Halaman sebelumnya of 6Halaman selanjutnya

Istilah Kedokteran

spinner.gif

Abatisasi.  

Pemberian serbuk abate pada tempat-tempat yang digenangi air, termasuk bak mandi, jambangan bunga, selokan dsb. Biasanya dilakukan dalam rangka membasmi nyamuk Aedes aegypti dan mencegah wabah. Tindakan ini tidak membunuh nyamuk tetapi membunuh jentik-jentiknya untuk memutuskan mata rantai perkembang-biakannya. 

Usaha ini hanya dapat mencapai tujuan bila dilakukan secara serempak oleh warga dari suatu wilayah atau beberapa wilayah yang luas.

Acute Renal Failure (ARF),  

penyakit gagal ginjal akut, dimana ginjal tidak dapat lagi menjalankan fungsinya sebagai organ pembuangan, ginjal secara relatif mendadak tidak dapat lagi memproduksi cairan urine yang merupakan cairan yang mengandung zat-zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh dan harus dikeluarkan dari tubuh.

Aedes aegypti.  

Nyamuk yang menjadi perantara penularan penyakit Demam Berdarah Dengue.Nyamuk ini biasa ditemukan di dalam atau di halaman sekitar rumah.Berbeda dengan nyamuk lain yang biasa berkeliaran pada malam hari, Aedes berbadan sedikit lebih kecil, tubuhnya sampai ke kaki berwarna hitam bergaris-garis putih dan nyamuk ini aktif di siang hari. 

Nyamuk ini biasa bertelur pada genangan air yang tenang dan bersih, seperti jambangan bunga, tempayan dsb.

Anaerob,  

bersifat tidak membutuhkan oksigen atau keadaan tidak ada oksigen. Contoh : Dalam suasana anaerob bakteri tetanus akan hidup dan berkembang biak, artinya dalam keadaan tidak ada oksigen bakteri itu hidup dan berkembang biak. Bakteri yang demikian disebut bakteri anaerob.

Aerob,  

bersifat membutuhkan oksigen atau keadaan mengandung oksigen. Contoh : bakteri aerob = bakteri yang membutuhkan adanya oksigen untuk kehidupannya, bila tak ada oksigen bakteri tsb. akan mati.

Analgetika.  

Golongan obat yang berkhasiat mengurangi rasa sakit, seperti aspirin, parasetamol dsb.

Anamnesis / anamnese / anamnesa  

Wawancara oleh dokter kepada pasiennya untuk menggali / mengetahui riwayat penyakit dan apa yang dirasakan pasiennya tanpa (sebelum) melakukan pemeriksaan fisik pasien tsb. Keluhan dan riwayat penyakit berdasarkan apa yang disampaikan oleh pasien kepada dokter yang memeriksanya.

Anatomi  

Struktur atau susunan bagian-bagian/organ-organ tubuh (manusia.hewan maupun tumbuh-tumbuhan). Ilmu yang mempelajari struktur atau susunan bagian-bagian/organ-organ tubuh (manusia.hewan maupun tumbuh-tumbuhan).

Antipiretika.  

Golongan obat yang berkhasiat menurunkan panas, seperti parasetamol, antalgin dsb.

Apamin,  

Salah satu komponen dari bisa(racun) lebah(tawon) yang bersifat racun terhadap sistem syaraf, terhadap sel-sel darah dan mempunyai pengaruh dalam pengeluaran cortisol (suatu hormon).

Artesunate,  

Salah satu obat antimalaria. Artesunate efektif terhadap kasus-kasus malaria yang berat, termasuk untuk cerebral malaria, biasanya hanya digunakan bila obat-obat antimaliria lainnya tidak efektif. Tersedia dalam bentuk tablet dan larutan injeksi, juga tersedia dalam kombinasi dengan antimalaria lainnya. Karena adanya kemungkinan adverse reaction terhadap obat ini termasuk efek buruknya terhadap jantung, maka penggunaannya harus dengan pengawasan dokter.

Bakteri.  

Jasad renik yang merupakan tumbuh-tumbuhan yang terkecil, terdiri dari satu sel saja, hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. Bakteri-bakteri ada yang merugikan manusia karena bersifat patogen (dapat menimbulkan penyakit), ada juga yang berguna bagi tubuh manusia bahkan hidup di dalam tubuh manusia.

Beberapa bakteri yang dapat menimbulkan penyakit antara lain :  

Clostridium tetani, penyebab penyakit Tetanus.  

Neisseria gonorrhoeae, penyebab penyakit Gonorhoe (GO) atau kencing nanah  

Salmonela typhi, penyebab penyakit Demam typhoid.

Beberapa bakteri yang berguna dan tumbuh di dalam tubuh manusia/hewan antara lain :  

Escherichia coli, bakteri yang hidup di dalam usus besar, yang berguna untuk membusukkan ampas sisa-sisa makanan. 

Lactobacilli, bakteri-bakteri yang hidup di dalam vagina yang berguna mempertahankan pH normal vagina dan berfungsi dalam memelihara ketahanan vagina dari mikroorganisme patogen dengan memproduksi asam dan H2O2.

Berdasarkan hasil warna yang ditimbulkan dengan sistem pewarnaan Gram, bakteri dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu bakteri Gram positif (contoh: Bacillus anthracis, penyebab penyakit anthrax) dan bakteri Gram negatif (contoh: Shigella dysenteriae, penyebab penyakit disentri basiler).

Balint's Syndrome, Suatu kumpulan gejala (syndrome) yang terdiri dari :

Halaman sebelumnya of 6Halaman selanjutnya

Komentar dan Ulasan (5)

Login or Facebook Sign in with Twitter


library_icon_grey.png Tambah share_icon_grey.png Berbagi

Siapa yang Membaca

Disarankan