Sahabat Virtual

1.5K 0 0


VIII
Prakata
Jessica Method merupakan metode penciptaan dan eksplorasi
teman imajiner yang belum banyak diketahui oleh umum. Angap
saja dengan membaca buku ini Anda menjadi satu diantara 1000
orang saja di indonesia yang mengetahui metode ini. Pada awalnya
saya ingin menyimpan dan menyempurnakan Jessica Method hingga
awal tahun 2012. Namun rupanya Allah berkehendak lain, bulan
September 2011 ada banyak sekali berita kematian dari rekan dan
kerabat di daerah saya. Saat itulah mulai muncul kesadaran saya
bahwa belum tentu saya masih bisa hidup hingga bulan Januari
2012 untuk berbagi Jessica Method.
Karena dasar itulah saya membiarkan dan mengikhlaskan Anda
semua memiliki buku Jessica Method semata-mata karena ilmu
pengetahuan ini memang hak semua orang termasuk Anda. Tiada
hak bagi saya menyimpannya sendiri secara egois. Saya rasa jelas
bahwa tujuan penulisan Jessica Method adalah semata-mata untuk
berbagi dengan para peminat hipnosis metafisika dan pecinta
pengetahuan baru tentunya.

IX
Buku Jessica Method saya tulis secara sederhana dan ringkas karena
poin terpenting dari memiliki buku ini adalah praktik berdasarkan isi
buku dan audio yang saya sertakan untuk mengasah kemampuan
Jessica Method. Bukan berapa lembar kertas yang Anda baca dan
bukan berapa menit audio yang Anda dengarkan namun
temukanlah berapa ratus eksperimen yang menarik menanti Anda
dengan Jessica Method.
Saya ucapkan selamat membaca, selamat mendengar audio
pelengkap yang saya sertakan dalam paket pembelian buku ini dan
selamat memiliki Jessica !

2
Bab1 – Awal Mula Jessica Method
Dian dan Buto Ijo
Semua kisah tentunya memiliki awalnya sendiri-sendiri dengan
pelaku dan ragam cerita yang beragam dengan segala keunikannya.
Demikian juga dengan metode Jessica, ada cerita yang mengawali
yaitu dari kisah iseng yang terjadi antara pertengahan tahun 2007
saat saya masih berdomisili di Yogyakarta. Di masa itu saya tinggal di
sebuah kontrakan kecil bersama dengan beberapa orang teman satu
daerah saya sekaligus teman SMU dan juga beberapa teman SMP
saya.
Dian (bukan nama sebenarnya) adalah salah seorang penghuni
kontrakan yang juga teman akrab saya tentunya. Tidak seperti
teman – teman lainnya, Dian memiliki kebiasaan yang secara umum
dianggap kurang baik yaitu hampir setiap malam dihabiskan dengan
mabuk-mabukan bersama teman-teman nongkrongnya. Secara
umum teman kontrakan lainnya tidak merasa terganggu karena
Dian hanya mabuk-mabukan diluar area kontrakan saja dan tidak
membawa dampak secara langsung pada rekan lain di kontrakan.

3
Disinilah kami menyebutnya toleransi atau saat itu lebih tepatnya
mendiamkan perilaku rekan karena belum ada kepentingan
terhadap perubahan perilaku tersebut.
Suatu ketika orang tua Dian menelepon saya untuk menanyakan
perilaku anaknya apakah sama dengan yang dilaporkan oleh Dian
atau sebaliknya. Tampaknya orang tua Dian tidak begitu yakin
dengan pengakuan Dian yang mengatakan kepada orang tuanya
kalau di Yogyakarta dia rajin kuliah dan rajin beribadah. Sebagai
teman ada terlintas keinginan dalam diri saya untuk berbohong
kepada orang tua Dian dengan mengiyakan pernyataan Dian
terhadap mereka namun isak tangis ibunya saat bertanya yang
memohon dengan sangat kebenaran berita tersebut mencegah saya
menjadi teman yang baik bagi Dian. Hari itu saya menceritakan
kejadian yang sesungguhnya dan tentu saja isak tangis sang orang
tua semakin menjadi-jadi karena perilaku Dian sejak SMU belum ada
perubahan ke arah positif namun justru mengarah kepada level
yang jauh lebih negatif. Saya yang saat itu sudah mendalami tentang
beberapa metode pengembangan diri mulai tergerak untuk
mengulurkan tangan kepada Dian dan terutama untuk orang tuanya

4
agar tidak lagi bersedih dengan tindakan anaknya. Yah meskipun
saya bisa membantu toh selama ini Dian sedang “tidak butuh”
bantuan dari saya atau rekan karena meyakini bahwa hidupnya
normal saja. Sebelum menutup pembicaraan telepon saya berkata
pada orang tua Dian, “Beri saya kepercayaan dan waktu selama
sepuluh hari, insyaallah saya akan berusaha membuat Dian kembali
kepada kehidupan yang lebih positif dalam segala bidang”. Entah
karena sekedar menghargai permintaan saya atau mereka memang
tulus, saat itu saya diberi kepercayaan tersebut atau jika saya gagal
maka Dian akan dipaksa pulang kampung tanpa akan ada lagi
kesempatan melanjutkan kuliah dengan pembiayaan dari kedua
orang tuanya.
Strategi “Saving Private Dian” dimulai. Untuk membuat perubahan
yang diinginkan oleh orang tua Dian maka pada tahap awal saya
akan melakukan pengamatan terhadap apapun yang sangat
dipercayai oleh Dian sebagai hal yang sangat sakral dan menyentuh
nilai pribadinya dalam bertindak. Jika nilai ini bisa saya tangkap
salah satunya saja, kemungkinan besar perubahan drastis akan
terjadi dalam diri Dian sesuai rencana. Setelah saya selidiki seharian

5
penuh melalui obrolan ringan dan pengakuan Dian yang polos tanpa
kecurigaan, saya mendapati beberapa poin yang kemungkinan besar
bisa saya manfaatkan untuk memengaruhi tingkah perilaku Dian.
Salah satunya adalah fakta bahwa Dian sangat takut dan sangat
percaya dengan hal-hal “metafisika”.
Dua hari berikutnya di sebuah malam yang hening saya dan Dian
sedang bercanda ringan dan ngobrol di kamar Dian. Rekan lain
sebagian kelayapan dan beberapa lainnya berdiam di kamar masingmasing.
Ada pula dua rekan rajin berteriak-teriak sambil bermain
game Play Station. Saya mulai jalankan strategi saya untuk
memengaruhi Dian malam itu. Saya mulai membuka pembicaraan
tentang kisah dimana ada beberapa orang yang mampu
menyaksikan keberadaan “makhluk lain” dengan mata telanjang.
Dan tepat seperti dugaan saya, Dian sangat tertarik menyimak
cerita-cerita bertema mistis yang saya suguhkan malam itu. Salah
satu yang saya ceritakan kepadanya adalah bahwa saya juga
memiliki kemampuan melihat makhluk halus, dan Dian percaya juga
he he he…
Malam itu terjadilah serangkaian percakapan sebagai berikut.

6
Dian : “Jadi kalau di kontrakan ini ada ndak makhluk halusnya?”
Anam : “Jelas ada, sama seperti semua tempat lain di dunia ini.”
Dian : “Oh ya, bagimana nih wujud mereka? Ada yang suka
ganggu ndak?”
Anam : “Sebentar ya…” (memandang penuh perhatian ke arah
telinga kiri luar Dian)
Dian : “Gimana? Ada makhluk halus yang terlihat?”
Anam : “Dian aku melihat sesuatu di belakangmu” (dengan nada
serius tanpa mengalihkan fokus pandangan mata)
Dian : “Apa itu yang di belakangku?” (dengan raut muka
ketakutan dan mulai mendekatkan duduknya ke arah saya)
Anam : “Aku tidak tahu tapi wujudnya sangat menyeramkan.
Sepertinya dia mengikutimu sudah sejak lama.”
Dian : “Jangan menakut-nakuti ah.” (dengan raut muka semakin
ketakutan)
Anam : “Dia sudah lama mengikutimu, bahkan saat ini auramu
kelihatannya sudah bercampur dengan aura makhluk ini.
Apa kamu sering melakukan hal-hal buruk yang
bertentangan dengan hati nuranimu selama ini? Jika iya,
dialah yang bertanggung jawab atas semua hal buruk yang
kamu lakukan.”

7
Dian : “Iya betul, betul… Aku sering merasa dikendalikan oleh
kekuatan lain yang mengajakku berbuat banyak hal yang
aku tidak suka.” (dengan wajah serius)
Anam : “Oke sudah jelas sekarang makhluk inilah dalangnya.”
Dian : “Bagaimana sih wujud makhluk yang selama ini merusak
suasana hatiku? Dia jahat ndak ya?”
Anam : “Seluruh permukaan kulitnya berwarna hijau tua. Matanya
merah melotot ke arahku sepertinya dia benci sekali
denganku. Dia tidak berpakaian hanya mengenakan celana
pendek kolor berwarna kuning. Rambutnya acak-acakan
dan gondrong.”
Dian : “Ih serem ah…” (duduk semakin mendekat ke arah saya)
Anam : “Tenanglah setidaknya sekarang kamu tahu bahwa kamu
tidak sepatutnya merasa tidak nyaman atas hal-hal yang
terjadi diluar kehendakmu.”
Dian : “Bisakah kamu minta dia pergi dari hidupku? Aku sudah
muak menjalani kehidupan yang aku tidak pernah
inginkan? Kumohon… “
Anam : “Aku coba berkomunikasi dengannya tapi tampaknya dia
tidak mau pergi dari dirimu.”
Dian : “Lalu apa yang harus aku lakukan sekarang?”

