First written: December 31st 2013

Finished: June 18th 2016

Deleted: May 3rd 2017

Dulu di tahun 2013, saya sempat berpikir bagaimana caranya agar saya dapat melatih kemampuan menulis saya. Hingga saya teringat rekomendasi paman saya tentang Wattpad, aplikasi untuk menulis dan membaca yang sangat praktis.

Dark and Light adalah cerita pertama yang saya tulis di sini. Berawal dari saya mengunduh aplikasi tersebut dan mengetikkan prolog pertama saya di Hape. Begitu sederhana. Ide yang tertuang di dalamnya sudah saya canangkan bertahun-tahun, dan entah bagaimana kala itu saya cukup nekat untuk mulai menuliskannya dengan sepenuh hati.

Dark and Light mengantarkan saya pada suka dan dukanya sendiri. Sebisa mungkin saya memberikan gambaran sejernih-jernihnya agar para pembaca ikut merasakan fluktuasi emosi seiring berkembangnya plot yang saya tanam. Hal ini juga membawa saya pada pengalaman menyenangkan berimajinasi di genre fantasi dan romansa, dua genre yang belum saya coba sebelumnya. (Sebelum ini saya hanya pernah menulis novel-novel bergenre petualangan.) Menurut saya, fantasi sudah jadi zona yang paling nyaman untuk mengakomodasi kreativitas saya.

Tentunya saya amat bersyukur ketika panitia Wattys 2016 memberikan salah satu penghargaannya pada karya yang paling saya cintai ini. Bagi mereka, Dark and Light adalah Cerita Unik. Saya hanya merangkaikan cerita yang paling berharga di hati saya, dan cerita inilah jadinya. Hal yang membuat saya gembira adalah bila ada pembaca yang dengan tulus mengatakan bahwa cerita ini mengubah hidup mereka. Saya amat bersyukur cerita ini dapat memberi dampak yang begitu besar bagi orang lain. Terima kasih, atas dukungan mereka yang selalu ada semenjak saya mulai menulis di sini.

Entah mengapa, seiring waktu  berlalu, hal yang saya gemari justru beralih menjadi hal yang sangat  mengekang

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Panduan Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Entah mengapa, seiring waktu berlalu, hal yang saya gemari justru beralih menjadi hal yang sangat mengekang. Menulis lambat laun menjadi perkara kapan tulisan itu akan segera dipublish dan dibaca orang lain. Segalanya kini beralih kepada seberapa tinggi frekuensi update yang harus saya penuhi agar tulisan saya tidak mati. Padahal, saya bisa saja menulis tanpa wattpad. Menulis seharusnya pekerjaan yang menyenangkan, bukan yang membebani, apalagi dijadikan ajang untuk memperoleh ketenaran. Bukan ajang maraton untuk memublikasi karya-karya di toko-toko besar. Bukan pula ajang untuk menunjukkan kehebatan. Akhir-akhir ini saya suka tercenung, memikirkan niatan hati saya yang mulai sedikit menyimpang dari esensi lahiriahnya. Memposting sebanyak-banyaknya cerita dan menjadi penulis paling masyhur di Wattpad--tidak pernah menjadi cita-cita saya. Dark and Light dan dunia di dalamnya sudah cukup membuat saya senang. Saya sanggup menorehkan isi imajinasi terliar saya, dan itu sendiri sudah cukup.

Tiga tahun lebih, cerita ini terakses bebas di website yang luar biasa ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih. Terima kasih sudah repot-repot menatap layar gadget untuk menyimak kehidupan Ziella dan Zveon. Terima kasih atas waktu tidur yang terlewatkan selama kalian membaca cerita ini. Terima kasih sudah memberikan vote, comment; dukungan apapun dari kalian amat saya apresiasi. Katakan pada saya jika saya pernah menyinggung hatimu selama penulisan karya ini. Saya minta maaf sebesar-besarnya. (Kadang kala kesabaran saya memang habis begitu saja.) Oleh karena itu, saya meminta izin untuk menghapus cerita ini.

Bukan, bukan untuk diterbitkan, seperti pengumuman lain yang sering kalian temui di buku-buku wattpad pada umumnya. Saya ingin menghapus karena Dark and Light telah memberikan kesannya selama tiga tahun di sini. Selama itu, saya bersyukur dapat menghibur siapa pun yang membacanya. Tidak perlu menunggu cerita ini diterbitkan bagi saya untuk menghapusnya--Oh, mimpi apa saya jika cerita ini benar-benar terbit??! Saya tidak mengharapkan cerita saya dapat sukses setinggi-tingginya di Wattpad. Saya menginginkannya untuk saya sempurnakan berulang kali dan bahkan mungkin benar-benar menggali dunianya lebih dalam lagi. Semua murni karena saya menginginkan yang terbaik untuk cerita ini, dengan tanpa unsur ingin mempopulerkannya dalam lini apapun.

Lalu para pembaca saya tentu akan bertanya ... (terutama mereka yang telah mengikuti publish-an paling baru dari Shine and Shadow--sekuel novel ini) akankah saya melanjutkan cerita ini lagi?

Pasti akan saya lanjutkan. Di mana pun saya berada, ambisi saya selalu menjuntrung pada penulisan karya ini. Tapi tidak mesti di wattpad. Dan tidak mesti saya selesaikan di sini juga. Saya memang ingin menerbitkannya suatu saat nanti, tapi itu masih rencana jangka panjang. Mungkin akan menakjubkan kalau suatu saat nanti versi cetaknya benar-benar ada. (Jangan dulu membayangkan cerita ini difilmkan. Saya tidak tahu bagaimana jadinya XD) Saya hentikan penulisan cerita ini lebih jauh hanya di wattpad. Tidak di dunia nyata.

Apabila hal tersebut di atas masih kurang jelas, ibaratnya saya terlalu 'sayang' dengan cerita saya untuk dibiarkan berada di situs ini. Saya ingin memroses cerita saya dalam privasi dan dalam niatan yang lebih murni. Wattpad saya gunakan hanya untuk bersenang-senang belaka, dan kisah ini semakin memerlukan dedikasi yang sangat serius selama pengerjaannya. Dan, menulis sudah seharusnya menjadi rutinitas yang terus saya geluti tanpa perlu menunggu orang lain akan membaca atau mengapresiasinya. Saya seharusnya lebih mematangkan kemampuan saya. Dan sejauh ini, saya masih mencari jati diri. Ibaratnya seperti gubuk di antara istana-istana megah.

Tentunya saya akan tetap menulis di wattpad. Tuh, ada dua buku lain yang sudah saya publish dari lama. Saya akan rajin menulis cerita-cerita lain. Jadi, jangan khawatir ya. Kalau kalian masih ingin membaca cerita yang kutulis (duh, saya terlalu PD mungkin ya --") tetaplah bersamaku di sini. Tapi kalau kalian kecewa ... aku mengerti kok. Ini konsekuensi yang harus saya terima sepertinya--telah memublikasikan cerita ini dari awal, dan membuat orang lain menunggu. :")

Doakan saya agar terus bisa mengembangkan kemampuan menulis dan bisa menghibur siapapun lewat tulisan yang lebih baik. Boleh juga kalian berharap kisah Fantasia Cosmo bisa tersampaikan seutuhnya suatu saat nanti. Mudah-mudahan.

--Mandascribes.

Dark and Light (Wattys 2016 Winner)Baca cerita ini secara GRATIS!