TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

2.3K 78 3
                                    

~TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL (UN)~

Kata-kata Ujian Nasional memang menakutkan bagi kalangan pelajar,terutama bagi anak kelas 6 SD dan kelas 3 SMA atau sederajat,karena mereka berfikir bahwa sekolah beberapa tahun hanya ditentukan oleh beberapa hari saja. Semua orang pasti gemetaran disaat menjelang Ujian Nasional namun,ketakutan itu malah akan merusak mental dan otak anda karena semuanya itu tergantung pada pikiran kita. Ingat bahwa pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu. Seandainya kita benar-benar siap menghadapi Ujian Nasional tersebut maka semuanya akan berjalan lancar tanpa ada kendala sedikitpun. Jadi sebelum Ujian Nasional berlangsung siapkanlah diri anda terlebih dahulu. Jangan kawatir saya akan bantu anda dengan tips-tips ampuh menghadapi Ujian Nasional.

1.SIAPKAN MENTAL DAN FISIK ANDA

Anda harus siap mental dan fisik disaat Ujian Nasional berlangsung dan hilangkanlah rasa ketakutan tersebut karena hanya akan mengganggu konsentrasi anda.

2.BUAT JADWAL KEGIATAN DI RUMAH ANDA

Kedengarannya sih nggak ada hubungannya dengan Ujian Nasional namun tindakan itu sangatlah penting. Coba kita pikir kalau seandainya kegiatan di rumah tidak anda atur,bukankah kegiatan belajar anda akan terganggu karena kegiatan di rumah yg bentrok dengan jadwal belajar. Maka dari itu buatlah jadwal kegiatan di rumah anda.

3.BELAJAR YG TEKUN DAN TERATUR

Usahakan dalam sehari jadwal belajar lebih dari 2X dan jangan lama-lama karena kalau terlalu lama malah gampang lupa. Lebih baik sebentar-bentar tapi sering.

4.IKUT BIMBEL (bimbingan belajar)

Kalau seandainya di sekitarmu ada BIMBEL sebaiknya ikut aja.itu juga salah satu tips ampuh untuk mempercepat persiapan diri sebelum Ujian Nasional berlangsung.kalau seandainya nggak ada BIMBEL ya paling tidak ikut pendalaman di sekolah aja dah.

5.LATIHAN SOAL

Ini merupakan tips yg paling ampuh untuk menghadapi Ujian Nasional karena semakin sering kita latihan soal baik dari buku maupun buat soal sendiri maka kita sudah terlatih untuk mengerjakan soal Ujian Nasional.

6.DISKUSI BERSAMA

Sering-seringlah diskusi bersama teman dan seandainya ada kesulitan tanyakan saja kepada guru. Jangan malu-malu.Ingat malu bertanya sesat di jalan.

7.ISTIRAHAT TERATUR

Dengan istirahat yg teratur maka badan akan terasa bugar dan mempermudah untuk berkonsentrasi. Istirahat harus teratur,usahakan jangan tidur terlalu malam dan kira-kira ± 7 jam/hari serta usahakan bangun subuh terus cuci muka,sembayang dan belajar karena belajar di waktu subuh sangat mudah dicerna oleh pikiran kita.

8.PUASA

Kalau tips yg satu ini nggak wajib dilakuin brow. Boleh dilakuin,boleh juga nggak dilakuin. Tapi seandainya dilakuin maka hasilnya akan lebih memuaskan.

9.DOA

Nah doa ini ternyata nggak kalah penting brow. Jadi setiap kita mengawali kegiatan,kita musti berdoa terlebih dahulu.

10.RESTU DARI KELUARGA

Sebelum berangkat sekolah jangan lupa pamit dulu dengan keluarga terutama ayah dan ibu dan cium tangan mereka. Seandainya ada keluarga yg sudah meninggal maka kamu harus nyekar(datang ke kuburan dengan menaburkan bunga di makam keluarga kita yang sudah meninggal) terlebih dahulu yaitu sehari sebelum Ujian Nasional berlangsung.

Selamat mencoba,semoga bisa lulus 100% dan buktikan bahwa "INDONESIA BISA"

Bila menyukai tips dari saya tolong di vote ya....................

Thanks...............

Salam

Felik agus s.

Email:felik_tikam@ymail.com

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Feb 10, 2010 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONALTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang