Previous Page of 2Next Page

Keterampilan Sosial

spinner.gif

Mengembangkan ketrampilan Sosial:

Tidak semua orang dapat mengembangkan keterampilan sosialnya. Jika Anda termasuk hal tersebut diatas, tidak perlu berkecil hati karena keterampilan ini dapat dikembangkan perlahan-lahan dengan latihan.

Tetapi anda harus ketahui bahwa ketrampilan social lah yang paling meonjol di perusahaan dimanapun didunia ini. Dan ini selalu saja sesuai dengan budaya perusahaan manapun juga.

Berikut ini kami jelaskan satu persatu ke 7 jalan untuk mengembangkan ketrampilan social anda:

Mintalah penjelasan atau petunjuk

Hal ini sangat mudah diucapkan dari pada dilaksanakan.

Kebanyakan kita berpikir kita sudah tahu apa yang orang lain sedang mencoba untuk menjelaskan persoalan atau pekerjaan. Kedua, Anda mungkin asyik dengan pikiran sendiri ketika Atasan menjelaskan tentang cara melakukan tugas tertentu.

Berilah Penjelasan yang detail

Apakah Anda pernah merasa tidak nyaman saat Anda menghadapi masalah dan harus melaporkan kepada atasan?? , kalau demikian anda telah gagal , kalaupun anda melaporkannya pasti anda lupa ,memberitau rincian penting penyebab kesalahan .oleh karena itu hindarilah hal tersebut diatas.

Jelaskan sebab dan akibat permasalahan tersebut dan jakinkan kepada diri anda bahwa apa yang anda jelaskan sudah dimengerti oleh atasan.

Dengarkan baik2 petunujk2 atau apapun yang dikatakan oleh atasan dan yakinkan kepada atasan anda bahwa anda telah mengerti betul akan hal tersebut.

Apakah Anda khawatir bahwa Atasan mungkin berpikir Anda tidak kompeten untuk menangani permasalahan tersebut??, Perasaan ini pasti timbul. Namun, Anda masih perlu menjelaskan masalah ini ke Atasan. Masalahnya terletak pada istilah 'menjelaskan' dan bukan 'mengeluh'. Untuk menjelaskan secara efektif, perhatikan:

volume suara Anda dan nada. tidak boleh terlalu lembut, atau keras melengking. Berilah hormat apa adanya, Jauhkan emosimu. Jadi tenang. Anda mungkin kecewa oleh masalah tersebut, namun kekecewaan Anda tidak diketahui oleh atasan.~ Jangan lupa menjelaskan semua fakta-fakta masalah. Cobalah untuk menemukan sebagian besar jawaban Anda sendiri sebelum Anda melaporkannya kepada atasan. ~ kemudian tawarkanlah suatu solusi. Atasan anda akan menghargai suatu inisiatif.

Meminta bantuan

Pada suatu waktu dalam pekerjaan keseharian kita , ada hal tertentu yang sangat rumit dan biasa membuat stres , tetapi anda tidak meminta bantuan karena takut bahwa anda mungkin akan dianggap tidak kompeten.

Tidak ada seorangpun yang serba tau. Semua orang saling membutuhkan, Bekerja dengan dua kepala lebih baik dari satu kepala, Bekerja dengan 4 tangan lebih baik dari 2 tangan, Menyenangkan sekali menjadi orang penting tetapi lebih penting lagi menjadi orang yang menyenangkan orang lain dan membantu orang lain, karena pada suatu waktu, akan membantu Anda

Memberi bantuan akan membangun sistem yang kuat di mana Anda dapat bergantung bila Anda memerlukan bantuan.

Menerima Kritikan

Adalah wajar menjadi defensif ketika mendengar hal-hal negatif tentang diri kita sendiri. Tetapi kalau anda menonjokan defensifnya , anda akan dianggap tdk jujur menerima keritikan.Bila Anda mempunyai suartu tanggung jawab yang harus diselesaikan dan Anda tahu bahwa Anda tidak melakukannya sendiri, maka Anda harus cukup rendah hati untuk berterima kasih yang membantu anda. Temukanlah orang-orang yang menangani tugas tertentu yang lebih baik dari pada yang lain dan meminta mereka untuk membantu Anda jika mereka memiliki waktu. Mereka mungkin akan senang untuk membantu. Selain itu, ingatlah: kemungkinan untuk orang lain dapat melihat hal-hal kekurangan tentang Anda yang Anda bahkan mungkin tidak menyadarinya.

Previous Page of 2Next Page

Comments & Reviews

Login or Facebook Sign in with Twitter
library_icon_grey.png Add share_icon_grey.png Share

Who's Reading

Recommended