Halaman sebelumnya of 10Halaman selanjutnya

PKO fondasi kelompok dan kerja tim

spinner.gif

MAKALAH PERILAKU KEORGANISASIAN

FONDASI KELOMPOK & KERJA TIM

 

 

BAB  I

PENDAHULUAN

 

1.1              LATAR BELAKANG

Kesendirian apapun bentuknya cenderung menghasilkan suatu kelemahan, ketidakmampuan, keterasingan dan bahkan membawa kehancuran. Setiap individu pasti memiliki sisi lemah dan sisi kuatnya. Namun kita sering mempersoalkan kelemahan orang lain dan terlalu sombing dengan kekuatan diri. Sudah saatnya kita mengubah prilaku demikian. Kelompok adalah dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantung, yang bergabung untuk mncapai tujuan tertentu. Yang dapat bersifat formal ataupun informal. Perkembangan Kelompok mempunyai lima tahapan model secara umum yaitu pembentukan (forming), keributan (storming), penormaan (norming), pelaksanaan (perfoming), dan peristirahatan (adjourning). Tahap pertama dicirikan dengan ketidak pastian mengenai maksud, struktur dan kepemimpinan kelompok. Tahap ini selesai ketika para anggota telah mulai berpikir tentang diri mereka sendiri sebagai bagian dari kelompok. Tahap kedua, keributan dicirika oleh konflik dalam kelompok. Tahap ketiga dicirikan oleh hubungan yang erat. Tahap ke empat terjadi ketika kelompok sepenuhnya telah berfungsi. Tahapan yang terakhir dicirikan dengan perhatian ke penyelesaian aktivitas bukan ke kinerja tugas.

 

1.2       TUJUAN PENULISAN

      Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Perilaku Keorganisasian dan sebagai bahan untuk diskusi mengenai Fondasi Kelompok dan Kerja Tim dan bertujuan untuk:

Mengajak mahasiswa untuk mengetahui tentang kelompok Menguraikan atau menjelaskan perbedaan kelompok dan tim Menjelaskan proses terjadinya kelompok

 

1.3       SISTEMATIKA PENULISAN

Secara garis besar, makalah ini dapat dibagi menjadi beberapa sistem penulisan yang akan dijelaskan sebagai berikut :

Bab I, berisi tentang pendahuluan, yang dipersempit lagi menjadi latar belakang, tujuan penulisan dan sistematika penulisan itu sendiri. Latar belakang menjelaskan tentang apa yang melatarbelakangi kami dalam penulisan makalah ini. Tujuan penulisan berisikan tentang beberapa tujuan yang akan diwujudkan dalam pembuatan makalah ini. Dan terakhir adalah sistematika penulisan yang menjelaskan tentang proses penulisan makalah ini secara sistematis.

Bab II, berisi tentang isi dari materi yang kami sampaikan, yaitu Fondasi Kelompok dan Kerja Tim.

Bab III, berisi kesimpulan. Kesimpulan berisikan tentang ringkasan dari semua yang telah kami bahas pada bab II.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB  II

ISI

 

I.                   PONDASI KELOMPOK & KERJA TIM

I.1  Kelompok

Kelompok didefinisikan sebagai dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling tergantung, yang saling bergabung untuk mencapai sasaran tertentu. Pendapat lain menyebutkan, “kelompok didefinisikan sebagai kumpulan 2 orang/lebih yang berinteraksi satu sama lain sedemikian rupa sehingga perilaku atau kinerja seseorang dipengaruhi oleh kinerja/perilaku anggota yang lain.” Alasan Berkelompok:

Ada sejumlah alasan mengapa seseorang mau bergabung dalam kelompok, diantaranya :

Ø  Rasa aman.

Dengan bergabung dalam kelompok seseorang mengharap akan merasa aman karena tidak sendirian lagi dalam menggapai harapan. Dengan adanya rasa aman ini maka orang akan dapat lebih aktif dan kreatif dalam mencapai tujuan-tujuan tertentu, baik tujuan individu maupun tujuan kelompoknya.

Halaman sebelumnya of 10Halaman selanjutnya

Komentar dan Ulasan

Login or Facebook Sign in with Twitter
library_icon_grey.png Tambah share_icon_grey.png Berbagi

Siapa yang Membaca

Disarankan