Previous Page of 89Next Page

KATAK HENDAK MENJADI LEMBU

spinner.gif

Scanned book (sbook) dan Pembuatan Ebook ini hanya untuk pelestarian buku dari kemusnahan. DILARANG MENGKOMERSILKAN dalam bentuk apapun apalagi dijual dalam bentuk CD/DVD 

atau hidup anda mengalami ketidakbahagiaan dan ketidakberuntungan 

Riwayat Hidup 

Pujangga yang telah menulis tak kurang dari 80 judul buku ini lahir di Sungaibatang. Maninjau, tanggal 3 Nopember 1893. Setelah mengalami pendidikan pada sekolah Melayu lalu diangkat jadi guru. Selama mengajar itulah ia belajar sendiri dari buku-buku terutama tentang bahasa Melayu dan bahasa Belanda. Dalam bidang karang-mengarang ia pun kerap menulis membantu surat-surat kabar di Padang. 

Nur Sutan Iskandar ketika kecil bernama Muhammad Nur. Setelah beristri diberi gelar Sutan Iskandar. Ini sesuai menurut adat Minangkabau dari mana pengarang berasal. 

Ketika pindah ke Balai Pustaka mula-mula bekerja sebagai korektor. Kemudian berturut-turut diangkat menjadi redaktur dan redaktur kepala. 

Cipta sastranya yang mula-mula terbit berjudul Apa Dayaku Karena Aku Perempuan (1922). Kemudian terbit lagi berturut-turut antara lain: Cinta Yang Membawa Maut (BP - 1926). Salah Pilih (BP - 1928), Hulubalang Raja (BP - 1934), Neraka Dunia (BP ? 1938), Mutiara (BP ? 1946). 

Selain menampilkan karya-karya sastra ia juga menulis buku bacaan untuk pelajar SD, SMP dan SMA. Sedang terjemahan-terjemahannya dari buku-buku pengarang luar 

TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/ 

negeri antara lain adalah: Tiga Orang Panglima, Perang Karya Alex. Dumas(BP ? 1922), Dua Puluh Tahun Kemudian karya Alex. Dumas (BP ? 1925), GraafDe Monte Cristo Oleh Alex. Dumas, 6 Jilid (BP ? 1925), Iman Dan Penga- 4 sihan oleh Sienkiewich, 3 jilid (BP ? 1953). 

Sebagai pejuang kemerdekaan Nur Sutan Iskandar dianugerahi tanda kehormatan oleh Departemen Sosial berupa Perintis Kemerdekaan. Dan dalam lapangan kebudayaan beliau dianugerahi Satyalencana tanggal 20 Mei 1961. 

BP ? 1.0101 ? 84 

KATAK HENDAK JADI LEMBU oleh 

N. St. ISKANDAR 

PN BALAI PUSTAKA Jakarta 1985 

Penerbit dan Percetakan 

PN BALAI PUSTAKA 

BP No. 1175 

Hak pengarang dilindungi oleh undang-undang 

Cetakan kesatu 1935 Cetakan kedua 1952 Cetakan ketiga 1955 Cetakan keempat 1970 Cetakan kelima 1978 Cetakan keenam 1985 

Perancang kulit: Supriyono 

KATA PENGANTAR 

Katak Hendak Jadi Lembu, karya Nur St. Iskandar ini merupakan salah satu buah sastra yang menarik, yang terbit pertama kali pada tahun 1935. Buku ini dicetak ulang yang ke-7 untuk memenuhi permintaan peminat baru dan lama. 

TIRAIKASIH WEBSITE http://kangzusi.com/ 

Karangan ini mengandung ajaran moral yang sangat bermanfaat. Ajaran mawas diri yang ditulis pengarang untuk masyarakat di tahun 30-an ini masih tetap berlaku bagi masyarakat sekarang. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca. - 

PN Balai Pustaka 

Jika hati dikemudikan kehendak, Bahagia hilang haram terasa, Awal dikenang akhir tidak, Alamat badan akan binasa 

Daftar Isi 

Kata pengantar 

I. Tiada berwaswas.............................. 

Previous Page of 89Next Page

Comments & Reviews

Login or Facebook Sign in with Twitter
library_icon_grey.png Add share_icon_grey.png Share

Who's Reading

Recommended