8
Anam : “Bukankah selama ini dia numpang dalam hidupmu?
Seharusnya kamu bisa gantian memanfaatkan
keberadaannya. Nyatanya dia tidak mau pergi pasti dia
butuh sesuatu dari dirimu selama ini.”
Dian : “Memangnya bisa seperti itu?”
Anam : “Bisa banget, selama ini kan kalian sudah bersama-sama
hanya mungkin kamunya yang tidak pernah komunikasi
dengan dia. Coba deh kamu pejamkan mata lalu niatkan
untuk mengijinkan sosoknya muncul dipandanganmu.”
Dian : (memejamkan matanya dan terdiam agak lama)
Anam : “Beri dia nama, sekedar untuk memudahkan
pemanggilannya.”
Dian : “Iya samar-samar aku sudah mulai bisa melihat wujud dan
gerakannya. Aku namakan dia Buto Ijo.”
Anam : “Kalau kamu mau mencoba hal lain, minta dia menyentuh
badan kamu agar kamu tahu dia nyata.”
Dian : “Iya dia menempelkan telapak tangan kanannya di
punggungku. Aku bisa rasakan tangannya halus dan dingin
sekali rasanya.”
Anam : “Kenapa kamu tidak membuka mata dan membiarkan
wujud Buto Ijo lebih jelas terlihat dengan mata terbuka?”

9
Dian : (perlahan membuka mata dan menoleh ke arah belakang
tempat yang tadinya saya katakan merupakan posisi Buto
Ijo)
Anam : “Apa yang kamu lihat Dian?”
Dian : “Ya Allah dia ternyata benar ada…. “ (dengan nada suara
agak tercekat)
Anam : “Apakah kamu merasa takut saat ini?”
Dian : “Tadinya iya, tapi kok sekarang biasa aja ya? Cuma agak
aneh aja aku melihat sosok seperti itu di dalam kamarku
dan aku tahu itu bukan manusia.”
Anam : “Dian, saatnya kamu tunjukkan pada si Buto Ijo siapa yang
jadi Bos dan siapa yang jadi bawahan. Beri dia perintah
agar kamu terlepas dari kendali sesatnya.”
Dian : “Bagaimana caranya aku memberi perintah kepada Buto Ijo
ini? Ada saran?”
Anam : “Cobalah komunikasi lewat batin saja sebut namanya dan
minta dia melakukan satu hal dengan spesifik. Satu hal
saja biar ketahuan berhasil tidaknya”
Dian : (terpejam sejenak sambil tersenyum kecil)

10
Karena waktu sudah hampir dini hari saya pamitan untuk tidur di
kamar saya. Dan hingga saat saya pamitan Dian belum bercerita
tentang “perintah” apa yang di berikan kepada Buto Ijo tadi. Tak
apalah toh bukan urusan saya juga, dan strategi saya untuk
membuat Dian berubah perilaku buruknya sudah bisa dibilang
berhasil ditahap pertama. Saya tidak pernah benar-benar melihat
Buto Ijo milik Dian tadi, bahasa sederhananya adalah “saya
berbohong”. Rencana saya adalah dengan menyalahkan sosok Buto
Ijo yang sebenarnya tidak pernah ada untuk memberi tahu Dian
secara tidak langsung bahwa jika dia meneruskan semua
kegiatannya yang kurang positif sama halnya dia membiarkan
dirinya dikuasai makhluk jahat berupa Buto Ijo tersebut. Mana ada
orang yang mau dikatakan dikuasai makhluk jahat, dan dari
pengakuannya malam itu ternyata Dian juga sebenarnya juga tidak
nyaman dengan perilaku pribadinya selama ini mungkin dia hanya
perlu seseorang untuk mengarahkannya. Saya pribadi tidak pernah
menyalahkan Dian atas perilakunya, tetapi malam itu saya
mengkambinghitamkan Buto Ijo sehingga tidak akan dianggap
sebagai kalimat yang menyerang perilaku Dian secara langsung.

11
Karena sangat mengantuk dalam sekejap kesadaran saya sudah
berada di pulau kapuk indah mencetak pulau-pulau baru
berkanvaskan bantal. Saya tertidur pulas. Belum genap satu jam
saya terlelap tiba-tiba terdengar teriakan histeris dari kamar
sebelah. Langsung saja mata saya yang berat menjadi terang
seketika dan bergegas lari menuju arah suara. Di kamar sebelah ada
Doni ( bukan nama sebenarnya ) yang duduk dipinggiran kasur busa
dengan muka yang sangat ketakutan atau lebih tepatnya sangat
panik. Padahal tadi sebelum saya tidur Doni masih asyik tertawatawa
sambil bermain Play Station. Rekan lainpun segera
berdatangan karena kaget dengan teriakan histeris Doni barusan.
Rekan : “Ada apa Don kok mukamu sampai pucet kayak gitu?”
Doni : “Bentar aku ambil napas dulu…” (sambil berusaha
mengatur napasnya yang tersengal sengal)
Rekan : “Ntar ceritain pelan-pelan aja siapa tahu kita bisa bantu.”
Doni : “Ndak ada masalah kok. Tadi barusan aku mimpi serem
banget sampe kayak nyataaaa banget aku alami.”
Rekan : “Mimpi kayak gimana tuh? Ceritain dong…”
Doni : “Tadi aku mimpi reuni dengan temen-temen SMU dulu. Aku
seneng banget. Lalu mereka semua mengitariku dan

12
memeluk aku rame-rame. Tapi kemudian… “ (mukanya
kembali pucat)
Rekan : “Kenapa? Lanjutin dong ceritanya…”
Doni : “Pas aku dipeluk rame-rame, tiba-tiba mereka semua
berubah jadi makhluk yang serem banget. Semua yang
memeluk aku kulitnya berubah menjadi hijau tua, mata
mereka melotot berwarna merah dan mereka ndak pake
baju. Cuma pakai semacam kolor yang warna warni. Wis
pokoke serem banget.”
Dan pembicaraan tentang mimpi Doni semakin ramai, sementara
saya melihat Dian yang juga berdiri disitu tersenyum simpul ke arah
saya yang cukup untuk mewakili ratusan kata yang membuat saya
berkesimpulan negatif. Ada yang tidak beres dari kejadian ini. Esok
harinya saya temui Dian selepas sarapan gudeg di pagi hari. Saya
mulai berbincang ringan dengan Dian.
Anam : “Dian kalo boleh tau tadi malem apa sih yang kamu
perintahkan ke Buto Ijo?”
Dian : “Loh kan sudah jelas, masa masih nanya?”
Anam : “Jelas bagaimana maksudmu?”

13
Dian : “Yang terjadi pada Doni adalah akibat perintahku ke Buto
Ijo he he.. “
Anam : “Astaghfirulloh… “ (melongo tidak tahu harus komentar apa
lagi)
Dari pembicaraan pagi itu tiba-tiba keinginan saya meneruskan
strategi “Saving Private Dian” menjadi lenyap. Saya malah sibuk
memikirkan mengapa kejadian Doni bisa terjadi jika benar Dian yang
melakukannya. Berbagai pertanyaan dan tebakan mulai
berseliweran memenuhi benak saya mulai hari itu. Setidaknya ada
beberapa hal yang saya pertanyakan karena keterbatasan
pengetahuan dan pengalaman saya waktu itu.
1. Mungkinkah Buto Ijo berubah menjadi realita di dalam diri
Dian?
2. Makhluk apa sebenarnya yang mengganggu Doni?
3. Adakah campur tangan makhluk gaib dalam peristiwa tadi
malam?
4. Bisakah makhluk imajiner seperti Buto Ijo benar-benar
masuk dalam mimpi orang lain?
5. Apakah fenomena tersebut bisa diulang ataukah hanya
kebetulan semata?

14
Tentunya dalam buku Jessica Method yang Anda pegang saat ini kita
akan mengulas fenomena awal ini dengan pola pikir yang lebih
terbuka dan mudah dipahami. Berbeda dengan kebingungan saya di
masa lampau saat pertama kali mengamati dan menerka-nerka
tentang apa yang terjadi pada Dian dan Doni tanpa penjelasan yang
memuaskan. Silakan teruskan membaca dan dapatkan berbagai
jawaban yang memuasakan keingintahuan Anda dan tentunya
menggembirakan bagi Anda mulai sekarang.
Asal Nama Jessica
Sudah hampir dua tahun berlalu sejak peristiwa Dian dan Doni
namun rasa penasaran saya masih sering muncul atas kejadian
tersebut. Suatu ketika di awal tahun 2009 saya bersama seorang
saudara saya sedang berada di Semarang untuk membawakan
sebuah training bertema parenting. Tidak ada yang istimewa dari
kegiatan hari itu selain para peserta parenting yang terlalu
bersemangat dan bercanda riang selama belajar bersama dalam
pelaksanaan training tersebut dari pagi hingga sore hari.
Sore harinya saya dan Herman (bukan nama sebenarnya) saudara
saya terlibat pembicaraan menarik di lobi hotel tempat kami

