Cara Mengobati Diabetes Secara Alami

34 1 1

Cara mengobati diabetes secara alami telah ditemukan jawabannya sejak 20 tahun yang lalu. Berikut secara lengkap, mulai cara menurunkan gula darah hingga menyembuhkan diabetes dengan cepat dan alami. Untuk konsultasi bisa WA di 0813 2800 2004.

 Untuk konsultasi bisa WA di 0813 2800 2004

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Penyakit diabetes merupakan penyakit kronis jangka panjang yang ditandai dengan naiknya kadar gula darah (Glukosa). Glukosa adalah sumber energi utama yang sangat penting bagi kesehatan otak ataupun sel-sel yang membentuk otot dan jaringan pada tubuh manusia

Indonesia sendiri termasuk ke dalam sepuluh besar negara dengan penderita diabetes terbanyak. Pada tahun 2013, penderita diabetes di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 8,5 juta orang dengan rentang usia 20-79 tahun (dikutip dari Federasi Diabetes Internasional). Namun tidak lebih dari 50% penderita yang menyadari bahwa mereka terkena penyakit Diabetes.

Gejala Diabetes

Diabetes tipe 1 dapat berkembang dengan cepat dalam beberapa minggu, bahkan beberapa hari saja. Sedangkan banyak penderita diabetes tipe 2 yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengidap diabetes selama bertahun-tahun karena gejalanya cenderung tidak spesifik. Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 meliputi:

Sering merasa hausSering buang air kecil, terutama di malam hariRasa lapar yang ekstremTurunnya berat badan tanpa sebab yang jelasBerkurangnya massa ototTerdapat keton dalam air seni. Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.KelelahanPandangan yang kaburLuka yang lama sembuhInfeksi, contohnya pada organ intim, saluran kemi, serta gusi

Jika Anda sering mengalami gejala-gejala tersebut, akan lebih baik agar segera dikonsultasikan kepada dokter. Pendeteksian dini memungkinkan Anda untuk mengobati diabetes yang Anda derita agar tidak semakin parah.

Pastikan Anda mengetahui segala sesuatu yang harus dilakukan untuk perawatan penyakit Diabetes yang Anda derita.


Mengkonsumsi Makanan yang Sehat adalah CaraMengobati Diabetes Langkah Awal

Makanan untuk penderita diabetes pada umumnya sama dengan orang sehat. Namun bedanya adalah makanan untuk penderita diabetes diatur secukup mungkin. Untuk Penderita Penyakit Diabetes makanan yang dikonsumsi tidak boleh berlebihan.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, rendah lemak dan kalori. Hal tersebut akan membuat kadar gula darah Anda menjadi terkontrol. Seperti apa makanan yang harus Anda makan sehari-hari untuk mengatasi diabetes?

Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang panggang, oatmeal, roti dan sereal dari biji-bijian utuh.Konsumsilah gula rendah kalori dan mengandung kromium. Hal ini akan membuat fungsi insulin di dalam tubuh meningkat sehingga gula darah tetap terkontrol.Daging tanpa lemak yang dikukus, direbus, dipanggang, dan dibakar.Sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah. Beberapa jenis sayur yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah bayam dan brokoli.Buah-buahan segar. Jika Anda lebih memilih untuk dijadikan jus akan lebih baik bila tidak ditambah gula.

Tips jika Anda menggunakan insulin

Suntikan insulin AndaMakanlah jumlah makanan yang sama setiap hari pada waktu yang hampir bersamaanJangan melewatkan waktu makan, terutama jika Anda sudah menerima suntikan insulin.

Tips jika Anda tidak menggunakan insulin

Patuhi pola makan yang diberikanJangan melewatkan waktu makan, terutama jika Anda mengonsumsi obat hipoglikemik oral (OHO) diabetes. Jika Anda melewatkannya, kadar gula darah Anda akan turun.Melewatkan makan akan membuat Anda makan lebih banyak di jam berikutnya. Hal tersebut dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi turun.


Olahraga Teratur adalah Langkah Kedua Cara Mengobati Diabetes

Lakukan olahraga minimal tiga kali dalam seminggu dengan waktu 30-40 menit. Jika Anda bukan orang yang gemar berolahraga, maka lakukan olahraga tersebut minimal 5-10 menit di hari pertama.

Jika kadar gula darah Anda kurang dari 100-120, makanlah apel atau segelas susu sebelum Anda berolahraga. Saat Anda sedang berolahraga, bawalah makanan ringan agar gula darah Anda tidak turun.

Tips jika Anda menggunakan insulin

Berolahraga setelah makan, bukan sebelum makanBerolahragalah bila kadar gula darah Anda normalMenghindari olahraga sebelum tidur karena hal tersebut dapat mengakibatkan kadar gula darah menjadi turun pada waktu malam

Tips jika Anda tidak menggunakan insulin

Konsultasikan ke dokter bila Anda berniat untuk ikut kelas fitness atau program latihan olahraga.Lakukanlah tes sebelum dan sesudah berolahraga untuk mengetahui kadar gula pada tubuh Anda. Jika Anda mengonsumsi obat diabetes harus dipastikan bila kadar gula darah Anda tidak kurang dari 70


Tes Gula Darah Anda Setiap Hari merupakan Langkah Ketiga Cara MengobatiDiabetes

Pantaulah secara rutin kadar gula Anda. Pemeriksaan ini akan memberitahu Anda kadar glukosa darah Anda secara real time atau saat itu juga. Sebaiknya Anda memang memiliki alat untuk memeriksa kadar gula darah di rumah. Anda bisa menggunakan alat tes gula darah yang disebut glukometer.


Tingkat gula darah pada tubuh mengalami perubahan, terutama sebelum dan setelah makan. Kadar gula darah yang normal sebelum makan adalah 70-130 mg/dL, sedangkan setelah melakukan puasa selama delapan jam kadar gula seharusnya tidak lebih dari 100 mg/dL. Kemudian, tingkat gula darah dua jam setelah makan seharusnya kurang dari 180 mg/dL dan menjelang tidur rata-rata berkisar 100-140 mg/dL.

Jumlah kadar gula darah dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda. Kadar gula darah tinggi mearupakan salah satu tanda bahwa kondisi tubuh Anda sedang tidak sehat. Perhatikan kadar gula darah Anda setiap setiap Anda melakukan pemeriksaan

Pastikan Anda selalu minum obat atau suntik insulin

Meski diabetes secara kimia tidak bisa disembuhkan, pendeteksian sejak dini memungkinkan kadar gula darah penderita diabetes bisa dikendalikan. Tujuan pengobatan diabetes yaitu untuk mengatasi penyakit diabetes yang diderita, mengontrol keseimbangan kadar gula darah dan mengurangi resiko terjadinya komplikasi.

Cara Mengobati Diabetes Tipe 2 dengan Obat-obatan yang Tepat

Ada beberapa jenis obat (biasanya dalam bentuk tablet) yang dapat digunakan untuk diabetes tipe 2 (obat hipoglikemik oral). Kemungkinan Anda akan diberikan kombinasi dua jenis obat atau lebih yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Obat yang biasa diberikan adalah metformin, sulfonilurea, pioglitazone, gliptin, agonis, acarbose, nateglinide dan repaglinide

Selain terapi dengan obat kimiawi di atas, terapi insulin adalah cara mengobati diabetes selain obat-obatan. American Diabetic Doctor Association juga memasukkan Tahitian Noni Juice Morinda atau Tahitian Noni Maxidoid sebagai alternatif alami diabetes selain obat kimia atau insulin.



Cara Mengobati Diabetes Secara AlamiRead this story for FREE!