Questions and Answers

Mulai dari awal

Damar: Waduh pertanyaan serius nih. Kenapa pas gue yang kebagian.

Adrio: Bisa jawabnya gak, bocah.

Damar: Bisa! Kalo menurut gue, jadi dokter bukan berarti kita nggak semerta-merta langsung 'berhati dingin' melihat kondisi pasien kayak apapun. Malah, di sini empati kita dilihat. Bukan cuma kondisi fisik pasien, tapi segala kondisi. Mental pasien, kondisi diluar kesehatan si pasien, kayak ekonomi pasien, pendidikan si pasien, gitu. Biar nggak mental breakdown? Awal-awal sih lo pasti semacam kaget gitu, tapi karena—nggak tau ya, di kampus gue mental gue udah diajarin biar kebal jadi udah kebawa kebal sampe sekarang.

Bilzardy: Dokter itu diajarin gimana bedain simpati dan empati, yang susah kan emang empati. Kita berusaha memposisikan diri jadi pasien, membayangkan kalau kita ada di posisi tersebut. Tapi jangan sampe—kalo bahasa gaulnya—baper. Ya, kita nggak boleh sampe baper. Kita nggak boleh sampe terlalu larut sama apa yang dirasakan pasien. Berlaku juga kalo ada yang 'suka' sama pasien. Hubungan dokter-pasien itu dilarang. Nggak boleh seorang dokter menjalin hubungan dengan pasien yang masih dalam observasi dia. Begitu.

**

Pernah naksir pasien nggak? –Pacar Satria

Adrio: SAAAAATTT INI GENDIS NANYA?!

Satria: BUKAN WEY!! Ngaku-ngaku ini sih

Marva: Gue nggak pernah naksir lah, mau naksir juga udah berbadan dua semua? Atau udah nikah? Atau mau nikah?

Brian: Nggak pernah dan nggak tertarik.

Adrio: Semua pasien gue tidurin sih, ya, gimana....

Bima: BILANGIN QIL

Adrio: NYET

Kaisar: gak pernah

Chandra: Kagak pernah, maaf. Gue anak goa. Jadiannya mending sama anak goa lagi

Satria: Dokter nggak boleh menjalin hubungan special sama pasien, maaf ya.

pernah ga bosen sama mbak pacar atau mbak pacar bosen sama paduka raja satria? terus cara ngatasinnya gimana. –Seseorang

Satria: Dalam hubungan pasti ada rasa bosan, tapi gimana kita menyikapinya. Kalau udah sayang, mau bosen juga nggak bakal pergi. Biasanya kita suka saling bilang, juju raja. Kadang bilang "Aku lagi ngerasa blablabla..." terus bareng bareng cari jalan keluarnya, bukannya marah-marah dan minta putus.

Adrio: (nyanyi) bosan itu pastiiiiiii~~ tapi kita tak saling pergiiiii~~

Kalau nggak jadi dokter, kira-kira kalian bakal jadi apa? –Pacar Satria lagi.

Brian: Jadi anak gereja, serius. Abis nggak tau lagi mau jadi apa.

Satria: businessman lah, bokap punya usaha kost-kostan, mungkin nerusin itu aja sambil leha-leha di teras rumah

Brian: gaya lo businessman, tinggal bilang jadi bapak kos aja sih susah amat.

Bima: jadi pembalap mobil.

Kaisar: jadi pemalesan.

April: aku mau jadi apa ya...jadi ibu rumah tanga aja.

Kaisar: sama gue, Qil?

Adrio: sama gue lah! Gue bapak rumah tangga.

Damar: mau buka usaha salon hewan, mungkin, atau jadi dokter hewan

Adrio: eh, koas, mau jadi apa kalo gak jadi dokter?

Bimo: jadi gubernur.

Janu: jadi artis, bang.

Tentang AprilBaca cerita ini secara GRATIS!