ditulis “eo” bukan “o” artinya “ㅓ” bukan “ㅗ”. Namun untuk huruf “ch” seperti yang sudah kita tahu di dalam huruf Korea ada dua macam, “ㅈ” dan “ㅊ”. Dengan begitu walaupun kita melihat tulisan latinnya, belum tentu 100% akan benar menulis huruf Koreanya. Apalagi jika kita menulis huruf Korea yang bersumber dari yang kita dengar.

Maka dari itu saya mengambil kesimpulan bahwa cara belajar menulis huruf Korea yang benar lebih sulit daripada belajar membaca huruf Korea. Satu-satunya solusi agar kita pintar menulis huruf Korea yaitu dengan seringnya berlatih menulis huruf Korea dari buku pedoman atau dari kamus.

Ok disini saya tidak akan membahas lebih jauh bagaimana cara menulis huruf Korea, namun yang akan saya bahas pada kesempatan cemerlang ini adalah belajar cara membaca huruf Korea dengan baik dan benar.

Ketika kita membaca huruf Korea atau istilahnya huruf Hangeul (한글) berbeda dengan cara membaca huruf latin dan huruf romawi. Huruf korea memiliki bunyi awal, bunyi tengah, dan bunyi akhir. Artinya bunyi huruf Korea selalu berubah-rubah, tergantung letak posisi dari huruf tersebut.

Contohnya huruf “ㄱ” kita bisa membacanya “K” dan juga boleh dibaca “G”. Huruf Korea yang dibacanya tidak tetap (tergantung posisi) adalah hanyalah huruf konsonan. Sedangkan untuk huruf vokal bunyinya tetap walaupun tempatnya berubah-rubah. Dan juga tidak semua huruf konsonan berubah bunyi, contohnya huruf “ㅁ” dan “ㄴ”. Walaupun posisinya selalu berubah-rubah, kedua huruf ini dibaca “M” dan “N” saja.

Bagaimana sampai disini sudah agak mengerti? Jika belum mengerti, silakan diulang lagi penjelasannya! Namun jika sebaliknya, mari kita lanjutkan pembahasannya.

Wajib kita ketahui dan pahami juga bahwa dalam membaca huruf Korea terdapat cara pengucapan bunyi huruf. Cara ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu :

1. Bunyi Kuat dan Tajam

Bunyi kuat dan tajam artinya jika kita bertemu dengan huruf Korea “ㅉ” (CC), “ㄲ” (KK), “ㄸ” (TT), “ㅃ” (PP), dan “ㅆ” (SS) harus diucapkan dengan bunyi kuat serta tajam dari bunyi huruf konsonan tunggalnya.

2. Bunyi Aspirasi

Bunyi aspirasi artinya artinya jika kita bertemu dengan huruf-huruf tertentu Korea pengucapannya harus disertai dengan sebuah hembusan udara. Yang termasuk huruf bunyi aspirasi adalah “ㅊ” (CH), “ㅋ” (KH), “ㅌ” (TH), dan “ㅍ” (PH).

3. Bunyi Samar

Bunyi samar adalah pengucapan huruf secara samar atau tidak jelas. Karena huruf-huruf Korea yang termasuk huruf samar ini memiliki bunyi dua huruf. Yang termasuk huruf Korea yang harus dibaca samar adalah “ㄱ” (K/G), “ㄷ” (T/D), “ㅂ” (P/B), “ㄹ” (R/L), dan “ㅈ” (C/J).

4. Bachim

Aturan pelafalan bunyi bachim adalah bunyi huruf yang harus berubah bunyi pengucapannya ketika huruf tersebut bertemu dengan huruf yang sudah ditentukan.

Sekarang mari kita belajar cara membaca huruf Korea yang sudah disusun kedalam sebuah kosakata dan kalimat. Contohnya saya mempunyai kosakata bahasa Korea seperti ini :

“장갑” maka dibaca “changgap” artinya “sarung tangan”. Kosakata ini jika diuraikan huruf hangeulnya adalah : ㅈ–아–ㅇ–ㄱ–아–ㅂ. Masing-masing huruf jika dibaca satu-persatu adalah :

ㅈ = huruf konsonan dasar, dibaca CH jika diawal, J jika ditengah, dan T jika diakhir;

아 = huruf vokal dasar, dibaca A;

ㅇ = huruf konsonan dasar, hanya ditemukan diakhir dan dibaca NG;

ㄱ = huruf konsonan dasar, dibaca K jika diawal, G jika ditengah, dan K jika diakhir;

아 = huruf vokal dasar, dibaca A;

ㅂ = huruf konsonan dasar, dibaca P jika diawal, B jika ditengah, dan P jika diakhir;

Kosakata “장갑” terdiri dari dua suku kata, yaitu “장” dan “갑”. Suku kata pertama dibaca “CHANG” bukan “JANG” dan bukan “TANG”. Lihat huruf pertamanya adalah ”ㅈ” dan dibaca dengan bunyi huruf awal dari suku kata pertama, yaitu “CH”. Kemudian huruf keduanya adalah ”아” ini adalah huruf vokal dibaca “A”. Peraturan huruf vokal, jika digabungkan dengan satu suku kata yang terdapat huruf konsonan maka huruf bantu ”ㅇ” dihilangkan, yang ada hanya huruf “ㅏ”. Huruf ketiga dari suku kata “장” adalah huruf konsonan “ㅇ” yang dibaca “NG”.

Kemudian untuk suku kata kedua adalah “갑”. Suku kata kedua ini dibaca “GAP” bukan “KAP”, bukan “GAB”, dan bukan “KAB”. Walaupun posisi huruf “ㄱ” ada diawal, tapi ini termasuk huruf tengah dari gabungan dengan suku kata pertama. Dengan begitu bunyi huruf “ㄱ” adalah bunyi huruf tengah yaitu berbunyi “G”. Huruf kedua masih sama seperti yang sudah dijelaskan pada suku kata pertama, yaitu huruf “ㅏ” dan berbunyi “A”. Huruf ketiga adalah huruf “ㅂ” dan ini adalah huruf konsonan serta posisinya ada diakhir. Dengan begitu bunyinya adalah “P” bukan “B”.

Bagaimana sampai langkah ini apakah Anda sudah bisa membaca huruf Korea dalam bentuk kosakata belum? Selanjutnya saya akan tambah lagi kosakatanya, dan silakan Anda baca dengan benar! Berikut kosakatanya :

1 경비소
2 경찰소
3 화장실
4 목욕탕
5 대사관

Silakan Anda baca lima kosakata diatas dengan benar! Jika Anda Anda mampu membacanya dengan lancar, selamat Anda sudah bisa membaca huruf Korea dengan benar. Namun jika kesulitan, berarti Anda harus mengulang lagi pembahasan ini dari awal.

Ok mari kita samakan bagaimana cara membaca huruf Korea diatas. Mudah-mudahan sama dengan saya.

1 경비소 = KYEONG-BI-SO artinya (pos satpam);

2 경찰소 = KYEONG-CHAL-SO artinya (kantor polisi);

3 화장실 = HWA-JANG-SIL artinya (toilet);

4 목욕탕 = MOK-YOK-TANG artinya (kamar mandi);

5 대사관 = TAE-SA-GWAN artinya (kedutaan).

Untuk lebih memperlancar lagi, silakan Anda belajar membaca huruf Korea yang bersumber dari buku panduan Bahasa Korea, koran Korea, dan sebagainya. Semakin sering Anda latihan membaca huruf Korea, maka akan semakin terbiasa.

Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan salam berbagi  또마납시다 




#jangan lupa vote dan comment nyaya😅

Belajar Bahasa KoreaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang