BARU: Tap - cerita-cerita dari obrolan pesan singkat untuk 📲' Sekarang tersedia dalam Bahasa Indonesia
Download sekarang

Peristiwa Rengas dengklok 1

3.9K 0 0

Peristiwa rengas dengklok merujuk pada peristiwa penculikan soekarno dan hatta ke rengas dengklok, yaitu sebuah kota kecil yg terletak di kabupaten karawang, jawa barat. Penculikan tersebut dilakukan oleh kalangan pemuda dg maksud utk mempercepat dilaksanakannya proklamsi kemerdekaan indonesia. Peristiwa ini di latarbelakangi perbedaan sikap antara gologan muda dan golongan tua. Perbedaan tersebut mengenai kapan saat yg tepat utk memproklamasikan kemerdekaan indonesia.

Golongan tua adalah para anggota PPKI yg diantaranya, yaitu soekarno dan hatta. Mereka berpandangan bahwa tanggal proklamsi di sesuaikan dengan ketentuan yg di tetapkan Jepang, yakni 24 agustus 1945. Mereka tidak berani melanggar ketentuan itu karena khawatir akan terjadi pertumpahan darah. Meskipun telah kalah dlm perang, tapi kekuatan militer Jepang di indonesia masih sangat tangguh. Gologan muda adalah kalangan muda yg terdiri dari para mahasiswa dan anggota peta. Mereka memiliki sikap radikal mengenai proklamsi kemerdekaan indonesia. Menurut mereka proklamsi adalah hak rakyat indonesia sendiri dan harus sama sekali lepas dari pengaruh pihak lain, termasuk Jepang. Oleh karena itu, proklamsi kemerdekaan indonesia harus dilaksanakan di luar PPKI yg mereka anggap bentukan Jepang. Sikap golongan muda tsb, disepakati secara bulat dlm rapat di salah satu ruang lembaga bakteriologi di jalan pegangsaan timur, jakarta. Rapat itu di laksanakan tanggal 15 agustus 1945 yg di pimpin oleh chairul saleh. Rapat itu memutuskan utk mendesak soekarno hatta utk memproklamasikan kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 agustus 1945. Pertimbangan keputusan itu adalah:

1. Soekarno hatta adalah dua orang pemimpin yg berwibawa di mata rakyat indonesia. Proklamsi kemerdekaan indonesia yg dilaksanakan oleh mereka akan mendapat dukungan dari rakyat indonesia. 2. Proklamsi kemerdekaan indonesia harus dilaksanakan dengan kekuatan sendiri tanpa pengaruh dari pihak manapun. Tujuannya utk mengangkat wibawa indonesia.

Peristiwa Rengas dengklok 1Baca cerita ini secara GRATIS!