Bab 10 Restu Emak

10.5K 1.2K 104
                                    

[Sekarang]

"Lo kenape, Nja? Mesam-mesem kayak lagi kebelet pup."

Akhirnya yang ditunggu dari tadi pulang juga. Gue tersenyum manis, duduk macem putri keraton di sofa ruang tamu. Emak mengunci pintu dan melepas stiletto merahnya. Emak gue tuh. Dandan cantik pakai dress pink cibi-cibi gitu. Emang kudu dikawinin nih emak satu sama Pak Saipul. Lagaknya berdua kayak abege dirundung asmara. Pulang juga tengah malem, orang filmnya siang tadi. Ih, gue nggak iri ya. Siapa bilang?

"Eh, Emak udah pulang. Pak Saipul udah pulang juga?"

"Udah tuh. Besok harus bangun pagi, mau jogging bareng kata Mas Saipul. Ya elah, mana kaki Emak bengkak pake sepatu ginian."

Gue memutar bola mata. Elah, siapa juga tadi yang asal ambil aja stiletto gue. Gue pikir semalem mau minjem sepatu pantofel atau apaan. Ternyata buat kencan. Bengkak sekarang baru tahu rasa. Syukurin deh. Eits, gue nggak iri ya. Gue tegasin.

"Ah elah. Kayak abege aja, jogging sambil pacaran. Eh, pacaran sambil jogging." Gue mematikan saluran TV tengah malem yang gue tonton dari tadi. Tau kan, kalo malem gini iklannya hot-hot apalagi iklan cowok cakep promosiin balon banyak rasa itu. Jadi, kepengen kan cowok cakepnya. Satu gitu bisa dikekepin yang nyata, nggak cuma diimajinasiin doang di mattpad. Lama-lama gue lelah baca cowok fiksi. Itu-itu aja.

"Udah makan lo, Nja?"

Gue mengangguk, menunjuk mangkok kosong di meja habis makan mie instan rasa Pait Kari tadi. Keluaran baru tuh. Makanya gue nyoba. Emang kayak namanya sih, agak pahit gitu rasanya. Tapi kayaknya itu yang jadi ciri khas. Rasanya beda dari yang lain. Semacem punya filosofi sendiri mungkin, kalau dalam hidup itu nggak hanya ada manis-manisnya. Tapi pahit juga harus rasa.

Nggak lagi-lagi gue beli deh. Hidup gue udah pait, masa gue mesti makan yang pait-pait melulu.

"Nih, Mak beliin sosis bakar jumbo. Lo suka sosis, kan?"

Mata gue langsung berbinar waktu Emak menyodorkan kotak besar berlabel 'Sosis : So Big So Hard So Delicious' yang terkenal itu. Wah, favorit gue ini mah. Dari kedai Mbak Miyabi yang di deket SD gue. Mbak Miyabi ini terkenal di kompleks gue karena sosis-sosis yang di kedainya sumpah enak banget. Sosis sapi/ayam yang ukurannya kecil, bisa jadi mengembang besar sampai maksimal di tangan Mbak Miyabi. Maksudnya kalo yang masak Mbak Miyabi. Tapi hebat banget, kan. Bakat yang langka.

Mana cantik, lucu dan impor dari Jepang pula. Maksud gue Mbak Miyabi ini asalnya dari Jepang ke sini mengadu nasib. Nggak heran banyak pemuda kompleks yang sampai ngantri tiap sore di depan kedainya demi bisa ngerasain produk yang Mbak Miyabi sajikan.

"Wow, sosis sapi jumbo extra mayones plus keju. Pake telor juga dua. Ya ampun, Mak. Makasih."

Nah, ini paling spesial. Satu sosis jumbo yang panjangnya bisa 30 cm diameter 5 cm, ada bonus dua telor ayam yang dililit pakai mie keriting, terus digoreng. Gilak, enak banget. Favorit gue ini mah. Mantap dah si Emak. Sering-sering aja kencan sama Pak Saipul, ntar gue dibawain macem-macem. Duh, kenyang perut gue ini mah.

"Eh, iya. Mak, ada yang mau Senja kasih tahu deh."

Ya ampuuun. Gue udah nggak sabar mau ngasih tahu. Kyaaaaaah.

"Makan dulu. Jangan ngomong sambil makan."

Gue mengangguk. Mulut gue juga penuh sosis, nggak bisa ngomong lagi. Ya ampun, rasa daging sapi yang nendang, teksturnya yang kenyal-kenyal lembut berpadu mayones yang asem-asem enak bikin gue merem-melek keenakan.

Pinangan (Mas) EditorTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang