Kumpulan materi kultum oleh angnasir

spinner.gif
body {background-color: #FFFF88; font-family: arial;} img {border: none;}

e-book

PENDAHULUAN

"Kumpulan Materi Kultum" berisikan suatu rangkuman materi ceramah/kultum/pidato/ta'lim yang merupakan salah satu penghias dihalaman wapsite angnasir [ http://angnasir.wapka.mobi ] dalam 'LENTERA HATI', yang sudah sering di sampaikan oleh penulis di mesjid-mesjid.

Harapan penulis adalah semoga kumpulan materi kultum ini bisa menjadi pepeling buat kita terutama pada saat hati sedan dalam kegalauan.

DAFTAR ISI ;

- PENDAHULUAN.

- PINTU SYAITHON.

- BELAJAR DARI PENJARA.

- KEUTAMA'AN QUR'AN.

PENUTUP.

Kultum:1

PINTU SYAITHON.

Seorang sholeh berkata; "Syaitan masuk ke dalam hati manusia melalui sepuluh pintu ;

1. Tamak dan jahat sanka,lantas Aku menghadapinya dengan menaruh kepercayaan dan percaya dengan yang ada setelah berusaha dan beriktiar.

2. Cinta kehidupan dan panjang angan-angan,lantas Aku menghadapinya dengan rasa takut terhadap ke datangan maut dengan tiba-tiba.

3. Cinta kemewahan dan kenikmatan,lantas Aku menghadapinya dengan meyakini chwa nikmat itu akan hilang dan meyakini balasan buruk.

4. Kagum pada diri sendiri (ujub),lantas Aku menghadapinya dengan mensyukuri nikmat-nikmat pemberian Allah dan takut akan balasan siksa.

5. Pandang rendah terhadap orang lain dan tidak menghormati mereka,lantas Aku menghadapinya dengan mengetahui hak-hak dan kehormatan mereka.

6. Hasad,lantas Aku menghadapinya dengan sifat qonaah (berpuas hati dengan apa yang ada setelah berusaha/berikhtiar) dan ridho terhadap pemberian Allah kepada mahluk-Nya.

7. Ria dan suka pujian manusia,lantas Aku menghadapinya dengan sifat ikhlas.

8. Bakhil,lantas Aku menghadapinya dengan meyakini bahwa apa yang ada di tangan mahluk itu akan binasa sedang apa yang ada disisi Allah itu kekal.

9. Takabur,lantas Aku menghadapinya dengan sifat tawadhu'.

10. Tamak,lantas Aku menghadapinya dengan yakin terhadap balasan Allah dan tidak mengharapkan sesuatu yang ada pada manusia.

--@--

kultum:2

BELAJAR DARI PENJARA

Di saat orang masuk pertama kali ke dalam penjara sebagai Narapidana,tak satupun pakaian boleh diawa,dan begitu juga setelah keluar bebas dari penjara orang akan merasa tabu(pamali) jika pakaian-pakaian yang di gunakan dalam penjara lantas di bawa pulang ke rumah,pulangpun hanya pakaian yang melekat di badan. Setelah sampai di rumah pajaian yang di pakai saat bebas jika perlu di bakar atau di hanyutkan demi untuk membuang sial.

Kita terlahir (masuk) ke alam dunia ini,tidak membawa apa-apa. Begitu juga di saat menjelang kematian (keluar dari dunia ini) tak ada satupun yang dibawa,kecuali mungkin amal sholih yang pernah kita lakukan semasa didunia yang tentu akan terus bergulir pahalanya sekalipun kita berada di alam baqa.

Nabi SAW bersabda yang artinya:"Apa bila bani adam (manusia) meninggal maka terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara yaitu: shodaqoh zariyah,ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholih yang selalu mendo'akan keduanya.

--@--

PENUTUP.

Untuk tahap percobaan itu dulu yang penulis persembahkan untuk lebih banyak mendapatkan materi kultum kunjungi website kami.

Komentar dan Ulasan (1)

Login or Facebook Sign in with Twitter


library_icon_grey.png Tambah share_icon_grey.png Berbagi

Siapa yang Membaca

Disarankan