KRITERIA PENILAIAN

2.9K 70 0
                                    

Ada banyak elemen penting dalam sebuah cerita, dan saat menjuri, tim kami mengevaluasi cerita berdasarkan hal berikut: 

- Segera:
Ada awalan/konflik yang menarik, premis terlihat jelas di bab pembuka dan ceritanya langsung ke inti. Bawa kami ke peristiwa yang terjadi dalam cerita secepat mungkin. Pikirkan, apa yang akan langsung menyita perhatian pembacamu?

 - Atraktif:
Karaktermu memiliki motivasi yang kuat, kami bisa merasakan ada roda utama yang menggerakkan cerita, dan bab ceritamu diakhiri dengan cara yang membuat kami tidak sabar untuk membaca bab selanjutnya.

 - Komersial:
Pertimbangkan audiens untuk genre ceritamu dan apa yang menarik minat mereka. Pikirkan tentang elemen umum di genre tersebut dan bagaimana kamu akan menggunakannya atau menghindarinya. Dan pastikan ceritamu tetap dapat dinikmati, bahkan meski memiliki tema yang lebih gelap. 

- Karakter:
Karakter utama dalam ceritamu bergerak maju. Kami harus menyukai mereka, membenci-tapi-suka kepada mereka, atau setidaknya merasakan sesuatu dari mereka sehingga kami mau dibawa ke dalam perjalanan mereka. Jika karakter dalam ceritamu memiliki "itu," kemungkinan besar kami ingin mengikuti cerita mereka. 

- Awalan:
Beri kami awalan yang menarik, seperti konsep unik atau sentuhan baru pada hal-hal klise favorit, dan segera berikan kami risiko besar. 'Bagaimana Jika' dari ceritamu adalah elemen penting yang akan membuat kepala pembaca menoleh. Itulah yang pasti kami cari ketika memilih pemenang. Cerita yang membuat penasaran sejak awal tidak mudah untuk dilupakan. 

- Suara:
Jika digunakan dengan baik, suara narasi dapat membentuk cerita yang kamu inginkan. Di sinilah penulis menunjukkan kreativitas mereka dengan merangkai kata-kata sederhana menjadi sesuatu menakjubkan. Namun, kita tahu, lebih mudah mengatakannya daripada melakukannya. Itulah sebabnya hal ini menjadi salah satu kriteria penting untuk Wattys. 

- Latar:
Latar ceritamu adalah tempat bermainmu, dan ketika kami membaca ceritamu, itu menjadi tempat bermain kami juga. Meskipun kamu tidak harus membangun dunia imajinatif yang rumit sebagai latar cerita, kamu harus tetap spesifik, jelas, dan masuk akal sesuai dengan lingkup ceritamu. Jika kamu memberikan kami terlalu sedikit, kami akan tersesat. Jika kamu memberikan kami terlalu banyak, kami akan terkubur ke dalam rincian panjang. 

- Tempo:
Baik itu film thriller-aksi menakjubkan atau sepenggal kisah kehidupan, penting untuk mempertahankan tempo yang seimbang. Kami ingin menyelami tindakan karaktermu. Detail yang tidak relevan, deskripsi yang kaku, dan dialog yang lemah akan membawa kami keluar dari cerita. Tempo yang efektif berperan penting dalam alur ceritamu dan akan membuat kami ketagihan. 

- Keterbacaan:
Bagian penting dari menulis adalah sisi teknis, termasuk diksi, ejaan, dan tata bahasa. Apakah kata-kata yang kamu gunakan sudah sesuai? Apakah kalimatmu masuk akal? Apakah paragraf mengalir dengan baik? Itu adalah faktor penting yang memberi pembaca dan juri Wattys pengalaman membaca yang lancar sekaligus membuat kami lebih mudah masuk ke dalam ceritamu. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menulis cerita menakjubkan, silakan kunjungi Sekolah Menulis Wattpad.

Penghargaan Watty 2023Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang