Halaman sebelumnya of 2Halaman selanjutnya

Kiat-Kiat Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Bagi kalian yang sudah memasuki kelas 3 (tiga) SMA, p

spinner.gif

Kiat-Kiat Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi

Bagi kalian yang sudah memasuki kelas 3 (tiga) SMA, pasti kalian sudah mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi jenjang selanjutnya yaitu perguruan tinggi. Untuk bisa masuk perguruan tinggi tidaklah mudah.

Untuk itu sejak dini, perlu diperhatikan bagaimana cara memilih perguruan tinggi yang baik untuk masa depanmu. Pemilihan perguruan tinggi berkaitan dengan jurusan apa yang akan diambil. Karena setiap perguruan tinggi memiliki keistimewaan tersendiri pada tiap-tiap bidang jurusan yang ada dalam fakultasnya. Oleh karena itu, mulai dari sekarang coba pikirkan kira-kira ingin melanjutkan ke jurusan apa.

Memilih jurusan bukan urusan yang mudah dan bukan persoalan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan masak-masak. Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal bagi masa depanmu. Karena hal tersebut nantinya akan mempengaruhi kalian baik dalam hal akademis, psikologi, maupun pergaulan kalian di bangku perkuliahan. Nah, di bawah ini ada beberapa kiat dalam menentukan perguruan tinggi dan jurusan yang akan diambil kelak. Jadi, baca dengan seksama, renungkan dan kemudian baru deh kalian pertimbangkan lagi jurusan apa yang akan kalian ambil. 

1. Menyesuaikan Cita-Cita, Minat dan Bakat

Pahami betul diri kalian dulu, sebenarnya apa cita-citamu di masa depan nanti? Mau jadi apa sih? Mau bekerja dibidang apa sih nantinya? Kamu harus bisa jujur dengan diri sendiri, jangan hanya berdasarkan perintah orang tua atau terpengaruh oleh teman-temanmu yang lain. Karena bila ternyata jurusan yang telah terlanjur kalian pilih itu tidak sesuai dengan bakat dan minatmu, maka kalian akan menjalankan proses perkuliahan dengan perasaan kurang enjoy. Dan hal tersebut bisa berpengengaruh dengan nilai akademismu sehingga kalian bisa saja tidak menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Sebenarnya, minat bisa dilacak dari nilai-nilai bidang studi selama kalian di bangku SMA. Misal, jika kalian suka menggambar, pasti kalian cenderung memilih jurusan Teknik Sipil atau Teknik Arsitektur. Jika kalian suka dengan kimia, pasti kalian cenderung untuk masuk ke jurusan Teknik Kimia, dan sejenisnya. Sesuaikanlah jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat yang kalian miliki.

Kalau sudah yakin dengan minat dan bakatmu, mulailah menyaring jurusan-jurusan dari berbagai perguruan tinggi yang ada. Saringlah jurusan-jursan yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Disamping itu, kalian juga harus menyesuaikan jurusan-jurusan tersebut dengan kemampuan yang kalian miliki. Ukur kemampuan kalian untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di perguruan tinggi yang kalian inginkan. Caranya, bandingkan nilai-nilai try out yang kalian miliki dengan passing grade pada jurusan yang ingin kalian tuju tersebut.

Bagi yang telah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawamu menuju profesi atau pekerjaan yang diinginkan. Jika kalian sudah berada pada jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat yang kalian miliki, maka kalian akan lebih semangat lagi untuk belajar dalam upaya mengejar cita-cita di masa depan.

2. Kumpulkan Informasi Selengkapnya

Sebelum kalian menentukan pilihan jurusan, sebaiknya kalian kumpulkan dulu informasi selengkap-lengkapnya mengenai jurusan tersebut. Informasi-nformasi tersebut bisa berasal dari banyak sumber seperti orang tua, saudara, guru, teman, bimbel, kakak kelas, teman mahasiswa, internet, dan lain-lain. Pastikan bahwa orang yang menjadi sumber informasi tersebut adalah orang yang memang paham ataupun menguasai jurusan yang kalian tanyakan.

Informasi yang harus kamu gali adalah mulai dari profil jurusan tersebut, mata kuliahnya, praktek lapangan, dosen, lokasi, biaya, daya tampung jurusan/ peluang diterima, fasilitas (laboratorium, perpustakaan, dll), kegiatan kampusnya, kualitas alumninya, dsb. Semua informasi yang didapat dirangkum dan dijadikan bahan untuk membantu kalian dalam memilih jurusan.

3. Lokasi dan Biaya

Aspek lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kemampuan finansial. Jika kalian memiliki dana yang terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi. Kenyataan menunjukkan banyak mahasiswa yang terpaksa berhenti kuliah karena kendala finansial ini. Jika dana yang kalian miliki belum mencukupi, maka jangan menyerah, masih banyak cara lain untuk menggapai cita-cita. Caranya, kalian dapat mencari beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu/ freelance atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan dana kalian. Jangan jadikan uang sebagai faktor yang sangat menghambat masa depan kalian.

Halaman sebelumnya of 2Halaman selanjutnya

Komentar dan Ulasan

Login or Facebook Sign in with Twitter
library_icon_grey.png Tambah share_icon_grey.png Berbagi

Siapa yang Membaca

Disarankan