Menjadi Guru Sehari

70 3 0

Halloha! Hai! Hai! Hello!

Kali ini corat coret tanpa pena bukan update fanfict ya.. ini hanya coretan singkat tentang Menjadi Guru Sehari.

.
.
.
.
.

Apa kalian tau kegiatan apa yang bisa membuat kalian menjadi guru dalam sehari?

Yap. Kelas Inspirasi.

Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar SD, yaitu pada Hari Inspirasi. (http://kelasinspirasi.org/tentangki)

Kelas Inspirasi merupakan aktivitas belajar mengenal beragam profesi. Kegiatan ini dibangun dengan 3 tujuan sederhana:

SISWA
Menyediakan kesempatan bagi siswa-siswa untuk belajar dan membangun imajinasi tentang profesi dan karir di masa depan serta juga memperkuat rasa percaya diri dan tekad untuk terus berjuang mencapai cita-cita.

PROFESIONAL
Menyediakan media untuk kaum profesional meraba, menyentuh dan merasakan langsung tantangan pendidikan di sekolah serta memantik mereka untuk terus terlibat turun tangan dalam ikut membangun kemajuan sekolah.

SEKOLAH
Menyediakan wahana bagi guru, kepala sekolah serta pemangku kepentingan lain di sekolah untuk membangun jejaring dengan kalangan luas yang dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan demi kemajuan sekolah.
(http://kelasinspirasi.org/tentangki)

.
.
.

Jika ditanya satu kata menurut ku bagaimana rasanya mengikuti Kelas Inspirasi, maka jawabannya adalah "Roller Coaster"

Kenapa begitu?

Roller Coaster - Penasaran, takut dan khawatir, menegangkan, dan pastinya menyenangkan.

PENASARAN
Dimulai ketertarikan melihat foto dan cerita teman yang telah mengikuti Kelas Inpirasi jilid 2 di kota ku. Terlihat seru dan menyenangkan, tertawa lepas tanpa beban di kelilingi anak-anak yang polos dengan menggunakan seragam putih merah yang tawa mereka pun terlihat ikhlas. Penasaran dengan kegiatan ini, kegiatan sosial yang terlihat asyik dan menyatu dengan sesama.

TAKUT DAN KHAWATIR
Penasaran diikuti kata pingin ikut terlibat, "asyik ya bisa langsung terjun ke lapangan, berbagi dan bermanfaat bagi sesama" tapi kata takut dan khawatir menyertai. Berinteraksi dengan anak-anak, menjelaskan profesi saya yang hampir semua anak-anak pasti menangis bertemu saya ketika bekerja. Di tambah tidak ada pengalaman mengajar apalagi menginspirasi orang. Niat beli tiket diurungkan, tiket Kelas Inspirasi 3 hangus.

Satu tahun terlewat...

Kelas Inspirasi 4 datang, dan seseorang bilang begini "Ayo coba! Lakukan aja, biarkan mengalir seperti air, yang penting kamu bahagia saat melakukannya!"

Akhirnya saya beli tiket. Daftar di Kelas Inspirasi 4 sebagai inspirator.

Jeda dari pendaftaran lumayan agak lama. Hari pengumuman di tunggu. Tidak terlalu berharap lolos menjadi inspirator, secara saya sangat yakin di luar sana banyak orang-orang inspiratif yang lebih luar biasa.

MENEGANGKAN
Hari pengumuman inspirator, waktunya cek web dan medsos Kelas Inspirasi di kota saya. Mencari nama saya dan Jengjeng! Disana tertera tulisan yang ku yakini nama ku.

Wah, langsung dah pikiran melayang-layang kemana-mana. "Gimana cara aku menjelaskan profesi ku supaya menarik?" "Bagaimana nanti?" otak sudah mulai berpikir tentang ide-ide apa yang seharusnya ku lakukan. Tapi mengambang, tidak pasti, karena ini pengalaman pertama saya. Masih belum tau medan, tidak tau situasinya entar bagaimana.

Menjadi Guru SehariBaca cerita ini secara GRATIS!