Halaman sebelumnya of 3Halaman selanjutnya

Cerita Ramayana

spinner.gif


* sumber: Lembaran ‘Jalan Cerita RAMAYANA’ dari pt. taman wisata candi

BOROBUDUR, PRAMBANAN _ RATU BOKO

***************************************************************************************

          Dahulu kala, di Negeri bernama Mantili yang dipimpin oleh seorang raja bernama Prabu Janaka mempunyai seorang putri yang cantik jelita bernama Dewi Shinta. Prabu Janaka sangat menyayangi Dewi Shinta, hingga Prabu Janaka ingin memilihkan calon suami yang sesuai untuk anak putrinya.

            Untuk menentukan calon suami di putuskanlah diadakan sayembara. Akhirnya, sayembara tersebut telah di menangkan oleh putera mahkota kerajaan Ayodya yang bernama Raden Rama Wijaya. Akhirnya Rama dan Shinta menikah.

            Hidup Rama dan Shinta berjalan harmonis, mereka berdua sering masuk keluar hutan Dandaka untuk berburu. Sementara itu, ada yang tidak senang melihat keharmonisan mereka berdua, yaitu Sarpakenaka. Sarpakenaka ternyata telah membuat ide. Dia akan memfitnah Rama, lalu membunuhnya dan kemudian menikahkan Shinta dengan kakaknya, Raden Prabu Rahwana pemimpin negeri Alengka.

            Sarpakenaka bergegas ke negeri Alengka untuk menjalankan siasatnya. Sesampainya di negeri Alengka, Sarpakenaka segera mencari kakaknya. Ternyata Kakaknya sedang berada di Pendapa kerajaan Alengka, untuk mengadakan pasewakan Agung yang di hadiri oleh Kumbakarna, Indrajid, Patih Prahasta dan juga rakyat negeri Alengka. Di saat itulah, Sarpakenaka hadir sambil menangis terisak isak, dia pun bercerita bahwa dia telah di perdaya oleh seorang satria yang tengah berburu di hutan Dandaka bersama temannya, dan ada seorang wanita cantik ikut bersamanya. Mendengar itu, Rahwana marah, dipanggilnya Kalamarica untuk membalasnya. Mendengar itu Sarpakenaka gembira dalam hati.

            Sementara itu di hutan Dandaka, Rama, Shinta dan adik Rama, Leksmana sedang dalam pengembaraan mencapai hutan. Ternyata Rahwana telah sampai, dia sungguh terpesona oleh kacantikan Dewi Shinta. Rahwana bermaksud mempersuntingnya karena Rahwana pikir, Dewi Shinta adalah reinkarnasi Dewi Widowati sang kekasihnya. Rahwana memutar otaknya, mencari akal. Akhirnya, Rahwana mengubah Kalamarica, utusannya yang ikut bersamanya menjadi seeokor Kijang. Kijang yang sangat elok rupawan. Kijang itu bernama Kijang Kencana.

            Dewi Shinta segera melihat Kijang tersebut. Dewi Shinta meminta suaminya, Rama. Untuk menangkap Kijang tersebut. Rama bersedia, dan segera mengejar Kijang tersebut. Rama terus mengejar sampai – sampai meninggalkan Shinta dan Leksmana.

            Rama terus mengejar. Hingga Kijang itu terkena panah Rama. Ternyata Kijang tersebut berubah menjadi Raksasa Kalamarica. Pertempuran sengit tak dapat di hindarkan, Marica akhirnya kalah. Mengetahui ada yang tiak beres, Rama segera kembali menyusul Leksmana dan Shinta di tempat semula.

            Rupanya, Leksmana dan Shinta yang sedari tadi menunggu Rama, mulai gelisah. Bermacam macam pikiran mulai mengusik ketenangan jiwa Shinta. Shinta segera menyuruh Leksmana untuk mencari Rama. Leksmana pun segera pergi meninggalkan Shinta. Namun sebelum pergi, Leksmana melingkari Shinta dengan lingkaran Magis untuk menjaga keselamatan Shinta.

            Rahwana yang sedari tadi bersembunyi, mengetahui Shinta telah ditinggal seorang diri mulai melakukan siasat berikutnya. Yaitu menculik Shinta. Namun, siasat itu gagal karena lingkaran magis yang telah di buat Leksmana. Rahwana mendapat akal, yaitu merubah dirinya menjadi Brahmana tua. Rahwana berpura pura lewat di depan Shinta dan kemudian terjatuh. Shinta yang kasihan segera menolongnya, alhasil, Shinta telah keluar dari lingkaran. Saat itu juga Rahwana menculiknya dan segera ia bawa terbang ke Alengka.

            Perjalanan Rahwana membawa Shinta ke Alengka terhambat oleh seekor burung Garuda bernama Jatayu. Jatayu ingin menolong Shinta, karena Jatayu tau, Shinta adalah putri Prabu Janaka, sahabatnya. Akhirnya perang antara Rahwana dan Jatayu pun tak dapat di hindari. Namun, ternyata Jatayu dapat di lumpuhkan oleh Rahwana.

Halaman sebelumnya of 3Halaman selanjutnya

Komentar dan Ulasan (1)

Login or Facebook Sign in with Twitter


library_icon_grey.png Tambah share_icon_grey.png Berbagi

Siapa yang Membaca

Disarankan