15
menginap sambil menikmati kopi panas dan camilan beraneka rupa
tentunya. Entah kenapa sore itu kami membahas lagi tentang Dian
dan Doni yang notabene dulu satu kontrakan dengan kami saat
masih di Yogyakarta. Kepada Herman sayapun ceritakan detail yang
saya ketahui tentang Dian dan Doni sebatas apa yang saya bicarakan
dan saya amati saat itu. Herman menyimak cerita dan ulasan yang
saya sampaikan dengan tenang dan penuh dengan pandangan
penasaran. Hingga ditengah pembicaraan seru tersebut Herman
mulai bertanya kepada saya tentang hal yang belum pernah saya
pikirkan sebelumnya.
Herman : “Nam, bisa ndak hipnosis membuat efek Buto Ijo dengan
format yang lebih nyata dan menarik?”
Anam : “Maaf, bisa diperjelas pertanyaanmu barusan?”
Herman : “Maksudku, misale aku dibuatkan semacam Buto Ijo
dengan bentuk yang lebih indah bisa ndak? Pakai hipnosis
juga boleh asal hasilnya bagus.”
Anam : “Bisa dong…. Mau coba sekarang? “ (sambil mikir garagara
asal ceplos)
Herman : “Boleh… Serius loh ya jangan bercanda kayak biasanya…”
Anam : (senyum sambil merem dan bingung mikir strategi)

16
Kami bergegas kembali menuju kamar hotel dengan tujuan segera
memulai prosesi instalasi Buto Ijo versi hipnosis untuk pertama
kalinya. Herman berperan sebagai kelinci percobaan gratis
tentunya. Prosesi standar saya mulai menggunakan induksi Dave
Elman untuk mengarahkan Herman menuju Somnambulisme secara
perlahan. Dan tentu saja saya sambil puyeng memikirkan cara
membuat Buto Ijo versi baru yang saya janjikan pada Herman. Loh
ide belum ada yang mampir di kepala saya kok Herman sudah
masuk kondisi trance Somnambulisme, saya masih butuh tambahan
waktu buat mikir. Akhirnya Ultra Height menjadi pilihan untuk
perpanjangan waktu. Saya arahkan Herman menuju level Ultra
Height yang konon bisa melipatgandakan level kesadaran seseorang
di atas kondisi normal.
Alhamdulillah saat Herman baru saja mencapai trance level Ultra
Height sudah ada ide yang nongkrong di kepala saya. Saya putuskan
untuk menduplikasi struktur pembuatan Buto Ijo pertama bersama
Dian dulu dengan beberapa modifikasi tentunya. Eksperimen
pembuatan Buto Ijo versi baru memakan waktu selama satu jam

17
penuh dengan partisipasi aktif dari Herman yang dari awal memang
sebagai pencetus ide eksperimen ini. Dan Alhamdulillah eksperimen
pembuatan Buto Ijo versi baru membuahkan hasil yang sangat
memuaskan. Saya lakukan wawancara singkat dengan Buto Ijo versi
baru alias Jessica yang dibuat oleh Herman barusan yang saat itu
masih berada dalam kondisi trance hipnosis. Berikut ini kurang lebih
hasil wawancara saya dengan Jessica.
Anam : ”Herman, tolong sampaikan ke Jessica bahwa saya ingin
berkomunikasi dengannya. Tugasmu adalah sebagai
perantara yang menyampaikan ulang jawaban Jessica
kepada saya jika dia bersedia menjawab. Tolong tanyakan
kesediaannya ya.”
Herman : “Dia bilang dia bersedia, silakan mulai bertanya”
Anam : “Jessica, apakah kamu punya nama lain selain yang
diberikan Herman padamu?”
Jessica : “Tidak.”
Anam : “Jessica, berapa usia kamu kalau boleh tahu?”
Jessica : “Dua puluh empat tahun”
Anam : “Bukankah Herman baru berusia dua puluh tiga tahun? Jadi
kamu lebih dahulu ada begitukah?”

18
Jessica : “Tidak. Kami selalu bersama usiaku dihitung dari awal
penciptaanku dan Herman usianya dihitung sejak
dilahirkan ibunya.”
Anam : “Jadi kamu itu sebenarnya apanya Herman?”
Jessica : “Saya bagian dari diri Herman.”
Anam : “Kalau begitu selama ini kamu berada di mana?”
Jessica : “Saya ada di dalam diri Herman, jauh di dalam.”
Anam : “Oke. Kalau misalnya Herman tidak memanggilmu hari ini
apakah kamu juga akan tetap muncul?”
Jessica : “Tidak, saya akan diam di tempat saya jauh di dalam.”
Anam : “Di dalam apa sih yang kamu maksud dari tadi Jessica?”
Jessica : “Saya tidak bisa jelaskan tetapi letaknya jauh di dalam diri
Herman.”
Anam : “Baiklah, saya tidak mengharuskan kamu menjawab kok.
Lalu selama berada di dalam tempat itu ni kamu ngapain
aja selama ini?”
Jessica : “Saya berdiam diri saja.”
Anam : “Lalu apakah ada Jessica Jessica lain selain kamu di dalam
diri Herman?”
Jessica : “Ada banyak, mereka juga diam selama ini.”
Anam : “Jadi bisakah Herman memanggil Jessica lainnya?”

19
Jessica : “Saya tidak tahu, kenapa tidak coba langsung saja?”
Anam : “Mungkin nanti saja deh. Kamu tahu bahwa Herman ini
seorang muslim?”
Jessica : “Iya saya tahu.”
Anam : “Jadi, apakah kamu juga menyembah Tuhan yang sama
dengan Herman?”
Jessica : “Tuhan? Saya tidak tahu”
Anam : “Loh, jadi kamu tidak menyembah Tuhan?”
Jessica : “Herman menyembah Tuhan, saya tidak.”
Anam : “Jessica kenapa kamu tidak menyembah Tuhan?”
Jessica : “Saya tidak tahu.”
Anam : “Lalu siapa penciptamu Jessica?”
Jessica : “Saya tidak tahu, saya ada sejak Herman ada.”
Anam : “Oke Jessica, jadi seperti apa wujud kamu sebelum
sekarang?”
Jessica : “Saya ada tapi tak berwujud.”
Anam : “Nah kalau begitu kenapa sekarang kamu berwujud di
hadapan Herman?”
Jessica : “Karena dia memberiku wujud yang diinginkannya.”
Anam : “Jadi, kamu bisa ngapain aja Jessica?”
Jessica : “Banyak hal, selama Herman meninta saya melakukannya”

20
Anam : “Apa saja contohnya biar saya lebih paham kemampuan
kamu?”
Jessica : “Tadi Herman mengijinkan saya untuk menjadi teman saat
dia kesepian atau butuh teman bicara baginya, berubah
bentuk atas kehendaknya dan juga datang setiap kali
dipanggil”
Anam : “Menarik, kok bisa kamu berubah wujud sedangkan
awalnya kamu kan tidak berwujud?”
Jessica : “Bisa saja, ini karena Herman mengijinkan saya berubah
wujud.”
Anam : “Jika diminta menjadi wujud orang lain misalnya
menyerupai artis di televisi apakah kamu bisa”
Jessica : “Bisa jika Herman mengijinkannya”
Anam : “Nah dari mana kamu tahu wujud yang diinginkan Herman
sedangkan kamu belum pernah melihat wujud tersebut?”
Jessica : “Anda lupa ya? Saya itu bagian diri Herman. Saya tahu
semua hal yang Herman tahu. Asal Herman pernah melihat
wujud yang dimaksud maka saya bisa menjadi wujud
tersebut”

21
Anam : “Hmmm saya berkali-kali dengar kamu mengatakan kata
Jika Herman mengijinkan. Memangnya kalau Herman
ndak mengijinkan terus bagaimana?”
Jessica : “Saya hanya melakukan apa saja yang diperintahkan dan
diijinkan Herman. Selain itu saya diam.”
Anam : “Kalau Herman sedang merasa sendirian berarti Jessica
datang menemani, begitukah?”
Jessica : “Hanya jika dipanggil oleh Herman”
Anam : “Loh, kalau tidak dipanggil gimana?”
Jessica : “Saya tetap diam di dalam”
Anam : “Bukannya salah satu tugas kamu adalah menemani
Herman?”
Jessica : “Hanya jika dipanggil oleh Herman”
Anam : “Misalnya Herman dalam bahaya, ndak sempat manggil
gimana?”
Jessica : “Semoga tidak terjadi. Saya datang hanya jika dipanggil
oleh Herman”
Anam : “Oke saya sedikit paham. Lalu apakah orang lain juga
memiliki Jessica seperti kamu?”
Jessica : “Siapa misalnya?”

22
Anam : “Misalnya saya. Apakah ada kemungkinan saya memiliki
Jessica saya sendiri?”
Jessica : “Anda sudah punya tapi tidak pernah diberi nama dan
diberi wujud. Panggil maka dia pasti datang.”
Anam : “Jawaban kamu ini atas dasar apa? Memangnya kamu bisa
tahu dari mana kalau saya juga bisa punya Jessica?”
Jessica : “Semua manusia punya jika mau memanggilnya. Anda
manusia juga kan?”
Anam : “Alhamdulillah saya masih merasa menjadi manusia. Lalu
bagaimana cara saya memanggil Jessica saya jika benar
saya memang punya?”
Jessica : “Tentukan wujudnya, beri nama lalu panggillah dengan
berteriak. Bukan memanggil dengan mulut tetapi panggil
dengan suara dari titik tengah diantara alis.”
Anam : “Barusan saya nyoba. Kok tidak terjadi apa-apa?”
Jessica : “Anda memanggil, tapi belum menentukan wujudnya”
Anam : “Darimana kamu tahu kalau aku belum menentukan
wujudnya?”
Jessica : “Karena jika Anda memanggilnya sayapun ikut
mendengarnya dengan jelas”

23
Anam : “Loh apa ini? Apa Herman mengijinkan program membaca
pikiran seperti itu?”
Jessica : “Bukan, sesama Jessica bisa saling mendengar ketika
seorang pemilik tubuh memanggil Jessicanya. Barusan
saya ikut mendengar Anda memanggil Jessica Anda
dengan nama yang sama dengan saya. Sebaiknya cari
nama lain saja.”
Anam : “Oh begitu ya rupanya. Kali ini saya rasa cukup deh.
Terima kasih sudah bersedia berkomunikasi dengan saya.”
Jessica : “Dengan senang hati”
Anam : “Jessica bagaimana dengan kesadaran Herman?”
Herman : “Ini aku, Herman. Jessica sudah aku minta pergi.”
Anam : “Selama proses wawancara tadi apa yang kamu alami
Herman?”
Herman : “Aku merasa tenggorokanku tertindih suara lain. Tapi aku
tetap sadar dan dalam kendali penuh. Jessica berdiri di
depanku atau tepatnya disebelah kiri tempat kamu
duduk.”
Anam : “Lalu bagaimana kesanmu terhadap pengalaman
barusan?”

