DIPELIHARA TUHAN DALAM MASA KELAPARAN

545 2 1
                                    

RENUNGAN HATI 20:

DIPELIHARA TUHAN DALAM MASA KELAPARAN

Amatilah cara TUHAN bergerak dalam hidup Ishak, sekalipun dalam masa kelaparan.

"Maka timbullah kelaparan di negeri itu.... Lalu TUHAN menampakkan diri kepadanya serta berfirman: "Janganlah pergi ke Mesir, diamlah di negeri yang akan Kukatakan kepadamu. Tinggallah di negeri ini sebagai orang asing, maka Aku akan menyertai engkau dan memberkati engkau," (Kejadian 26:1-3a)

Hal penting dalam hidup kita adalah bergantung penuh kepada bimbingan dan tuntunan TUHAN.

Dalam masa kelaparan itu, Ishak mengalami TUHAN, dan bergerak sesuai dengan caraNya, sehingga ia menikmati apa yang dijanjikanNya.

Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; sebab ia diberkati TUHAN. Dan orang itu menjadi kaya, bahkan kian lama kian kaya, sehingga ia menjadi sangat kaya. (Kejadian 26:12-13)

Apa yang terjadi bila Ishak mengabaikan tuntunanNya dan bergerak menurut apa yang dipandangnya baik?

Jangankan dalam masa kelaparan, dalam masa yang berlimpah makanan pun, seseorang yang mengabaikan tuntunanNya tidak akan mengalamiNya. Inti kebenaran ini adalah bagaimana tinggal dalam bimbingan dan tuntunan TUHAN, dalam segala keadaan.

Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatupun yang baik. (Mazmur 34:11)

Perhatikan singa-singa muda, gambaran dari sebuah kekuatan yang penuh, berada dalam kondisi yang kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatupun yang baik. Dalam terjemahan BIS dituliskan, "tetapi orang yang menyembah TUHAN tidak berkekurangan."

Mengapa orang yang menyembah TUHAN tidak berkekurangan?

Karena orang yang mencari dan menyembah TUHAN adalah orang yang menaruh kepercayaan dan pengharapan mereka kepadaNya dan bergerak sesuai dengan bimbingan dan tuntunanNya atau caraNya, maka mereka akan mengalami apa yang dijanjikanNya.***

RENUNGAN HATITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang