#1

308 6 0

Ada yang harus dijaga, pandangan...

Ada yang harus dibatasi, perhatian...

Ada yang harus disimpan sendiri, kerinduan...

Ada yang harus kau lebihkan, keseriusan...

Dan jika kau merasa ini waktunya,

Ada yang harus disegerakan, lamaran...

======================

Aku melangkahkan kakiku menuju tempat menimba ilmunya yang baru di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Hari ini hari pertamaku merasakan bangku perkuliahan. Seperti universitas lainnya, sebagai mahasiswa baru aku akan mengikuti kegiatan Ospek yang diadakan fakultasku.

Oh iya, perkenalkan namaku Alya Mardiah. Aku berasal dari daerah Bandung. Aku lulusan SMAN.1 Bandung jurusan IPS. Aku anak pertama dari tiga bersaudara. Saat ini aku sedang melanjutkan pendidikanku di Universitas Airlangga Fakultas Psikologi. Di Surabaya, aku tinggal dengan Pakde dan Bude. Sekian yah perkenalannya, wkwkwk...

Aku kembali melanjutkanku langkahku, sedikit berlari karena dari jauh terlihat lapangan fakultas sudah terisi banyak temanku yang berbaris dengan pakaian yang sama sepertiku. Ya, memakai almamater kampus, baju hitam putih dan sepatu pantofel dengan tinggi 5cm. Jujur, aku gak terbiasa memakai sepatu yang memiliki hak seperti ini. Terlalu ribet dan jalannya kayak raden putri banget !!

Sesampainya dilapangan aku langsung masuk ke barisan bagian belakang. Aku tidak berani melapor ke kakak senior di depan kalau aku telat. Untung tadi tidak ada kakak senior yang melihatku..

"eh itu yang baru dateng" teriak salah satu senior

" heh kamu yang dibarisan 4. Yg pake kacamata. Sini !! " lanjutnya.

Aku yang terhentak kaget tiba-tiba gemetaran karena ditunjuk oleh kakak senior itu.

"Sa..saya.. kak?" ucapku terbata.

"Iyalah kamu.. siapa lagi. Udah telat main nyelonong aja masuk ke barisan. Sini maju ke depan." Ucap senior itu.

Aku pun berjalan perlahan ke depan. Ku rasakan semua tatapan orang-orang mengarah padaku. Huft

"Ma..maaf kak.. saya tidak lihat tadi kalau harus lapor dulu" ucapku

"udah sana, lapor ke kakak yang pake jilbab biru." Perintahnya.

Aku pun berjalan ke menuju ke kakak yang berjilbab biru tadi.

" Misi kak, saya disuruh melapor ke kakak. Karena saya telat datangnya tadi kak" ucapku

"Oh iya dek, namanya siapa ?" ucap kakak senior itu ramah.

"Alya Mardiah kak."

"Oke, sebentar pas dalam aula kamu dengar baik-baik kalo kak Hanafi itu bicara ya. Itu tentang tugas yang diberikan untuk kalian yang terlambat hari ini." Jelas kakak senior itu.

"Oh iya terima kasih banyak kak. Saya boleh kembali ke barisan"

"Ya silahkan"

Aku pun kembali ke barisan tadi. Tak lama setelah itu, saya dan semua mahasiswa baru Psikologi diarahkan untuk memasuki Aula. Karena acara pembukaan kegiatan Ospek akan segera dimulai.

Acara pembukaan pun dimulai dengan tarian kemudian sambutan-sambutan oleh ketua panitia ospek, BEM dan dekan Fakultas. Ternyata kakak yang tadi sempat memarahiku itu ketua panitia, namanya kak Hanafi.

Setelah pembukaan selesai, acara Ospek pun berlanjut dari penerimaan materi pertama sampai kedua. Setelah penerimaan materi kedua, memasuki waktu Ishoma. Aku dan teman-teman yang muslim berjalan ke musholla fakultas sambil memegang mukenah. Aku berjalan beriringan dengan dua teman baruku yang mengajakku kenalan tadi, namanya Diah dan Isti. Mereka ternyata sudah berteman sejak SMP...