24
Herman : “Aku akan panggil Jessica setiap hari untuk
menemaniku.”
Saat itu saya langsung meminta ijin kepada Herman untuk
menggunakan data eksperimen yang barusan kami lakukan
termasuk menggunakan nama Jessica sebagai nama metode yang
berusaha saya kembangkan tersebut. Dan seperti dugaan saya,
Herman menyetujuinya tanpa ragu. Dari wawancara singkat dengan
Jessica, ada beberapa kesimpulan dan dugaan yang muncul terkait
fakta dan kemungkinan pengembangan metode baru ini dalam
berbagai bidang yang meluas. Beberapa kesimpulan awal yang patut
kita garis bawahi bersama adalah :
. Semua orang berpotensi memiliki Jessicanya sendiri
. Jessica adalah bagian diri seseorang
. Jessica ada sejak manusia dalam kandungan
. Jessica tidak akan merespon sebelum “diciptakan” oleh
pemiliknya
. Jessica hanya bisa berbuat sesuatu atas kehendak pemiliknya
. Jessica tidak memiliki kuasa lebih atas pemiliknya
. Jessica hanya datang dan pergi atas permintaan pemiliknya

25
. Jessica bisa dibuat sesuai dengan wujud dan kemampuan
tertentu yang dikehendaki pemiliknya.
. Ada lebih dari satu Jessica yang bisa dimiliki satu seorang.
. Ada cara lain untuk memanggil Jessica selain menggunakan
hipnosis.
Nah berbagai kesimpulan sementara di atas akan kita ulas dan
buktikan selengkapnya pada bagian lain dari buku ini. Kesimpulan
dari satu pengalaman saja belumlah cukup untuk membuat sebuah
metode diakui keefektifannya. Oleh karena itu ulasan dalam buku
ini akan mengetengahkan kisah, metode dan keunikan Jessica
Jessica lainnya yang saya teliti hingga saat ini dan masih terus
berlanjut. Hanya setelah Anda siap menerima pengetahuan baru
dengan gaya yang menyenangkan dan berkesan positif bagi diri
Anda, silakan mulai lanjutkan membaca.

26

27
Bab 2 – Mengenal Jessica
Berbagai Dugaan Tentang Jessica
Seperti semua hal baru lainnya, Jessica juga memiliki tanggapan pro
dan kontra saat pertama kali saya sampaikan ke masyarakat luas.
Untuk pendapat yang pro tidak usah dibahas, namanya juga sudah
pro. Sedangkan pendapat kontra saya hargai sebagai keberagaman
pendapat dan pola penilaian manusia yang tidak mungkin sama
persis. Yah sangat wajar, bahkan dulu Nabi Muhammad yang
judulnya adalah utusan Tuhan saja awalnya dihujat sebagai orang
gila dan sesat saat pertama kali membawa ajaran islam apalagi saya
hanya seorang Saiful Anam dengan segala keterbatasan saya.
Berbagai dugaan dan persepsi tentang metode Jessica akan kita
bahas untuk menunjukkan betapa metode Jessica ini merupakan
metode yang terbuka yang sangat bisa di kritik, dibahas atau bahkan
disempurnakan sesuai dengan pemahaman Anda dari awal. Mari
perkaya pemahaman kita dengan beberapa dugaan yang tersaji
berikut ini seputar apa dan siapa sebenarnya Jessica itu.

28
Makhluk Halus
Bukan Indonesia namanya kalau kata “makhluk halus” tidak masuk
di urutan dugaan pertama. Biasanya juga selalu di ikuti dengan
fatwa haram juga he he he… Anda orang Indonesia? Lanjutkan
membaca dengan ceria. Mari kita cermati bersama tentang ciri
makhluk halus yang dipercaya secara luas di masyarakat sebelum
diperbandingkan dengan metode Jessica yang akan Anda kuasai
segera setelah selesai membaca buku ini.
Dalam banyak kepercayaan di Indonesia makhluk halus identik
sebagai nama lain dari jin, setan atau makhluk non fisik yang
sifatnya mengganggu. Gangguan yang ditimbulkan beragam mulai
dari rasa takut, rasa was-was, penampakan atau berupa bisikan
yang menyesatkan tindakan dan perilaku manusia menjadi semakin
jauh dari kata baik. Ada beberapa yang mengagungkan para
makhluk halus dan memperlakukan selayaknya Tuhan yang patut
disembah-sembah serta ada pula yang memusuhinya. Saya
termasuk pengecualian, saya takut dengan makhluk halus, mungkin
efek berbagai film di bioskop akhir-akhir ini dengan segala varian
makhluk halus nusantara mulai dari Pocong Ngesot hingga Suster
Ngesot he he he…

29
Saya bukan seorang ahli dibidang makhluk halus maka saya tidak
berani berpendapat bahwa Jessica termasuk atau tidak termasuk
makhluk halus. Untuk mencapai pemahaman yang lebih adil ada
beberapa hal yang saya ingin Anda jawab dari hati Anda agar
pemahaman apakah Jessica layak dikategorikan sebagai makhluk
halus atau tidak. Apapun kesimpulannya nanti adalah murni berasal
dari pemikiran diri Anda. Silakan baca pertanyaan berikut dan
jawablah dengan jujur.
Jika Anda adalah makhluk halus, kira-kira apakah Anda….
. Bersedia diminta datang dan pergi oleh seseorang yang tidak
melakukan pertukaran manfaat apapun dengan Anda (ya /
tidak)
. Bersedia diatur dan diperintah oleh seseorang seolah Anda
adalah budaknya (ya / tidak)
. Bersedia dibatasi dan diatur segala kemampuan dan
ketidakmampuan Anda (ya / tidak)
. Bersedia menerima segala perlakuan seseorang tanpa bisa
melakukan protes (ya / tidak)
*Coret yang tidak perlu

30
Nah sekarang perhatikanlah jawaban yang sudah Anda buat. Ingat
konteks dari pertanyaan di atas adalah jika seandainya Anda adalah
makhluk halus itu sendiri. Tidak ada jawaban yang benar atau salah,
yang ada hanyalah perbedaan kunci jawaban di tiap kepala. Nah jika
kunci jawaban di kepala saya dijadikan rujukan maka saya bisa
membantu Anda membuat kesimpulan singkat berdasarkan
jawaban Anda.
. Dominan menjawab Ya, maka kemungkinannya Anda adalah
jenis makhluk halus yang baik hati banget atau bisa jadi jenis
makhluk halus yang bodoh tak tertolong lagi. Jelas
pertanyaan di atas semuanya berpotensi melanggar HAMH
(Hak Asasi Makhluk Halus).
. Dominan menjawab Tidak, maka kemungkinannya Anda
adalah makhluk halus yang pintar, jujur dan memiliki hak
untuk bebas. Bahkan manusia yang katanya makhluk paling
mulia normalnya akan sangat terganggu dan pasti menjawab
Tidak apalagi makhluk halus yang derajat kemuliaannya
diyakini dibawah manusia mestinya secara normal akan
menjawab Tidak Banget.

31
Dan jika ada yang menjawab dominan Ya, saya ingin ketemu dengan
orangnya. Mau saya manfaatkan habis-habisan tentunya. Andakah
orangnya yang menjawab dominan Ya? Saya kira akan ada seorang
pembaca yang meralat jawabannya menjadi dominan Tidak, boleh
kok. Nah lalu apa hubungannya dengan Jessica? Jessica merupakan
jenis entitas yang akan menjawab Ya semua pertanyaan di atas.
Jessica bersedia dipanggil atau diminta pergi sesuka hati pemiliknya,
tidak pernah ada pertukaran manfaat dua arah dengan pemiliknya
dan lain – lain. Jadi jika Jessica Anda golongkan ke dalam jenis
makhluk halus, sebut saja Jessica sebagai makhluk halus yang
bodohnya tak tertolong lagi. Cukup melegakan bukan?
Teman Khayalan
Ada beberapa anak di berbagai belahan dunia mengalami masa kecil
yang indah di mana setiap hari yang dilaluinya semuanya terasa
indah karena seolah memiliki seorang teman yang sangat
menyenangkan. Tetapi di saat yang sama lingkungan mereka merasa
khawatir dan bertanya, “Kamu kok ngomong sendirian?”. Bisa jadi
itu tanda menuju kegilaan namun kita lebih sering menyebutnya
sebagai teman khayalan. Teman khayalan biasanya tercipta dari

