Tips Berpacaran Sehat

spinner.gif

Rasanya salah deh kalau kamu mengidentikkan pacaran dengan suatu hal yang berbau seksual. Bahkan, keinginan sex bakal muncul dengan sendirinya setelah seseorang memiliki perasaan tanggung jawab pada pasangannya, setelah terikat oleh hubungan perkawinan.

Untuk dapat berpacaran secara sehat, pastikan kamu menjaga betul pacar kamu, baik secara fisik maupun secara psikis. Maksud secara fisik adalah dengan tidak menyakiti pasanganmu melalui tindakan kekerasan, sedangkan menjaga secara psikis melalui perasaan nyaman tanpa ada sifat gelisah atau tertekan.

Ketika berpacaran, pastikan kamu mengikuti benar aturan/nilai yang berlaku di masyarakat sekitar. Soalnya, kamu tentu tidak ingin khan jadi gunjingan orang lain di seklilingmu. Bahkan parahnya lagi, kamu bisa dijauhi dari pergaulan masyarakat sekitarmu.

Pacaran, bisa juga membawa dampak positif dan negatif. Bergantung dari sikap dan prilaku kamu sendiri ketika pacaran. Berikut adalah tips tentang hal-hal positif yang dapat kamu lakuikan dengan si doi :

Ajak belajar bareng pacar kamu, supaya kamu jadi lebih semangat dan termotivasi ketika belajar. Alhasil, prestasimu bakal semakin meningkat.

Jangan Tutup Pergaulan sekalipun kamu udah punya pacar. Soalnya dunia ini bakal terasa sempit kalau kamu hanya mengenal pacarmu saja dalam pergaulan. Cobalah banyak mengenal orang disekitarmu yang bisa menambah wawasan kamu, tanpa mengurangi perhatian kamu pada si doi.

Gunakan waktu pacaran kamu untuk hal-hal yang bermanfaat misalnya dengan berolah-raga, berkebun, dan hal bermanfaat lainnya. Dengan melakukan hal-hal bermanfaat, kamu tentunya tidak terdorong kepola hidup konsumtif. Misalnya saja : nonton, jalan-jalan di mall, ngobrol, dan makan di fast food.

Jauhi sex bebas, soalnya selain merugikan diri sendiri, kamu akan beresiko terkena penyakit-penyakit seksual. Selain itu, kemungkinan hamil juga tidak dapat dihindari. Memang sih, rasanya sulit banget untuk menghindari terjadinya kedekatan melalui kedekatan fisik. Oleh karena itu, kamu dan doi kudu bisa saling menjaga diri.

Merespon konflik secara positif adalah hal yang harus sering kamu lakukan. Soalnya dalam suatu hubungan, konflik memang tidak dapat dihindari lagi. Oleh karena itu, sebaiknya tunda dulu keinginan kamu untuk berpacaran.

Hargai privasinya, doi juga memiliki privasi atas dirinya sendiri. Oleh karena itu, jangan sekali-kali memaksakan kehendak padanya. Kalaupun kamu ingin memutuskan sesuatu untuk dirinya, ajaklah dia mempertimbangkan segala sesuatunya.

Luangkan waktu untuk diri sendiri, ketika pacaran kita banyak menghabiskan waktu bersamanya. Oleh karena itu, gak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk diri sendiri. Karena kadang-kadang diri kita juga membutuhkan waktu tersendiri, misalnya saja menyalurkan hobbi yang udah lama gak dilakukan.

Nah, udah ngerti kan ? gak ada salahnya tips diatas kamu coba dalam keseharian kamu dengan si doi. (nuansa)

sumber :www.smu-net.com 

dipublis oleh zopie 

email: zop20@yahoo.co.id

Komentar dan Ulasan (7)

Login or Facebook Sign in with Twitter


library_icon_grey.png Tambah share_icon_grey.png Berbagi

Siapa yang Membaca

Disarankan