"Eh bentar kita makan apa yah. Aku lapar banget nih." Ucap Diah

"Hmm, nggak tau deh mau makan apa. Aku belum liat kantin fakultas ada dimana" ucap Isti

"Iya nih, aku juga laper banget. Tadi juga selama materi aku ngantuk bangett tauu"ucapku

"Sama. Aku juga nganttuukk bangett tauu" ucap Diah dan Isti bersamaan

Kamipun tertawa bersamaan.

Setelah melaksanakan shalat Dzuhur, kami pun mencari makan. Akhirnya kami mendapat kantin. Kantin itu hanya berlantai satu, tapi memiliki banyak meja. Di dalam kantin ini terdapat 6 warung dengan menu yang berbeda. Jadi kita bebas memilih mau makan apa.

Setelah selesai makan, kami pun kembali ke aula. Tak lama setelah itu kak Hanafi dan kakak yang memakai jilbab biru tadi memasuki aula sambil memegang kertas.

"tes..tes.. Baik. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh" ucap kak Hanafi

"waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh" ucap kami semua serempak

"baik yang saya sebutkan namanya tolong berdiri di tempat yah" lanjut kak Hanafi

"Muhammad Akmal, Is Purwanti, Lia, Afina Rachma,.........dan Alya Mardiah. Yang saya sebutkan tolong berdiri di tempat duduknya."

Aku pun berdiri karena namaku yang paling terakhir disebut. Ada sekitar 30 orang yang berdiri. Fiuh, setidaknya aku tidak sendiri di sini. Hehehe

"Baik dengarkan baik-baik ya. Untuk kalian yang terlambat, besok kalian harus mengumpulkan review mengenai dua materi tadi. Maksimal 2 halaman, aturan margin 4433 tulis tangan di kertas hvs A4." Ucap kak Hanafi

"Baik kak" ucap kami semua yang berdiri

"silahkan duduk. Selanjutnya saya akan membagikan kelompok kepada kalian. Kelompok ini dibentuk sampai hari terakhir ospek nanti. Setelah saya sebutkan kelompoknya, silahkan membuat baris sesuai kelompok masing-masing"

"Kelompok pertama Dyah Harukmi, Albani..... Kelompok 10 Muhammad Akmal, Ria Elfarini, Istikharah Sodiq, Burhan... Kelompok 12 Alya Mardiah, Jusuf Mustafa, Asep Hanan Siti Rahardian."

Kami semua pun berhamburan mencari teman-teman kelompok kami. Sayang, aku Diah dan Isti tidak dalam kelompok yang sama.

Setelah berbaris dalam kelompok yang sama, kami diberikan games oleh kakak-kakak panitia yang lain. Nama permainannya "urutan kecil sampai besar". Jadi kalau ada clue seperti "yang punya mantan paling banyak" jadi dalam barisan harus berbaris sesuai yang paling sedikit sampai yang paling banyak memiliki mantan. Games ini cukup seru, sampai membuat kami dan kakak panitia lain tertawa. Saat bermain games dengan clue mantan tadi, saya berada di barisan paling depan. Kenapa ? bukan karena mantan saya sedikit, tapi karena saya memang gak punya mantan. Alhamdulillah, wkwkwkwk.

Selepas bermain games tadi, kami diminta untuk berkemas-kemas untuk pulang. Huft, hari pertama Ospek ini cukup melelahkan bagiku. Belum lagi ada tugas tambahan yang diberikan untukku karena aku terlambat datang.

Aku pulang jam 5 sore dengan menaiki Gojek. Sesampainya dirumah, aku memberi salam. Namun tak ada yang merespon. Mungkin Pakde dan Bude ku belum pulang dari kantornya. Kedua sepupu ku juga belum balik dari sekolahnya. Aku pun langsung menaiki tangga menuju ke kamar.

Huft, penat dan terasa lengket sekali badanku ini. Ku segerakan untuk mandi agar terasa segar. Setelah mandi aku mengerjakan tugas yang diberikan oleh kak Hanafi tadi. Sampai selesai mengerjakan tugas, tak terasa waktu sudah memasuki Maghrib. Aku pun segera mengambil air wudhu lalu melaksanakan sholat Maghrib. Setelah sholat, aku menyempatkan membaca AlQur'an beberapa lembar...

SKIP

Keesokan harinya ....





Assalamualaikum...

Selamat membaca ukhti/akhi. 

Jangan lupa untuk vote and comment

Syukron :) 

LamaranWhere stories live. Discover now