32
kebutuhan pemenuhan ego seseorang yang tidak terpenuhi oleh
lingkungan atau bahkan dunianya. Maka orang tersebut bisa jadi
memilih menciptakan figur, tokoh atau bahkan dunia baru yang
diinginkannya dan hanya bisa dinikmati olehnya. Aneh bagi orang
lain, menyenangkan dan ideal menurut pelakunya.
Apakah Jessica sama dengan teman khayalan? Menurut saya pribadi
hampir sama. Keduanya memberikan efek halusinasi kepada
seseorang baik berupa, suara, wujud tertentu atau perasaan yang
memengaruhi kondisi mood dan perilaku si pemilik. Yang menjadi
perbadaannya adalah pada beberapa struktur berikut :
Teman Khayalan
. Tercipta begitu saja atau karena kebutuhan pemenuhan ego
tertentu
. Umumnya datang dan pergi diluar kontrol pemilik
. Kemampuan teman khayalan unik dan kadang diluar nalar
. Hilang dengan sendirinya saat pemenuhan ego sudah terjadi

33
Jessica
. Tercipta dengan kesengajaan tanpa harus ada kebutuhan
ego spesifik
. Datang dan pergi dengan kontrol pemilik
. Kemampuan Jessica sesuai dengan niat awal pembuatan
. Bisa dihapus atau digandakan dengan sengaja
Nah dari perbandingan secara umum di atas tentunya terlihat sekali
perbedaan antara teman khayalan dan Jessica meskipun ada sedikit
persamaan tetapi ada perbedaan yang sangat mencolok dan jelas
merupakan dua hal yang patut dipisahkan dari segi istilah maupun
penyebutan. Di bagian lain buku ini saya akan membahas
bagaimana caranya merubah teman khayalan yang terlanjur dimiliki
seseorang menjadi Jessica dengan pendekatan yang sangat
sederhana dan mudah diterapkan dalam berbagai kasus teman
khayalan.
Introject
Saat kita mengenal seseorang, sebenarnya kita mengenal minimal
dua versi dari orang tersebut. Pertama sosok nyata seseorang di

34
dunia secara fisik dan kedua sosok orang tersebut yang hidup
dipikiran kita. Sosok nyata tidak 24 jam tersedia di hadapan kita
karena manusia memiliki kesibukan dan privasinya masing-masing.
Bahkan suami dan istrinya saja tidak mungkin 24 jam penuh bisa
saling ketemu secara langsung setiap hari. Sedangkan sosok
seseorang yang hidup di pikiran kita itulah yang kita sebut sebagai
introject. Bisa kita temui kapanpun dan dimanapun karena dia hidup
dalam kepala kita.
Introject adalah perwujudan sosok orang lain yang kita pelihara di
pikiran kita. Bisa jadi intoject ini sama baiknya, lebih baik atau lebih
jahat dari sosok aslinya di dunia. Introject terbentuk dari persepsi
kita pada seseorang, bukan mencerminkan sikap atau perwakilan
valid dari seseorang. Yang kita kira sosok jahat di pikiran kita belum
tentu sejahat itu di dunia nyata. Di dunia nyata orang tersebut bisa
jadi lebih baik atau jauh lebih jahat dari perkiraan kita he he he…
Jessica nantinya akan sangat identik dengan introject. Karena kita
akan belajar menghidupkan sebuah wujud atau sosok seseorang
dengan sifat dan kemampuan yang kita tentukan sendiri sesuai
selera kita. Tidak hanya satu, kita bisa membuat dua, tiga atau

35
bahkan puluhan Jessica jika kita menginginkannya. Nah karena kita
sendiri yang akan menjadi kreator dari introject ini maka selain
sosok manusia kita juga punya keleluasaan untuk membuat sosok
Jessica berupa berbagai jenis varian bentuk misalnya berupa
manusia, benda, binatang atau bahkan mainan yang kita sukai. Nah
Apakah Anda semakin tertarik memiliki Jessica? Teruskan membaca
dan temukan kebahagiaan Anda.
Jenis dan Ragam Jessica
Sama seperti hewan atau tumbuhan yang memiliki bermacam
spesies dan varietas, Jessica juga bisa dikelompokkan dalam
beberapa jenis golongan. Penggolongan Jessica ini lebih
dititikberatkan pada perbedaan cara pembuatan atau pengaruhnya
dalam interaksi antara pemilik dan Jessica itu sendiri.
Secara mudah, saya mengelompokkan Jessica menjadi tiga golongan
sederhana yaitu :
1. Jessica Normal
2. Jessica Spiritual
3. Jessica Alamiah

36
Setiap golongan Jessica selalu memiliki kelebihan dan
kekurangannya masing-masing. Penting bagi Anda untuk
mempelajari hal penggolongan ini agar tidak salah pilih saat
membuat pilihan Jessica yang akan menemani Anda jangka panjang
tentunya.
Jessica Normal
Jessica Normal adalah jenis Jessica yang wajar dan aman
penggunaannya. Yang akan menjadi pokok pembahasan Jessica
Method adalah Jessica Normal ini termasuk bagaimana cara
membuatnya bahkan secara mandiri tanpa bantuan orang lain.
Jessica Normal bisa berupa apapun baik itu sosok sahabat, aktor
idola, binatang peliharaan dan lain sebagainya dan pastinya selain
bentuk-bentuk yang merujuk kepada nilai spiritualitas misalnya
berupa sosok nabi, wali, pemuka agama dan sebagainya.
Jessica Normal bisa kita niatkan menjadi berkemampuan seperti
apapun yang kita inginkan selama kita masih bisa
mengimajinasikannya. Namun tentu saja keterbatasan sebagai
makhluk imajiner tetaplah ada dan juga fakta bahwa Jessica adalah

37
buatan kita sendiri sehingga seyogyanya lebih diniatkan sebagai
pelengkap kekurangan kita dan bukan sebagai sumber kemampuan
kita. Jessica Normal lebih bersifat patuh secara penuh kepada
pemiliknya, mudah diganti, mudah dihapus dan mudah diciptakan
ulang walaupun dengan bentuk berbeda sekalipun. Faktor inilah
yang membuat Anda akan selalu aman dan bebas dari ketakutan
akan “dikendalikan” oleh Jessica. Anda selalu menjadi bos besar dari
Jessica buatan Anda.
Jessica Spiritual
Jessica Spiritual merupakan Jessica yang diciptakan secara sengaja
oleh pemiliknya dengan menggunakan atribut keagamaan atau
berwujud sosok religius seperti pemuka agama, wali, nabi atau
bahkan ada yang menciptakan sosok Tuhan. Tentu saja Jessica tidak
akan pernah menjadi Tuhan namun Tuhan yang dicitrakan secara
visual tersebut adalah Tuhan versi si pemilik Jessica. Dari awal saya
tidak pernah menduga akan ada beberapa orang yang dengan
lancang menggunakan sosok Tuhan sebagai Jessica miliknya namun
kenyataannya ada tiga pemilik Jessica yang dengan sengaja
membuatnya. Yah pilihan ada di tangan mereka, tugas saya
mengingatkan saja bahwa tidak ada satupun kepercayaan akan

38
adanya Tuhan yang bisa seenaknya dipanggil dan diperintah oleh
manusia. “Siapa Dia siapa elu?”, tanya saya diwaktu itu kepada
pemilik Jessica Spiritual.
Saat mengeksplorasi keunikan Jessica masing-masing saya
menemukan ada hal unik yang terjadi pada pemilik Jessica Spiritual.
Dalam waktu singkat Jessica Spiritual yang sudah dibuatnya sendiri
menjadi lepas kontrol dan cenderung ingin mendominasi pemikiran
pemiliknya. Tentu saja bukan karena pemiliknya lemah dan mau
diatur oleh Jessica tapi kenyataan bahwa wujud Jessica yang
memberikan perintah kepada pemiliknya ini adalah sosok yang dari
awal disegani bahkan disembah oleh si pemilik menurut
kepercayaannya. Yang terjadi adalah ruwet dan ruwet banget.
Ada Jessica Spiritual yang menarik kesadaran pemiliknya keluar dari
tubuhnya menuju kepada cahaya putih. Dan celakanya si pemilik
tidak pernah meminta Jessica Spiritual melakukan hal tersebut dan
juga bodohnya si pemilik tak kuasa menolak bujukan Jessica
Spiritual untuk sejenak keluar dari tubuhnya menuju kepada cahaya
putih tersebut. Mungkin inilah yang disebut sebagai Out Of Body

39
Experience ala Jessica Spiritual tentunya. Saya tidak mau ambil
resiko dengan keselamatan si pemilik, saya hapus paksa Jessica
Spiritual miliknya. Jadi jika Anda memilih Jessica Spiritual sebagai
teman imajiner Anda, saya sangat tidak bertanggung pada
keselamatan dan kelanjutan hidup Anda. Saya tidak selalu ada dan
bisa menghapuskan Jessica Spiritual jika ada hal kurang
menyenangkan dan tidak terduga menimpa hidup Anda. Bila saat ini
Anda mengira pernyataan saya barusan sangat berlebihan alias
lebay ya biarin saja daripada ada korban akibat Jessica Method yang
seharusnya sangat aman.
Jessica Alamiah
Jenis Jessica yang terakhir ini adalah Jessica yang dibuat diluar
proses resmi Jessica Method. Misalnya saat seseorang memiliki
teman khayalan dan ingin merubahnya menjadi Jessica sesuai teori
dari buku Jessica Method. Tentu saja perubahan dari teman
khayalan menjadi Jessica berpengaruh juga pada struktur
komunikasi dan hubungan timbal balik antara pemiik dan
Jessicanya. Dan tentang bagaimana caranya nanti di bagian lain
buku ini akan kita bahas secara jelas dan mudah.

