Nikola Tesla

1.9K 180 138
                                    

Harusnya saya mengupload ini dua minggu yang lalu, ya, biar pas. 10 Juli adalah hari ulang tahun Nikola Tesla. And who the heck is he? Google aja sampek nggak bikin doodle-nya.

Jarang banget emang denger nama itu. Kalau dibandingkan dengan Thomas Alva Edison. Konon Tesla dan Edison ini musuhan. Di buku pelajaran Fisika, nama Tesla muncul sebagai satuan kuat medan magnet. Selain itu, Tesla juga dijadikan merk perusahaan sekaligus mobil autopilot (yap, semacam Auttaxi) milik Elon Musk. Semoga kalian pernah dengar nama yang terakhir kusebut. Well, bagi yang belum tahu, Elon Musk adalah technopreneur terkenal masa kini. CEO dari perusahaan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti SpaceX, Hyperloop, Solar City, termasuk Tesla. Hell yeah, kapan-kapan kalian kalo bikin romance, CEO-nya yang punya otak brilian kaya gini, dong. Smart is new sexy, right?

 Smart is new sexy, right?

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Nah, berangkat dari twit Elon Musk:

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Nah, berangkat dari twit Elon Musk:

Aku lebih mengidolakan Edison daripada Tesla, karena Edison dapat mengolah temuannya untuk dapat dijual di pasar dan membuat penemuan tersebut dapat diakses oleh dunia, sementara Tesla tidak melakukan itu.

Yeaa, penggemar Tesla jangan butthurt dulu. Sebab Musk dan Edison memang mirip. Sama-sama pemilik perusahaan teknologi yang mengomersialkan produk mereka. Wajar aja kalo bilang begitu. 

Semetara Tesla, walaupun sangat hebat, penemuannya dianggap gila, tidak masuk akal, berbahaya, dsb. Tesla banyak dikucilkan, sedangkan nama Edison lebih berpijar. Padahal penemuan Tesla terbukti sangat bagus dan efektif digunakan di zaman modern. Apakah ini ulah elite global, penguasa uang dan perusahaan, yang mengucilkan ilmuwan brilian seperti Tesla?

===================
Awal Kehidupan Tesla 
===================

Tesla lahir dari keluarga desa di Austria. Ayahnya pendeta, sementara kepintarannya ia dapat dari Ibu yang suka membuat alat-alat mekanik. Tesla sempat disuruh jadi tentara atau pendeta, tapi dia lebih terobsesi dengan listrik. Ayahnya baru membolehkan dia masuk fakultas teknik setelah terserang kolera. FYI, kolera adalah diare berair--yang sangat-sangat cair--berwarna seperti air cucian beras, dan sekalinya keluar susah berhenti. Kolera pada waktu itu sangat-sangat mematikan. Banyak yang meninggal karena dehidrasi berat. Thank God sekarang penyakit itu udah punah, dan kalau pun ada, kita sudah ada obatnya. 

Conspirare | Menyingkap Tabir DuniaWhere stories live. Discover now