Previous Page of 4Next Page

KONSEP JIHAD MENURUT ISLAM

spinner.gif

Merupakan kehormatan bagi saya diberi kesempatan untuk mengemukakan secara singkat tentang konsep Jihad dan pertaliannya dengan konsep kedamaian menurut Islam. Selama ini disepakati kalau Islam itu merupakan agama yang paling sering disalah-artikan di dunia. Saya pun sependapat dengan pernyataan tersebut. Sungguh merupakan suatu hal yang menyedihkan bahwa manusia di dunia tidak bisa memahami falsafah ajaran Islam berkaitan dengan kedamaian. Salah satu bidang yang paling sering menimbulkan kesalahan pengertian adalah konsep tentang Jihad. Konsep Jihad ini sudah sedemikian dipelintir dan diputarbalikkan sehingga menimbulkan konotasi negatif tentang Islam. Sungguh menyedihkan orang jadinya tidak bisa mengenali kecantikan Islam karena hal itu. Dalam pikiran saya, sesungguhnya Islam itu seperti batu intan yang cantik, sebuah intan kedamaian. Dari sudut mana pun kita memandangnya tetap saja akan menggambarkan kedamaian semata. Namun memang terdapat demikian banyak distorsi dalam ajaran hakiki Islam. Karena itu ingin saya berbagi pandangan dengan anda sekalian tentang konsep kedamaian dalam Islam sebelum saya menjelaskan arti sebenarnya dari kata Jihad

Islam dan Kedamaian

Apa yang menjadikan Islam sebagai agama kedamaian? Nama Islam itu sendiri sudah suatu hal yang amat unik. Itulah pertama kalinya dalam seluruh sejarah agama di dunia bahwa ada agama yang secara harfiah bermakna kedamaian. Kata Islam memiliki dua konotasi, pertama adalah tunduk dan penyerahan diri sepenuhnya kepada kehendak dan perintah Allah dan kedua, artinya adalah damai. Lagi pula, Islam adalah agama yang ditegakkan oleh Allah s.w.t sendiri. Allah s.w.t mempunyai berbagai fitrat dan salah satunya adalah As-Salam yang berarti pembawa kedamaian. Orang yang beriman kepada Islam disebut Muslim. Definisi dari seorang Muslim adalah "seseorang yang sepenuhnya damai dengan dirinya sendiri dan yang mengembangkan kedamaian dalam masyarakat". sebuah definisi yang cantik tentang arti kata Muslim diberikan oleh pendiri Islam yaitu Nabi Muhammad s.a.w yang menyatakan:

"Seorang Muslim adalah seseorang yang dari tangan mau pun lidahnya semua orang menikmati keamanan dan keselamatan". (Bukhari)

Dalam pengertian hakikinya, hanya orang yang tidak mengakibatkan mudharat bagi orang lain yang bisa secara jujur dan benar dikatakan sebagai Muslim. Ada beberapa hal lain yang juga perlu menjadi perhatian. Salam yang diucapkan umat Muslim adalah "Assalamualaikum" yang artinya "salam selamat atas diri anda" Salam ini disampaikan baik kepada sesama Muslim mau pun kepada orang-orang non-Muslim. Tempat asal mula Islam adalah Mekah yang disebut "Baladul Aminâ" yang artinya adalah "kota damai". Kitab suci Al-Quran diwahyukan kepada Nabi Suci s.a.w oleh seorang malaikat yang dikenal sebagai "Ruhul Aminâ" atau malaikat kedamaian. Terakhir, sebutan yang dikenakan kepada wujud Rasulullah s.a.w oleh lawan-lawan beliau saat sebelum pernyataan diri beliau sebagai nabi adalah "Al-Aminâ" yang artinya adalah orang yang paling bisa dipercaya dan paling damai di bumi.

Tak ada paksaan dalam agama

Perlu diperhatikan pula bahwa Islam sejak awal sudah menyatakan dan pernyataan ini berlaku untuk segala zaman serta ditujukan kepada segenap manusia. Al-Quran jelas menyatakan:

"Tidak ada paksaan dalam agama" (S.2 Al-Baqarah:257)

Selanjutnya ayat itu menjelaskan alasan dari pernyataan itu, yaitu:

"Sesungguhnya jalan benar itu nyata bedanya dari kesesatan" (S.2 Al-Baqarah:257)

Bila anda sudah memiliki nalar dan logika disamping anda telah memiliki ajaran Islam yang cantik dan persuasif, maka anda tidak akan memerlukan sarana kekerasan atau pun pemaksaan. Islam tidak mengizinkan penggunaan kekerasan untuk menarik orang ke dalam agama. Kitab suci Al-Quran menyatakan:

"Dan katakanlah'Ini adalah kebenaran dari Tuhan-mu, maka barangsiapa menghendaki maka berimanlah dan barangsiapa menghendaki maka ingkarlah". (S.18 Al-Kahf:30)

Previous Page of 4Next Page

Comments & Reviews (9)

Login or Facebook Sign in with Twitter


library_icon_grey.png Add share_icon_grey.png Share

Who's Reading

Recommended