40
Dan manapun jenis Jessica yang menjadi pilihan Anda nantinya
silakan tentukan secara bijaksana mulai dari sekarang. Bagi Anda
yang sudah memiliki teman khayalan silakan pilih Jessica Alamiah.
Sedangkan bagi Anda yang belum memiliki Jessica ataupun teman
khayalan silakan memilih Jessica Normal. Dan apapun alasannya
saya sarankan Anda hindari Jessica Spiritual, iblis punya banyak cara
untuk menggelincirkan gerakan hati manusia meskipun dengan
sosok spiritual sekalipun.
Ingat, saat Jessica datang tanpa Anda panggil atau melakukan
sesuatu untuk Anda sebelum Anda minta maka waspadalah. Segera
hapus Jessica Anda, ada yang tidak beres pada Jessica tersebut. Hal
ini penting menjadi perhatian Anda meskipun selama ini hanya
terjadi pada Jessica Spiritual. Mari belajar lebih lanjut tentang
Jessica Method dengan keceriaan yang semakin bertambah mulai
akhir kalimat ini

41

42
Bab 3 - Etika Dalam Jessica Method
Sebentar lagi Anda akan belajar cara mudah membuat Jessica
dengan panduan lengkap dari buku Jessica Method ini tentunya.
Dan ada baiknya kita sepakati dahulu bahwa segala tindakan dengan
niat baik termasuk proses pembuatan Jessica baik bagi Anda
maupun orang lain sebaiknya memenuhi dan menyepakati
beberapa etika dasar Jessica Method. Etika yang akan kita sepakati
bersama tentang Jessica Method menyangkut beberapa hal
sederhana namun mendasar yang mungkin akan menjadi acuan
yang sangat bermanfaat demi kebaikan semua pihak terutama
pemasang atau pemilik Jessica.
Etika pembuatan Jessica
Dalam hal instalasi Jessica kepada orang lain maupun instalasi
terhadap diri sendiri hendaknya kita sepakati bersama bahwa ada
batasan yang boleh dilakukan dan ada batasan yang sebaiknya kita
hindari.

43
Sebaiknya
. Lakukan sesuai prosedur dari buku ini
. Instal Jessica hanya jika Anda benar-benar
membutuhkannya
. Beritahu orang yang Anda percaya bahwa Anda akan
menjalani proses instalasi Jessica
. Boleh juga Anda konsultasikan dahulu dengan saya sebagai
penulis buku atau rekan lain yang sudah memiliki Jessica
Hindari
Membuat Jessica dengan tujuan mengganggu seperti
penggunaan Buto Ijo pada kisah di awal buku ini.
Membuat Jessica Spiritual apalagi tanpa didampingi rekan
lain yang berpengalaman
Meniatkan Jessica sebagai pengganti hubungan sosial
dengan sesama manusia
Etika pemanfaatan Jessica
Setelah nantinya instalasi Jessica berjalan sempurna dan Anda
menjadi salah satu pemilik Jessica maka akan muncul etika
selanjutnya dalam pemanfaatan Jessica meskipun Anda memiliki

44
hak sepenuhnya untuk melakukan apapun terhadap Jessica buatan
Anda.
Sebaiknya
. Perlakukan Jessica sewajarnya sebagaimana niat awal
pembuatannya
. Gunakan Jessica seperlunya saat benar-benar butuh atau
ingin bereksplorasi
. Panggil Jessica minimal 15 kali sehari pada dua minggu
pertama instalasi Jessica sekedar mengasah kepekaan indera
Anda
. Jika bereksperimen, selalu libatkan pihak lain sebagai
pengamat
Hindari
Penggunaan Jessica melebihi aktivitas sosial bermasyarakat
Berbicara lisan dengan Jessica di muka umum dengan
sengaja. Kecuali Anda dukun he he he…
Membiasakan diri meminta bantuan pada Jessica
Menjadikan Jessica sebagai satu-satunya solusi saat Anda
bermasalah

45
Dengan mematuhi etika pemanfaatan Jessica di atas maka
kehidupan sosial dan pribadi Anda akan lebih terjamin dari
kerepotan dan keabnormalan yang nantinya dirasakan oleh
lingkungan terhadap diri Anda. Ndak lucu juga setelah menguasai
Jessica Method Anda malah diduga mengalami gangguan kejiwaan
oleh lingkungan gara-gara sering ngomong sendiri misalnya.
Batasan penggunaan Jessica
Ada banyak hal yang perlu Anda pahami bahwa Jessica walaupun
memiliki banyak kelebihan tetapi juga memiliki banyak
keterbatasan. Nah agar batasan penggunaan Jessica tetap pada
koridor yang tepat dan tidak berlebihan maka silakan sepakati
beberapa batasan ketidakmampuan Jessica di bawah ini sekarang
juga atau sejenak setelah Anda membacanya sekilas sesaat lagi.
Jessica tidak bisa digunakan untuk :
. Dijadikan pengganti keberadaan manusia lain secara sempurna
. Dijadikan Tuhan baru oleh manusia
. Dijadikan penolong langsung bagi manusia
. Dijadikan sebagai panutan hidup

46
Dan banyak ketidakmampuan lain disamping banyak hal menarik
yang bisa Anda dapatkan dan buktikan langsung tanpa perlu saya
cantumkan di buku ini ragam dan keunikannya. Miliki satu saja
Jessica dan segera bereksplorasi membuktikan secara pribadi
dengan pengalaman Anda sendiri tentang mana yang benar-benar
bisa dilakukan Jessica dan mana yang benar-benar tidak bisa
dilakukan dengan Jessica. Silakan manfaatkan kreativitas Anda
secara bebas dengan tetap menjunjung tinggi etika yang sudah kita
sepakati tentang Jessica Method.

47

48
Bab 4 - Kondisi Super Sadar
Jessica Method memerlukan dan mewajibkan hadirnya kesadaran
Anda dalam setiap proses mulai dari tahap instalasi, penggunaan
bahkan sampai tahap penghapusan jika memang terpaksa
diperlukan. Seperti yang sudah saya ceritakan di awal kisah
terciptanya Jessica, saya menggunakan metode Ultra Height untuk
membawa Herman pada kondisi di atas kesadaran normal. Nah
karena Ultra Height adalah temuan dari Gerald F. Kein yang bahkan
belum dibukukan maka tidak pantas saya menuliskannya terlebih
dahulu di buku ini. Maka dari itu saya akan membahas metode
serupa yang saya temukan dua setengah tahun lalu jauh sebelum
saya mengenal Ultra Height. Saya menyebutnya sebagai kondisi
Super Sadar.
Kondisi Super sadar adalah kondisi yang memungkinkan kesadaran
seseorang manusia meningkat dengan sangat pesat termasuk
kesadaran akan panca indera maupun kesadaran lain yang tidak bisa
dijelaskan dengan kata karena fenomenanya pasti unik dan berbeda
bagi semua orang.

49
Pertama kali saya gunakan pada adik saya saat itu terjadi fenomena
Out Of Body Experience yang menyebabkan adik saya ketakutan
setengah mati setelah berhasil “kembali” ke tubuhnya. Sayapun
dulu tidak menduga akan terjadi efek seperti itu. Yang saya lihat
adalah wajah dan bibir adik saya jadi pucat seperti mayat, suhu
tubuhnya jadi dingin sekali dan jumlah napasnya bisa dibilang
hampir tidak bisa dihitung karena saking tipis dan sedikitnya.
Mungkin tiga hingga lima kali bernapas dalam satu menit. Dan Anda
boleh tenang karena kata-kata “berbahaya” dalam metode Super
Sadar tersebut sudah saya koreksi sehingga tidak pernah lagi terjadi
fenomena menakutkan seperti yang dialami oleh adik saya. Banyak
hal menarik yang sangat bisa ditemukan dalam kondisi Super Sadar.
Manfaat Super Sadar
Bagi Anda yang pernah mempelajari hipnosis maka Anda akan tahu
bahwa setiap level trance hipnosis memiliki manfaat dan
keunikannya masing-masing. Hal yang sama berlaku pada kondisi
Super Sadar. Kondisi Super Sadar sangat cocok digunakan untuk
mengakses kebijaksanaan dari alam semesta dalam menemukan
solusi bagi masalah manusia. Yang menyenangkan adalah bahwa

50
satu kali mengakses Super Sadar bisa merubah persepsi masalah
seseorang dari titik usianya sekarang hingga mundur ke titik
kelahirannya. Masalahnya dimasa lalu tidak berubah tapi
pemaknaan dan respon kita dimasa sekarang akan berubah total
menjadi lebih melegakan. Sehingga Super Sadar sangat cocok
digunakan bagi orang-orang yang tak sanggup lagi mencari solusi
dengan bertindak atau berpikir secara biasa. Bagus juga untuk
seseorang yang memiliki masalah rumit dan jumlahnya banyak.
Dari beberapa penelitian oleh rekan yang sudah belajar Super Sadar
ternyata ditemukan fakta yang lebih menarik lagi. Kondisi Super
Sadar sangat bagus digunakan untuk meningkatkan rasa kedekatan
dengan Sang Pencipta, metode pelepas stres bahkan tanpa sugesti
tambahan sama sekali dan terakhir paling mudah digunakan untuk
mengembangkan kemampuan metafisika secara terbatas dan masih
sangat mungkin untuk terus di eksplorasi.
Teknik Super Sadar
Lalu bagaimana sih metode Super Sadar itu? Saya tidak akan
tuliskan karena sudah saya kemas dalam bentuk audio self hipnosis

51
Super Sadar yang Anda dapatkan dalam pembelian paket Jessica
Method. Kalau tidak ada file audionya, mungkin Anda membeli buku
di tempat yang salah he he he…
Cara Penggunaan
Apabila Anda sudah menyiapkan diri untuk menggunakan audio self
hipnosis Super Sadar maka pastikan Anda melakukan persiapan
berikut ini untuk hasil maksimal :
1. Pilihlah waktu luang yang Anda miliki sekitar 40 menit untuk
penggunaan audio self hipnosis
2. Matikan alat komunikasi, minta waktu pribadi kepada
lingkungan dan longgarkan pakaian Anda
3. Boleh dilakukan dengan posisi duduk atau berbaring.
4. Pastikan leher dan punggung dalam kondisi nyaman.
5. Dengarkan dengan perangkat audio yang jernih atau
menggunakan headset.
6. Tidak usah berusaha mengikuti instruksi secara berlebihan.
Santai saja.
7. Selesaikan latihan Anda.

52
Cara penginstalan Super Sadar adalah semudah langkah di atas.
Yakini saja hasil apapun yang Anda dapatkan selepas latihan. Ingat
hasil pada setiap orang adalah unik jadi terima saja apapun efek
atau fenomena yang Anda alami dalam proses pembuatan self
hipnosis tersebut.
Setelah programnya jadi ( keterangan ada pada audio ) silakan Anda
langsung lakukan test menggunakan program self hipnosis Anda
minimal 15 kali berturut – turut. Nah silakan Anda latih terus
menerus setiap hari tanpa menggunakan audio self hipnosis. Jika
Anda merasa programnya sudah sempurna silakan lanjutkan dengan
instalasi Jessica. Hari ini juga boleh mulai Anda nikmati programnya
dengan menyenangkan.

53

54
Bab 5 – Instalasi Jessica
Akhirnya, sampailah kita pada poin terpenting dalam Jessica
Method. Kita akan membuat Jessica pribadi bagi Anda sekarang
juga. Persiapkan diri Anda dan lebarkan senyum Anda mulai dari
akhir kalimat ini. Sebelum menggunakan isi dari metode instalasi
Jessica yang akan segera kita pelajari dan praktikkan secara mudah
dan sederhana pastikan program self hipnosis Anda sudah jadi
secara sempurna.
Lakukan persiapan yang sama dengan penggunaan audio self
hipnosis Super Sadar yang sudah Anda dengarkan sebelumnya.
Pastikan Anda lakukan di waktu yang luang, matikan alat komunikasi
dan lain sebagainya.
Agar Anda mendapatkan gambaran menyeluruh tentang proses
instalasi jessica maka perlu saya rinci terlebih dahulu detail langkah
yang akan kita jalani. Bisa dibilang saya akan tuliskan inti dari
tahapan praktik pembuatan Jessica pribadi sebelum Anda
mendengarkan audio instalasi Jessica secara langsung.
Langkah pembuatan Jessica :

55
1. Masuki kondisi Super Sadar
2. Pilih wujud yang Anda inginkan untuk hadir (sebaiknya mulai
ditentukan sebelum penggunaan audio instalasi Jessica)
3. Gambarkan wujud tersebut secara visual meliputi bentuk,
warna, pencahayaan dan detail tekstur wujud tersebut.
4. Niatkan dan ijinkan pikiran Anda meningkatkan setiap unsur
yang memperjelas keberadaan wujud tersebut.
5. Niatkan berkomunikasi dari hati ke hati dengan wujud tersebut.
6. Beri nama yang sesuai bagi wujud tersebut.
7. Niatkan untuk mengatur kemampuan yang boleh dimiliki wujud
tadi
8. Niatkan untuk mengatur hal yang tidak boleh dilakukan oleh
wujud tersebut
9. Minta dia pergi
10. Panggil namanya dan biarkan wujud itu hadir secepat kilat di
hadapan Anda lebih jelas dari sebelumnya.
11. Ulangi langkah panggil – minta pergi – panggil – minta pergi
terus menerus sampai Anda merasa cukup.
12. Ajak berbicara ringan misalnya dengan menyapa, ”Halo” dan
dengarkan jawabannya.

56
13. Minta pergi – panggil – ajak bicara – minta pergi dan seterusnya
sampai Anda merasa cukup
14. Sentuh tubuhnya dan bergantian dia menyentuh Anda. Pada
awalnya biasanya akan terasa sentuhan halus dan dingin namun
nantinya akan semakin nyata dan hangat.
15. Minta pergi – panggil – ajak bicara – sentuh – minta pergi dan
seterusnya hingga Anda merasa cukup.
16. Niatkan untuk mampu memanggilnya dengan segera dan
melenyapkannya segera hanya dengan niat di pikiran Anda.
Setelah 16 tahap tersebut terlaksanakan maka Anda resmi memiliki
Jessica Anda. Selamat.
Pada tahap awal memiliiki Jessica sebaiknya Jessica hanya dipanggil
dengan kondisi mata tertutup saja dahulu. Nanti setelah Anda
merasa sangat cukup puas dengan wujud Jessica dengan mata
tertutup maka Anda boleh memanggil Jessica dengan kondisi mata
terbuka.
Nah tunggu apalagi? Berhenti membaca, miliki Jessica dengan
memakai audio instalasi Jessica Anda sekarang

57

58
Bab 6 - Pelengkap Pengetahuan
Setelah instalasi Jessica berhasil dan Anda memiliki Jessica Anda
sendiri ada baiknya Anda membaca dan memahami beberapa
informasi pelengkap berikut ini. Mungkin Anda membutuhkan
informasi bermanfaat ini ketika mulai memasangkan Jessica bagi
orang lain. Mulailah semakin ceria sekarang sambil teruskan
membaca buku ini.
Membuat Jessica Alamiah
Kita akan belajar membuat Jessica Alamiah bagi Anda yang dari awal
sudah memiliki teman khayalan sebagaimana yang telah kita bahas
di bagian awal buku ini. Dan jika Anda bukanlah pemilik teman
khayalan setidaknya Anda bisa membuatkan Jessica bagi rekan lain
yang memiliki teman khayalan.
Berikut adalah langkah sederhana mengubah teman khayalan
menjadi Jessica. Contoh ini berlaku bagi teman khayalan yang
memiliki wujud dan suara bagi pemiliknya.
. Panggil teman khayalan Anda
. Tawarkan perubahan wujud yang lebih menyenangkan padanya

59
. Sepakati apa saja yang bisa dan boleh dia lakukan
. Sepakati apa yang tidak bisa dan tidak boleh dia lakukan
. Minta dia hanya datang jika Anda panggil dan segera lenyap saat
Anda minta pergi
. Teman khayalan Anda sudah berubah menjadi Jessica bagi diri
Anda.
Sesederhana itulah pembuatan teman khayalan. Tanpa audio self
hipnosis Super Sadar maupun audio instalasi Jessica. Nah jika teman
khayalan yang dimiliki seseorang ini hanyalah berupa suara maka
sebaiknya menggunakan audio instalasi Jessica dan pada tahap
pembuatan wujud niatkan memberi wujud bagi suara teman
khayalan yang dari dulu sudah Anda miliki.
Menghapus Jessica
Adakalanya saat seorang pemilik merasa jenuh atau tidak nyaman
dengan Jessica yang dimilikinya, timbul keinginan untuk mengganti
setting Jessica atau sekalian menghapusnya saja. Jika Nantinya Anda
atau rekan Anda berniat memilih opsi menghapus Jessica maka
silakan gunakan cara sederhana berikut ini :
. Panggil Jessica

60
. Ucapkan terima kasih atas kesediaanya hadir selama ini
. Minta dia kembali dari tidak ada menjadi tidak ada
. Minta persetujuannya dan biarkan sosoknya lenyap
. Lakukan test dengan cara sengaja memanggilnya. Jika tidak
muncul lagi maka Jessica sudah terhapus.
Untuk memudahkan Anda, silakan cermati contoh kalimat
penghapus Jessica sebagai berikut : ‘Jessica, terima kasih sudah
bersedia hadir dan menjadi rekan yang menyenangkan dalam
hidupku. Kini silakan kembalilah ke asalmu jauh dalam diriku untuk
selamanya. Aku hapus wujudmu dan aku kenang jasamu.”
Normalnya Jessica akan langsung menghilang. Kalaupun setelah
dilakukan tes ternyata Jessica Anda masih muncul maka silakan
ulangi sekali lagi prosedur penghapusannya. Menghapus Jessica
bukan akhir dari perjalanan Anda bersama Jessica Method, karena
sekali Anda bisa membuat Jessica maka dengan mudah Anda sangat
bisa membuat Jessica lainnya di masa mendatang.

61
Mengganti Setting Jessica
Sebagai salah seorang pemilik Jessica bisa jadi nantinya Anda ingin
mengubah setting Jessica entah ditambah kemampuan di salah satu
bidang atau mungkin malah justru dikurangi kemampuannya.
Manapun yang Anda pilih selama Anda belum berkeinginan
menghapusnya maka silakan lakukan prosedur mengedit setting
Jessica sebagai berikut.
. Tentukan dulu bagian mana dari Jessica yang akan di edit.
. Panggil Jessica
. Niatkan berkomunikasi untuk meralat kesepakatan setting
kemampuan dan batasan kemampuan Jessica.
. Ralat ulang kemampuan dan batasan kemampuan Jessica
. Tunggu persetujuan darinya
. Mintalah Jessica “pergi – datang” berulang kali sebelum
program barunya bisa di uji. Anggap saja seperti proses restart
pada komputer setelah di instal software terbaru.
Mengedit settingan Jessica juga harus dilakukan tesnya agar Anda
yakin programnya sudah berjalan dengan sempurna. Nah bagi yang

62
ingin upgrade atau downgrade kemampuan Jessicanya, monggo
silakan dilakukan sekarang saja.
Tugas Anda adalah jangan percaya pada apapun yang saya tulis
sebelum membuktikannya sendiri. Silakan dibuktikan,
dikembangkan dan bahkan dimodifikasi selama membawa manfaat
melimpah bagi diri Anda, keluarga, lingkungan bahkan semua orang.

63

64
Bab 7 – Tanya Jawab Jessica Method
Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering diutarakan oleh
peminat Jessica, pemilik Jessica tahu bahkan pengkritik Jessica. Saya
coba sajikan pertanyaan dan jawaban dalam bahasa yang paling
sederhana dan mudah dimengerti semua orang.
Bedanya Jessica dan Halusinasi?
Jessica sudah pasti merupakan wujud halusinasi. Tepatnya
halusinasi penglihatan, pendengaran bahkan penciuman. Jessica
adalah halusinasi yang terkontrol karena pengaruhnya bisa kita
datangkan dan hilangkan dengan kesadaran dan kemauan kita.
Sedangkan halusinasi saja belum tentu perwujudan dari Jessica.
Halusinasi apapun yang hadir tanpa kita inginkan dan tidak bisa kita
minta lenyap maka itu adalah jenis halusinasi yang mengganggu,
berbeda dengan Jessica.
Pernah ada seorang dokter pemilik Jessica menjadi sangat kaget
ketika mulai melihat entitas lain di dalam ruangan saat
menghubungkan pandangan matanya dengan mata Jessica. Dia

65
takut berhalusinasi yang dipikirnya merupakan ciri awal kerusakan
otak. Ya sudah hapus saya saja Jessicanya, sembuh deh “halusinasi”
dokter tersebut. Jadi secara umum Jessica Method sangat aman
karena efeknya bisa kita hapus dengan mudah.
Bisakah Jessica menerapi saya?
Sangat bisa, Jessica milik Herman hingga sekarang masih bisa
diakses untuk tujuan memijit seluruh tubuh Herman. Seperti punya
tukang pijit pribadi sama dengan hemat ongkos dan enak terus
pastinya he he he… Nah jadi untuk terapi lainnya ya sama saja.
Niatkan di awal pembuatan untuk memiliki kemampuan terapeutik
di bidang tertentu yang bermanfaat bagi Anda. Niat di awal adalah
kuncinya, kalau sudah terlanjur Jessicanya jadi tanpa settingan
untuk kemampuan terapi, ya tinggal di edit saja settingannya.
Gampang sekali kok.
Cara menginduksi mimpi orang lain?
Sesuai dengan cerita Buto Ijo di depan, Jessica bisa juga
berkemampuan untuk memasuki konten mimpi seseorang dengan
mudah. Caranya sama, niatkan Jessica untuk menemui seseorang
secara spesifik dan memasuki alam tidurnya nanti sembari

66
menyampaikan pesan tertentu. Dari eksperimen selama dua tahun
terakhir hanya ada tiga Jessica yang mahir memasuki konten mimpi
orang lain. Silakan kembangkan sendiri siapa tahu Anda mendapat
teknik patennya. Banyak pesan berharga yang bisa Anda sampaikan
melalui mimpi versi Jessica.
Melakukan Out Of Body Experience?
Permintaan dan pertanyaan tentang meraga sukma alias keluar dari
tubuh alias Out Of Body Experience adalah yang paling banyak
dilontarkan para penikmat Jessica Method. Saya tidak bisa
menjawab dengan jelas karena tidak semua pemilik Jessica bersedia
melakukan eksperimen ini namun dari beberapa pemilik yang
berhasil mereka mengaku meminta Jessica untuk membawa
kesadarannya keliling dunia atau ke tempat tujuan yang disukai.
Belum pernah ada dilakukan penelitian silang antara hasil OOBE
dengan fakta lokasi yang dikunjungi sehingga datanya belum bisa
dikatakan valid.
Cara melihat tembus pandang?
Permainan melihat tembus pandang atau mendeskripsikan sesuatu
benda di ruangan berbeda adalah hal yang paling sering diuji dan

67
dibuktikan dari Jessica Method. Saya tidak ingin promosi panjang
lebar, silakan lakukan saja langkah berikut ini :
. Panggil Jessica Anda
. Niatkan mata anda terhubung dengan pandangan matanya
. Minta Jessica ke ruangan berbeda dan mengamati apa yang
terjadi
. Jika muncul gambaran apapun di pandangan mata Anda itulah
hal yang disaksikan Jessica
. Dalam prosesnya hindari menebak, cukup terima saja gambaran
yang muncul di mata Anda.
. Lakukan pengujian fakta dengan dibantu rekan lain yang netral
tentunya.
Permainan ini adalah metode yang menyenangkan untuk
mengembangkan kemampuan dasar tentang kepekaan visual
dengan perantara Jessica. Mulailah melihat ruangan lain dengan
mata Jessica dan kelak Anda bisa jadi mampu melihat belahan dunia
lain tanpa meninggalkan tempat duduk Anda.

68
Menarik kekayaan, bisakah?
Sangat bisa. Saat seorang pengusaha meyakini bahwa Jessica bisa
mendatangkan kekayaan pada dirinya maka apa yang akan terjadi?
Perilakunya dalam berusaha akan berubah menjadi :
. Lebih tenang karena merasa dilindungi Jessica
. Lebih mudah istirahat, karena yakin rejekinya dibantu oleh
Jessica
. Lebih santai menemui klien, karena dia merasa Jessica
membantunya
Jadi sebenarnya bukan Jessicanya secara langsung yang membuat
pengusaha tersebut semakin kaya. Melainkan perilaku dan
tindakannya dalam melakukan usaha menjadi lebih menyenangkan
dan terarah. Bisakah efek tidak langsung tersebut diterima ataukah
semacam pembenaran saja? Saya beri contoh lainnya. Misalnya
Anda berjalan-jalan di Mall selama tiga jam. Apakah ada perbedaan
pada perasaan Anda, pada cara Anda berjalan, cara Anda memasuki
toko atau sekedar cara Anda memandang pengunjung lain saat
Anda sedang “membawa” dan “tidak membawa” U A N G?

69
Jika memang ada perbedaan, enak mana saat membawa atau tidak
membawa uang? Di dalam contoh ini anggap saja uang yang
memengaruhi perilaku Anda adalah analogi untuk Jessica.
Apa lagi lainnya?
Hanya karena saya yang mengenalkan Jessica Method bukan berarti
saya berhak membuka semua hasil penelitian saya yang bisa jadi
menghambat keingintahuan Anda dalam bereksplorasi dengan
Jessica Method. Cukuplah materi dan praktik Jessica Method dari
buku ini sebagai dasar yang bagus untuk Anda miliki. Saatnya bagi
Anda menjadi pelopor baru dari Jessica Method yang bisa
melampaui keterbatasan pemahaman dan pengetahuan saya
sebagai orang yang pertama mengenalkannya kepada Anda.
Selamat berkarya dengan Jessica Method .

70
Penutup
Buku Jessica Method yang sudah sempurna Anda miliki merupakan
hak Anda tentang pengetahuan. Apapun manfaat yang Anda
dapatkan di dalam buku ataupun praktik berdasarkan pendekatan
Jessica Method, maka itu bukanlah dari saya melainkan dari
kepandaian dan ketekunan Anda dalam belajar.
Buku ini tidak pernah saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi
saya melainkan dari wawancara dan penelitian dengan para pemilik
Jessica dengan segala ragamnya. Satu kata kunci untuk Anda, “Saya
tidak pernah memiliki Jessica”. Jadi tidak ada alasan bagi Anda
untuk duduk diam dan membiarkan metode ini saya gunakan untuk
melenggang bebas di Indonesia. Silakan lampaui pemahaman dan
kesimpulan penelitian saya tentang Jessica Method. Dan saat hal
tersebut benar terjadi, saya sudah lebih dari puas dengan manfaat
penulisan buku Jessica Method yang Anda miliki sekarang ini.

71
Tentang Penulis
Saiful Anam, praktisi hipnosis dan hipnoterapi yang telah mengawali
langkahnya melakukan berbagai eksperimen hipnosis sejak tahun
2004. Buku Jessica Method adalah salah satu hasil percobaan dan
pengamatan Saiful Anam selama dua tahun terakhir tentang
fenomena halusinasi positif sederhana hingga menyentuh ranah
metafisika dengan pendekatan hipnosis tentunya. Dan kelak metode
ini akan terus dikembangkan ke arah pemanfaatan yang lebih nyata
dan spesifik untuk menunjang berkembangnya ilmu pengetahuan
baru di negara kita.
Saat ini saiful Anam masih terus aktif berperan sebagai pelatih
hipnosis dan hipnoterapi, sebagai penulis buku dan juga sebagai
pembicara dibidang hipnosis.
Website : www.anamisme.com
Telp : 0295-5556565
Email : anam_hipno@yahoo.co.id

72
Jessica Method
Buku ini memperkenalkan metode yang tidak lazim bagi
kita untuk menciptakan teman imajiner yang sangat nyata
dengan berbagai kemampuan yang bisa kita sesuaikan
dengan kebutuhan kita. Jessica Method membuka
pandangan kita tentang betapa mudah dan sederhananya
proses untuk memiliki, membuat atau bahkan menghapus
teman imajiner sesuka hati kita dan menuai semua
manfaatnya tanpa perlu merasa was-was akan adanya
efek negatif dari penggunaan metode ini.
Bacalah segera! Dan miliki teman imajiner sekarang juga
dengan menggunakan audio self hipnosis Super Sadar dan
audio instalasi Jessica.

Sahabat VirtualRead this story for FREE!